Comscore Tracker

10 Evolusi Beauty Tren dari Masa ke Masa, Rambut Bob hingga Warna Neon

Semuanya berubah, tapi jangan lupa jadi diri sendiri ya!

Namanya tren, pasti selalu berubah. Perubahan ini bisa disebabkan oleh adanya pengaruh tokoh (selebritis atau influencer) atau dari pelaku industri sendiri. Jika perubahan ini tidak ada, orang-orang kemungkinan mengalami kebosanan pada penampilan. Begitu pula yang terjadi dari tahun 1920an hingga kini.

Bukan untuk meniru, kamu juga perlu tahu perubahan tersebut lho! Bahwasanya standar penampilan cewek itu selalu berubah dan tidak ada kewajiban untukmu terus menirunya. Ketimbang asal meniru namun tidak sesuai, tidak nyaman, dan kamu tidak bebas jadi diri sendiri. Yuk, simak beauty trend dari masa ke masa ini!

1. Tahun 1920an adalah eranya rambut pendek nan maskulin, bob, dan finger wave. Sementara wajahnya dibuat sepucat mungkin

10 Evolusi Beauty Tren dari Masa ke Masa, Rambut Bob hingga Warna Neonlistal.com

Kalau kamu pernah nonton film "The Great Gatsby", kira-kira seperti itulah gambaran tren kecantikan di masa itu. Masa itu juga marak sekali cewek-cewek mengenakan rok pendek, rambut pendek, mendengarkan lagu-lagu jazz, dan kerap pamer. Istilahnya adalah flappers. Bisa dibilang juga, 1920 adalah eranya old Hollywood.

Rambut pendek dengan tampilan kecowok-cowokan, rambut bob, serta finger wave (rambut bergelombang) sangat populer. Bedak dimaksimalkan sebaik mungkin karena cewek-cewek akan memoles wajahnya tebal-tebal, bahkan hingga pucat. Alisnya berbentuk garis tipis namun tebal. Lipstik gelap juga digemari saat itu.

2. Sedangkan tahun 1940an, gaya rambut cewek-cewek berubah lebih feminin. Makeup yang digunakan juga udah gak pucat lagi

10 Evolusi Beauty Tren dari Masa ke Masa, Rambut Bob hingga Warna Neoncascara.live

Dibanding tahun 1920an, model rambut cewek-cewek di tahun 1940an lebih girly. Bedak yang dipakai juga lebih tipis dan kesannya sederhana nan manis. Jika menggunakan foundation, warna yang dipilih juga sudah sesuai dengan warna kulitnya.

3. Marilyn Monroe adalah gambaran tren pada tahun 1950an. Rata-rata, cewek memotong pendek rambutnya sebahu & ditata keriting

10 Evolusi Beauty Tren dari Masa ke Masa, Rambut Bob hingga Warna Neonhotlatinmusic.net

Selain dipotong pendek sebahu, rambut juga ditata dengan gaya soft, keriting, atau bergelombang. Rambut lurus dianggap kurang keren sehingga alat pengeriting jadi teman akrab. Cewek-cewek juga sudah mulai peduli pada kulit yang flawless. Sementara tata rias di matanya, lebih kepada alis yang natural. Kemudian ditambah lipstik merah untuk kesan menawan.

4. Mulai masuk masa Hippies, kamu akan menemukan model pixie cuts pada rambut-rambut cewek di tahun 1960an

10 Evolusi Beauty Tren dari Masa ke Masa, Rambut Bob hingga Warna Neonclickamericana.com

Pada masa inilah, rambut dibiarkan natural tanpa perlakuan yang macam-macam. Model yang biasa digunakan cewek-cewek adalah pixie cuts. Makeup dihindari, namun bulu mata palsu itu wajib. Untuk efek tebal nan lentik bagai kaki tarantula, maskara dibubuhkan pada setiap helainya.

5. Munculnya Farah Fawcett cukup jadi femonena pada 1970an. Sampai-sampai ada istilah "The Farrah" yang merujuk pada gaya rambut indahnya

10 Evolusi Beauty Tren dari Masa ke Masa, Rambut Bob hingga Warna Neonfoxnews.com

Rambut bergelombang, mengembang, dan panjang ala Farrah memang fenomenal. Setiap cewek mengidamkan gaya tersebut untuk ditiru. Di masa-masa ini pula, muncullah bronzed beach look & tanning. Hal ini memungkinkan mereka yang kulitnya terang, jadi lebih eksotis seperti kulit orang-orang di daerah tropis.

Baca Juga: 10 Gaya Travelling Nisya, Adik Raffi Ahmad yang Cetar Abis!

6. 1980 adalah era disko. Rambut sasak tinggi dianggap sangat keren apalagi kalau jujugannya Madonna, Olivia Newton, atau Brooke Shields

10 Evolusi Beauty Tren dari Masa ke Masa, Rambut Bob hingga Warna Neonameblo.jp

Rambut disasak tinggi dan besar adalah pemandangan awam pada tahun ini. Sementara tata riasnya didominasi warna-warna terang. Tentu saja, orang disko harus tampi maksimal bukan? Begitu juga dengan aksesorisnya yang penuh warna-warna neon. Tabrak warna gak akan dianggap janggal. Sementara untuk alis matanya, tebal dianggap menawan.

7. Tahun 1990an, tren smokey eyes mulai bermunculan. Inspirasinya muncul dari para supermodel & musik grunge

10 Evolusi Beauty Tren dari Masa ke Masa, Rambut Bob hingga Warna Neonyoutube.com

Bisa dibilang, inilah eranya supermodel. Makeup jadi lebih tebal, diikuti tata rias smokey eyes. Yang unik, lipstik nude jadi paduannya.

8. Tahun 2000an adalah eranya Britney Spears berjaya. Gak heran kalau cewek-cewek meniru gaya makeup tipisnya

10 Evolusi Beauty Tren dari Masa ke Masa, Rambut Bob hingga Warna Neonweheartit.com

Seperti Britney yang riasannya tipis, begitu pun cewek-cewek memilih alis tipis serta lipstik yang pucat. Namun, makeup glitter dan lipgloss juga sangat digandrungi.

9. Tahun 2010an mulai bermunculan makeup yang bermain-main pada kontur dan inspirasinya datang dari influencer kenamaan

10 Evolusi Beauty Tren dari Masa ke Masa, Rambut Bob hingga Warna Neonelitedaily.com

Makeup tebal jadi tren dengan adanya permainan kontur dan shading pada lekuk atau rahang pipi dan bagian lainnya. Alis mulai kembali tebal, diikuti bulu mata tebal. Lipstik dengan tekstur matte bermunculan.

10. Tahun 2019 dan berikutnya diprediksi mulai menjadi musim tata rias natural glow, di mana tampilan didominasi warna-warna nude

10 Evolusi Beauty Tren dari Masa ke Masa, Rambut Bob hingga Warna NeonIDN Times/Febriyanti Revitasari

Lipstik dengan tampilan akhir matte, kemudian warna-warna nude pada riasan mata dan bibir, masih akan merajai. Penggunaan warna ini membuat cewek-cewek tampil lebih alami apalagi diimbangi teknik makeup yang membuat wajah berkilau. 

Itu dia beauty trend dari masa ke masa. Gimana menurutmu? Meniru tren boleh saja, namun jangan memaksakan diri ya. Pastikan tren yang kamu pakai itu sesuai dengan karaktermu dan jangan lupa cintai diri sendiri.

Baca Juga: Bertema Dark, 10 Gaya Pemotretan Tatjana Saphira di Jepang

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Just For You