Comscore Tracker

5 Attitude Penting dalam Berteman, Gak Boleh Sembarangan!

Bukti kalau kamu menghargai mereka

Sebenarnya hal ini bukanlah suatu bahasan yang baru, bahwa dalam berteman pun ada attitude yang harus dijaga. Karena seakrab-akrabnya kita dengan orang lain, tetap gak boleh sembarangan dalam bicara dan bersikap demi menjaga kenyamanan dan menghargainya. 

Mulai dari gak boleh sembarangan kepo urusan orang, minta izin setiap ingin pinjam barang, hingga tidak ikut campur dalam urusan asmara teman. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak pembahasan lima poin di bawah ini tentang apa-apa saja attitude yang penting dalam berteman. 

1. Gak sembarangan kepo urusan orang

5 Attitude Penting dalam Berteman, Gak Boleh Sembarangan!ilustrasi pasangan bicara (pexels.com/Budgeron Bach)

Attitude pertama ini mungkin jarang disadari orang, tapi ternyata penting untuk menunjukkan kita menghargai teman, lho. Yaitu gak sembarangan kepo atau pengin tahu sama urusan orang lain, terutama apa yang dilakukan teman. 

Karena, walaupun berteman bukan berarti segala hal yang ia lakukan harus kamu ketahui. Dan, gak semua orang juga nyaman kalau dikepoin urusannya, sebab sebagian orang suka menjaga privasi dan ingin tenang menjalani urusannya sendiri. 

2. Izin dulu kalau mau pakai dan pinjam barang orang lain

5 Attitude Penting dalam Berteman, Gak Boleh Sembarangan!ilustrasi pasangan kerja (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kalau yang satu ini mungkin attitude yang biasa kita tahu, bahwa betapa pentingnya izin terlebih dulu kalau mau pakai atau pinjam barang orang. Attitude ini walaupun kesannya sepele tapi penting banget di dalam pertemanan. 

Selain untuk menghargai temanmu, hal ini juga dapat menjaga kenyamanan di dalam pertemanan. Jadi, meskipun saling akrab dan sudah lama kenal, tetap saling menghargai dengan tidak sembarangan memakai barang orang. 

3. Menyimpan hal yang diceritakan padamu untuk diri sendiri

5 Attitude Penting dalam Berteman, Gak Boleh Sembarangan!Ilustrasi pertemanan (Pexels.com/Helena Lopes)

Attitude yang juga gak kalah penting dalam pertemanan ialah perihal menyimpan cerita untuk diri sendiri. Maksudnya, apa pun yang temanmu ceritakan ketika dia curhat baiknya kamu simpan sendiri saja. 

Jangan menyebarkannya ke orang lain karena bisa melanggar privasi. Sebagaimana dia mempercayaimu untuk jadi tempatnya bercerita, begitu pula dirimu menjaga ceritanya agar menjadi rahasia sebagai usaha menghargainya. 

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Teman yang Lebih Suka Mengkritik ketimbang Memuji

4. Menjaga kata dan sikap di batas kewajaran meskipun akrab

5 Attitude Penting dalam Berteman, Gak Boleh Sembarangan!ilustrasi teman (pexels.com/Fauxels)

Termasuk ke dalam attitude penting saat berteman, kamu harus menjaga perkataan dan sikap dengan baik. Yang mana, ini adalah hal yang gak bisa ditawar ketika menjalin hubungan baik dengan orang baik, baik itu pertemanan ataupun sebatas relasi. 

Kenapa? Karena walaupun kenal lama dan juga akrab, terlepas dengan siapa saja itu kamu tetap harus menjaga sikap demi kenyamanan orang lain dan menghargai mereka. Jadi berbicaralah sewajarnya, jangan berlebihan dalam bersikap bahkan jika itu sedang bercanda sekalipun. 

5. Gak ikut campur urusan asmara orang

5 Attitude Penting dalam Berteman, Gak Boleh Sembarangan!ilustrasi bicara (pexels.com/Mentatdgt)

Kelima, attitude yang juga gak boleh dilupakan saat menjalin hubungan pertemanan adalah tidak boleh ikut campur urusan asmara teman. Perlu diingat, bahwa baik buruknya percintaan mereka bukanlah urusanmu. 

Jadi kalau mereka tidak menceritakan tentang hubungan asmaranya atau meminta saran darimu ketika curhat, gak perlu kepo dan sibuk mengurusi percintaan mereka. Karena jadinya gak sopan dan annoying kalau kamu sibuk mengurusi hal pribadi mereka yang tidak ada sangkut pautnya denganmu. 

Intinya, mau berteman dengan siapapun dan berapa lama pun yang namanya attitude tetap harus dijaga saat berteman. Sebagai bukti bahwa kamu menghargainya sebagai temanmu. 

Baca Juga: 6 Hal Baik yang Terjadi saat Kamu Tak Terikat pada Teman

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya