Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Kulit Kering karena Sering Mencuci Tangan

Jaga kebersihan jangan sampai lupa merawat kulitmu!

Pandemi virus corona yang kini mewabah di Indonesia membuat kita dihimbau untuk rajin mencuci tangan. Memang sih rutin mencuci tangan bisa menjaga tangan agar tetap bersih, tapi kulit bisa menjadi kering! Agar tetap mulus dan bersih, intip yuk tips mengatasi kulit kering akibat mencuci tangan berikut ini.

1. Pilih sabun yang tepat

5 Tips Mengatasi Kulit Kering karena Sering Mencuci Tanganpexels/Anna Shvets

Biar bagaimanapun, mencuci tangan sangat penting untuk menghindari virus corona. Tapi mencuci tangan berulang kali bisa menghilangkan minyak alami sehingga membuat kulit menjadi kering. Oleh karena itu, pilihlah bahan sabun yang tepat.

Kamu bisa pilih sabun yang melembapkan, misalnya memiliki kandungan shea butter atau aloe vera. Lebih baik kamu menggunakan sabun cair yang memiliki pH lebih rendah sehingga tak membuat kulit menjadi kering.

2. Perhatikan suhu air

5 Tips Mengatasi Kulit Kering karena Sering Mencuci Tanganpexels/Anna Shvets

Mencuci tangan menggunakan air panas atau hangat sangat tidak disarankan. Hal ini bisa membuat kulitmu mudah kering dan pecah-pecah. Cucilah tangan menggunakan air dengan suhu tidak panas dan tidak dingin. 

3. Pastikan untuk mengeringkan tanganmu

5 Tips Mengatasi Kulit Kering karena Sering Mencuci Tanganpixabay.com/Jasmin_Ssesler

Usai mencuci tangan, jangan diangin-anginkan tapi keringkan menggunakan handuk. Tidak mengeringkan tangan dengan benar juga menjadi faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering. Tak hanya air, minyak alami pada kulit bisa ikut menguap. Selain itu, mengeringkan tangan bisa mengurangi bakteri dan virus yang mudah tumbuh di area yang lembap.

Baca Juga: 5 Manfaat Hand Cream untuk Kesehatan Kulit Tanganmu, Bisa Atasi Stres!

4. Jangan lupakan hand cream

5 Tips Mengatasi Kulit Kering karena Sering Mencuci Tanganpexels/shinydiamond

Setelah mencuci tangan dan mengeringkannya, jangan lupa untuk mengaplikasikan hand cream. Hal ini penting untuk menjaga kelembapan kulitmu. Kalau kamu butuh kelembapan ekstra, bisa juga sesekali menggunakan hand mask agar kulit tanganmu tetap lembut dan mulus. Sama seperti face mask, masker tangan biasanya berbentuk cream atau sheet dengan kandungan pelembap untuk mengatasi kulit yang kering.

5. Sebelum tidur, aplikasikan pelembap pada tangan

5 Tips Mengatasi Kulit Kering karena Sering Mencuci Tanganpixabay.com/rosina-sch

Saat beraktivitas, tentu kamu enggak mau menggunakan produk pelembap yang sedikit lengket karena membuatmu tidak nyaman. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan pelembap seperti petroleum jelly, atau bahan alami seperti aloe vera untuk mengembalikan kelembapan kulit selama kamu tidur.

Sudah tahu kan apa saja trik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kulit agar tetap lembap dan halus meski sering mencuci tangan? Jadi, gak ada lagi alasan malas mencuci tangan, ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hand Cream untuk Hindari Tangan Kering dan Kasar

Topic:

  • Ulfa Luthfia Hidayatty
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya