Comscore Tracker

7 Cara Jitu Merawat Kuku Agar Tetap Sehat dan Bersih

Kuku sehat bebas kuman!

Tak sering diperhatikan. Padahal kuku juga menjadi bagian paling penting agar selalu tampil cantik. Memiliki kuku cantik, sehat dan bersih harusnya dimiliki oleh semua orang. Termasuk bagi kaum perempuan yang detail dalam hal berpenampilan.

Memiliki kuku cantik bisa didapatkan dengan cara perawatan alami. Mudah dan praktis dilakukan sendiri tanpa harus jauh-jauh pergi ke salon. Cocok sekali buat kamu yang sibuk dengan rutinitas yang padat. Penasaran cara merawat kuku dengan cara alami? Yuk, ikuti 7 cara jitu untuk memiliki kuku sehat.

1. Hindari menggigit kuku

7 Cara Jitu Merawat Kuku Agar Tetap Sehat dan Bersihpexels.com/Min An

Memiliki kebiasaan menggigit kuku disaat cemas, sendirian atau bahkan ketika santai adalah kebiasaan yang tidak baik dan juga tidak sehat. Jadi, kamu harus hindari kebiasaan ini. Membiasakan diri menggigit kuku justru akan merusak tekstur kuku yang kamu miliki. Dan juga tidak sehat karena kuku rawan terkena kuman.

2. Lakukan memotong kuku dengan benar

7 Cara Jitu Merawat Kuku Agar Tetap Sehat dan Bersihpexels.com/freestocks.org

Memotong kuku harus dilakukan dengan benar agar tidak salah potong yang justru melukai jari. Rutin memotong dan membersihkan kuku membuat kuku menjadi sehat dan bersih. Sehingga kamu lebih percaya diri saat berinteraksi dengan banyak orang.

Pastikan ketika memotong kuku tidak berlebihan atau terlalu dalam hingga melukai jari, potonglah kuku sesuai dengan garis yang terbentuk pada kuku jari. Potong secara perlahan dan merata hingga kuku menjadi lebih bersih.

3. Gunakan pelembab kuku

7 Cara Jitu Merawat Kuku Agar Tetap Sehat dan Bersihpexels.com/Burst

Menggunakan pelembab kuku sangat bangus untuk kesehatan kuku lho. Memberikan nutrisi pada kuku dari luar membantu kuku lebih lembab dan tidak kering. Vitamin E yang ada pada pelembab kuku dapat meningkatkan kesegaran dan kebersihan kuku. Sehingga kuku terlihat sehat dan cantik alami.

Caranya sangat mudah, kamu bisa melakukannya saat akan menjelang tidur. Pastikan sudah mencuci tangan hingga bersih lalu oles pelembab ke bagian kuku secara merata. Ohya selain pelembab kuku, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pelembab kuku juga. Alami kan?

Baca Juga: 8 Fakta Unik tentang Kuku Ini Perlu Kamu Tahu, Kenali Bagian Tubuhmu

4. Konsumsi makanan bernutrisi

7 Cara Jitu Merawat Kuku Agar Tetap Sehat dan Bersihpixabay.com/silviarita

Perawatan kuku tak hanya dilakukan dari luar. Tapi juga dari dalam melalui mengonsumsi makanan bernutrisi. Mengonsumsi makanan bernutrisi akan meningkatkan kekuatan dan kelembaban kuku. Dan juga kuku tak mudah rapuh. Kamu bisa mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin B, C, E dan juga protein untuk meningkatkan kesehatan kuku.

5. Gunakan alat potong kuku yang bersih dan tajam

7 Cara Jitu Merawat Kuku Agar Tetap Sehat dan Bersihpixabay.com/Prographer_

Menggunakan alat potong kuku yang tajam dan bersih sangat penting. Dengan menggunakan alat yang bersih maka kesehatan kuku akan terjaga. Alat potong kuku yang tajam mempermudah proses pembersihan kuku.

6. Rendam dengan larutan garam

7 Cara Jitu Merawat Kuku Agar Tetap Sehat dan Bersihpixabay.com/andreas160578

Merendam kuku ke dalam larutan garam juga baik untuk menjaga kebersihan kuku. Larutan garam dapat membantu mengangkat kuman dan bakteri yang menempel di dalam atau di antara sela-sela kuku. Selain itu, juga membantu kuku agar lebih relax lho. Treatment alami yang bermanfaat banget untuk menjaga kebersihan kuku. Kamu bisa lakukan ini jika kukumu mulai terasa berat dan kotor.

7. Hindari memakai cat kuku terlalu sering

7 Cara Jitu Merawat Kuku Agar Tetap Sehat dan Bersihpixabay.com/niekverlaan

Menghindari memakai cat kuku terlalu sering juga perlu diperhatikan. Bukan berarti gak boleh ya, tapi diminimalisir sehingga tidak terlalu sering. Karena bagaimana pun kuku butuh bernafas.

Dan, jika memakai cat kuku disarankan memakai cat kuku yang berbahan aman dan tidak mengandung bahan kimia yang keras sehingga merusak kuku seperti kandungan aseton. Kamu bisa baca ingredients pada kemasan produk terlebih dahulu sebelum membelinya ya.

Sekarang kamu sudah tau cara merawat kuku agar sehat dengan cara yang mudah, alami dan gak perlu ribet. Nah, waktunya kamu terapin nih.

Baca Juga: Wow, Pasti 6 Fakta Tentang Kuku Ini Tak Kamu Ketahui!

Susi Yanti Nurraini Photo Verified Writer Susi Yanti Nurraini

Keep shining, keep inspiring! engineer, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya