TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Merawat Action Figure, Apa Saja?

Penggemar action figure wajib tahu nih!

ilustrasi action figure (unsplash.com/Craig McLachlan)

Mengoleksi berbagai macam karakter action figure merupakan hal yang menyenangkan selama pandemik berlangsung. Selain bisa sebagai sarana hiburan, mengoleksi action figure juga menjadi salah satu aktivitas mempercantik ruangan atau kamar kalian. Bahkan, beberapa action figure bisa menjadi salah satu barang investasi yang menjanjikan apabila kalian mendapatkan barang yang langka atau edisi khusus.

Namun naiknya peminat action figure tidak diimbangi dengan pengetahuan merawat yang baik. Kebanyakan asal beli dan asal simpan, akhirnya banyak action figure yang kotor, rusak, berjamur atau bahkan hilang.

Jangan takut, ada solusinya, kok! Berikut ini adalah lima hal yang perlu kalian hindari ketika mempunyai action figure, penasaran apa saja? Simak sampai selesai!

1. Terpapar sinar matahari secara langsung

ilustrasi action figure (unsplash.com/Daniel Cheung)

Action figure yang awet tentu menjadi dambaan bagi para kolektor, maka perlu perawatan ekstra agar hal itu tercapai. Salah satu hal yang berlu kalian hindari adalah dengan menghindari paparan sinar matahari secara langsung ke action figure kalian. Sinar matahari mengandung UV sehingga punya potensi besar untuk merusak cat action figure kesayangan kalian.

Namun, jika kalia tetap ingin membawa action figure kalian dimainkan di luar ruangan, waktu yang tepat adalah pagi atau sore hari. Karena pada saat itu sinar matahari tidak terlalu terik.

2. Disimpan di tempat dengan suhu yang tinggi

ilustrasi action figure (unsplash.com/Daniel Cheung)

Jika sinar matahari membuat cat action figure menjadi buram, namun jika diletakkan pada tempat dengan suhu tinggi berisiko membuat action figure meleleh. Hal itu dikarenakan bahan pembuatan action figure berasal dari campuran lilin dan plastik yang sensitif dengan suhu panas.

Ketika sudah terlanjur meleleh pada bagian tertentu sangat susah untuk dikembalikan ke bentuk semula. Jadi, harus diperhatikan banget untuk yang satu ini, ya!

Baca Juga: 5 Karakter Action Figure Termahal di Dunia, Harga Tembus Rp2 Miliar

3. Jangan menyimpan pada tempat yang lembap

ilustrasi action figure (unsplash.com/Mert Kahveci)

Berikutnya, para penggemar sering tidak memperhatikan kelembapan ruangan tempat menyimpan action figure. Semakin lembap tempat penyimpanan semakin besar risiko mainan kalian berjamur, dan itu berbahaya bagi kesehatan kulit tangan kalian.

Letakkan di ruangan yang tidak terlalu panas maupun lembap, kalian bisa membeli rak atau lemari kaca agar terhindar dari suhu tinggi, lembap ataupun mencegah debu menempel. Agar tidak lembap, kalian juga bisa menambah lampu , sehingga suhunya sedikit lebih hangat dan menambah keindahan rak atau lemari kalian.

4. Jangan terlalu sering dibanting atau dilempar

ilustrasi action figure (pixabay.com/tookapic)

Tak jarang action figure dimainkan oleh anak kecil yang biasanya dilempar atau dibanting. Apabila hanya sekali atau dua kali itu tidak masalah, namun apabila terlalu sering tentu akan berisiko terhadap keutuhan badan action figure kesayangan kalian.

Ciri-ciri action figure yang sering dibanting adalah, terdapat bagian yang penyok atau sudah tidak simetris. Tentu selain merusak estetika juga akan menurunkan harga jual produknya.

Baca Juga: 5 Action Figure Gundam Paling Langka di Dunia, Harga Tembus Rp120 Juta

Verified Writer

Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya