Comscore Tracker

Pecinta Nail Art, 11 Jenis Bentuk Kuku Ini Wajib Kamu Ketahui!

Ternyata banyak macamnya, lho!

Seni menghias kuku atau biasa dikenal dengan nail art banyak digandrungi perempuan. Selain dapat memperindah kuku, kamu juga bisa mengekspresikan diri lewat desain nail art yang kamu sukai. Jika kamu ingin mencoba nail art, kamu juga perlu mengetahui bahwa ada beberapa jenis bentuk kuku yang dapat menambah daya tarik nail art-mu. 

Ada beberapa jenis bentuk kuku yang cukup populer, seperti kuku squarealmond dan oval. Sebenarnya masih banyak lagi bentuk kuku untuk nail art yang perlu kamu ketahui, ada apa saja? Langsung saja cek artikel di bawah ini!

1. Square Nails

Pecinta Nail Art, 11 Jenis Bentuk Kuku Ini Wajib Kamu Ketahui!square (instagram.com/yodeebs)

Jenis bentuk kuku persegi seperti ini disebut square nails. Memiliki sudut yang rata, lurus dan tajam, serta tidak melebar atau meruncing merupakan salah satu bentuk kuku yang populer bagi mereka yang memiliki kuku pendek atau kuku yang panjang dan sempit.

Bentuk kuku square juga cocok untuk berbagai desain nail art yang unik, buat kamu yang memiliki kuku pendek, bentuk square pilihan paling pas deh untuk kamu!

2. Bentuk Almond

Pecinta Nail Art, 11 Jenis Bentuk Kuku Ini Wajib Kamu Ketahui!almond (instagram.com/nail_unistella)

Bentuk kuku almond nails juga menjadi salah satu yang pupuler untuk nail art. Bentuk kuku yang satu ini bisa membuat kuku makin terlihat glamour, classy dan juga cocok untuk segala desain gambar kuku. Apalagi bentuknya mirip dengan bentuk almond yang sebenarnya, lebar di bagian bawah namun sedikit meruncing ke bagian atas.

Kuku alami seringkali terlalu lemah untuk menahan struktur ini sendiri, sehingga kebanyakan manikur almond diperkuat dengan gel atau asiklik.

3. Bentuk Oval

Pecinta Nail Art, 11 Jenis Bentuk Kuku Ini Wajib Kamu Ketahui!oval (instagram.com/yodeebs)

Bentuk oval nails dianggap sebagai bentuk yang lebih tradisional dan klasik karena bentuk kuku ini sangat populer di akhir 1900-an dan awal 2000-an. Bentuk kuku ini memberikan kesan yang sangat elegan dan untuk kuku pendek akan sangat cocok bila menggunakan kuku bentuk oval.

Untuk mendapatkan bentuk kuku ini, kikir di sekitar sisi untuk mendapatkan bentuk seperti telur, bagus untuk mereka yang memiliki jari pendek karena membuat jari terlihat lebih panjang.

4. Bentuk Squoval

Pecinta Nail Art, 11 Jenis Bentuk Kuku Ini Wajib Kamu Ketahui!squoval (instagram.com/yeswhatnails)

Bentuk kuku squoval merupakan variasi gabungan persegi dan oval yang mana kuku ini memiliki  bentuk tepi datar persegi tetapi sudutnya tidak tajam. Untuk mendapatkan bentuk kuku ini, kamu hanya perlu mengukir bentuk oval seperti biasanya, lalu bentuk di ujungnya untuk sedikit berbentuk persegi.

Bentuk kuku squoval juga termasuk bentuk kuku yang klasik dan cocok untuk semua orang. Namun, ini bisa sangat menarik bagi mereka yang memiliki alas kuku lebih lebar dan lebih panjang karena akan membantu menyeimbangkan tampilannya.

5. Stiletto Nails

Pecinta Nail Art, 11 Jenis Bentuk Kuku Ini Wajib Kamu Ketahui!stiletto (instagram.com/nail_unistella)

Cukup mencolok untuk digunakan, bentuk kuku ini bisa bikin penampilanmu on point. Membentuk tampilan berduri ini sama seperti padanannya yang lebih nuttier, almond, tetapi berakhir pada titik yang jauh lebih tajam dengan dasar yang lebih lebar.

Pemeliharaan kuku ini cukup sulit, tetapi dapat menampilkan kreativitas dengan warna, seni, dan tekstur. Bentuk kuku ini dapat menyebabkan kuku mudah patah sehingga yang terbaik adalah menggunakan kuku akrilik atau gel untuk yang satu ini.

Baca Juga: 9 Fakta dan Cara Perawatan Silver Torch Cactus yang Wajib Kamu Ketahui

6. Lipstick Nails

Pecinta Nail Art, 11 Jenis Bentuk Kuku Ini Wajib Kamu Ketahui!lipstick (instagram.com/nail_unistella)

Bentuk kuku persegi ini miring secara diagonal di ujungnya seperti bentuk tabung lipstick baru, bentuk kuku sangat unik dan cute. Kuku bentuk lipstik ini memiliki tampilan yang menyenangkan, unik, dan hampir futuristik, itulah sebabnya mereka menjadi tren kuku utama tahun 2022. 

Bentuk kuku lipstik ini dibuat oleh Park Eun Kyung asal Korea Selatan yang memiliki akun instagram official yaitu @nail_unistella. Nail art dari Park Eun Kyung sangat terkenal di Korea Selatan, ia juga yang mendesain nail art dari para anggota BLACKPINK.

7. Flare Nails

Pecinta Nail Art, 11 Jenis Bentuk Kuku Ini Wajib Kamu Ketahui!flare (instagram.com/pinksartistry)

Seperti namanya, bentuk kuku ini melebar ke atas dan ke luar, dan juga dikenal sebagai bentuk paruh bebek. Bentuk kuku ini cukup mencolok. Untuk menggunakannya, pastikan kamu adalah seorang yang gemar untuk tampil menarik dan berbeda dari yang lain.

8. Arrowhead Nails

Pecinta Nail Art, 11 Jenis Bentuk Kuku Ini Wajib Kamu Ketahui!arrowhead (instagram.com/lil_stabbies)

Kuku kepala panah adalah versi kuku stiletto yang tidak terlalu berujung tajam dengan titik yang lebih pendek yang menampilkan sudut yang lebih dramatis untuk membuat ujungnya. Sebenarnya, bentuk kuku ini sangat bagus untuk seseorang yang ingin menguji kuku panjang dan runcing sebelum sepenuhnya berkomitmen pada bentuk stiletto.

9. Coffin Nails

Pecinta Nail Art, 11 Jenis Bentuk Kuku Ini Wajib Kamu Ketahui!coffin (instagram.com/nail_unistella)

Kuku peti mati atau coffin nails juga dikenal sebagai kuku balerina. Bentuk kuku ini diperuntukan untuk kuku yang panjang namun dikikir ujungnya berbentuk rata. Untuk membentuk kuku peti mati, mulailah dengan mengarsipkannya terlebih dahulu menjadi bentuk almond.

Selanjutnya, kikir lurus di setiap sisi dan kemudian secara bertahap sedikit meruncing ke tengah. Setelah memiliki bentuk, ambil gunting dan potong lurus untuk mendapatkan ujung datar atau rata. Kikir ringan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik tetapi pertahankan tepi rata yang tajam di ujungnya.

10. Edge Nails

Pecinta Nail Art, 11 Jenis Bentuk Kuku Ini Wajib Kamu Ketahui!edge (instagram.com/kirsty_parker_nail_artist)

Jika kamu ingin mencoba sesuatu yang berbeda dari yang lain serta menarik untuk nailart-mu, edge nails salah satu bentuk kuku yang recommended buat kamu coba.
Bentuk kuku seperti ujung paku membentuk satu titik, tetapi ujungnya tidak sepanjang bentuk stiletto atau seagresif mata panah. Terdapat tonjolan pada bagian tengah kuku, inilah yang membuat kuku ini unik.

Bentuk kuku seperti ini juga punya konsekuensi tinggi ketika kamu gunakan. Akan sedikit sulit untuk kamu beraktivitas dengan bentuk kuku seperti ini jika kamu tidak terbiasa.

11. Round Nails

Pecinta Nail Art, 11 Jenis Bentuk Kuku Ini Wajib Kamu Ketahui!round (instagram.com/yeswhatnails)

Kuku berbentuk bulat klasik adalah favorit lain bagi mereka yang lebih suka memotong kuku mereka dan menjaganya tetap pendek. Jika kamu merasa memiliki jari yang lebih pendek, menggunakan bentuk kuku seperti ini cenderung memberi kesan dapat memanjangkan jari. Seperti kuku persegi, kuku bundar dimulai dengan sisi lurus tetapi melengkung di tepinya mengikuti bentuk alami ujung jari.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Kuku Cepat Panjang dan Lebih Kuat

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

Semua berawal dari tulisan kecil || Ig: Shasyakhairana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya