Comscore Tracker

5 Action Figure Gundam Paling Langka di Dunia, Harga Tembus Rp120 Juta

Kolektor Gundam wajib tahu! #IDNTimesMen

Sejak tahun 1970-an Mobile Suit Gundam terus menjadi salah satu film animasi atau anime paling populer di Jepang. Secara ketenaran sudah bisa disandingkan dengan Star Wars di Amerika. Kini setelah sukses pada filmnya Gundam bertranformasi dalam bentuk model kit plastik yang bisa dirakit menjadi miniatur.

Mainan rakitan tersebut disebut dengan 'Gunpla' atau model plastik Gundam. Figur-figur tersebut datang dalam berbagai ukuran dan tingkatan yang biasanya sesuai dengan seberapa sulitnya mereka untuk dibuat. 

Namun ada beberapa edisi Gundam yang diproduksi dengan jumlah terbatas dan memiliki edisi khusus, sehingga keberadaannya di pasaran sangat sedikit dan memiliki harga yang sangat mahal.

Biar gak penasaran, berikut lima action figure Gundam paling langka di dunia dan memiliki harga yang fantastis. Simak!

1. Gundam PG 1/RX-78-2 warna emas

5 Action Figure Gundam Paling Langka di Dunia, Harga Tembus Rp120 Jutailustrasi Gundam (gundamkitscollection.com)

Gundam ini bisa dikatakan sebagai incaran kolektor Gundam di seluruh dunia yang diproduksi pada tahun 2002. Hal itu dikarenakan jumlah Gundam yang diproduksi hanya 30 buah saja dan membuatnya menjadi edisi Gundam paling langka di dunia.

Gunpla atau rakitan dari robot ini memiliki lapisan emas asli, sehingga selain langka harga Gundam ini mencapai Rp120 juta. Angka yang sangat fantastis! 

2. Gundam PG 1/60 Char's Custom Zaku II warna merah

5 Action Figure Gundam Paling Langka di Dunia, Harga Tembus Rp120 Jutailustrasi Gundam (glimited.blogspot.com)

Diproduksi hanya 300 unit di seluruh dunia membuat Gundam Char's Custom ini menjadi salah satu mainan Gundam yang langka di dunia. Yang membuat produk ini langka dan menajdi incaran karena dalam pembuatanya berkolaborasi dengan Char Custom yang terkenal sebagai tempat modifikasi gundam terkemuka.

Harga gundam ini mencapai Rp47 juta dan sekarang sudah sangat susah untuk dicari. Kamu butuh usaha yang keras kalau mau mengoleksinya.

3. Gundam MG 1/100 RX-78-2 Versi 2 warna emas

5 Action Figure Gundam Paling Langka di Dunia, Harga Tembus Rp120 Jutailustrasi Gundam (gamerbraves.com)

Dengan warna emas polos, robot rakitan ini mempunyai kesan elegan dan sangat cocok ketika dipajang di ruang tamu kalian. Namun kalian harus menyiapkan dana sebesar Rp33 juta untuk memiliki mainan ini.

Hal yang membuat robot ini memiliki harga yang mahal karena hanya di produksi dalam jumlah terbatas. Konon seri ini dijual tidak sampai 200 unit.

Baca Juga: Super7 Rilis Action Figure Descendents, Karakter yang Ikonik!

4. Gundam RG 1/144 Destiny Heine Westenfluss Color Plated

5 Action Figure Gundam Paling Langka di Dunia, Harga Tembus Rp120 Jutailustrasi Gundam (glimited.blogspot.com)

Punya perpaduan yang terdiri dari banyak warna dan dilapisi cat chrome membuat Gundam ini sangat eye catching ketika dipajang. Gundam keren ini hanya diproduksi 100 unit saat ulang tahun perusahaan gundam ke 35 tahun dan hanya diberikan kepada 100 orang yang diundang pada saat acara tersebut.

Harga dari Gundam edisi ini mencapai Rp13 juta. Lumayan mahal ya? Tapi worth to buy!

5. Gundam Unicorn Unit 2 Banshee Norn

5 Action Figure Gundam Paling Langka di Dunia, Harga Tembus Rp120 Jutailustrasi Gundam (cbr.com)

Gunpla ini terinspirasi dari tokoh anime Gundam RX-0 Banshee Norn yang pada saat ini menggunakan persenjataan yang lengkap. Dibuat dengan semirip mungkin dengan tokoh anime warna dari mainan ini adalah psiko hijau yang menunjukkan titik-titik berbeda di tubuhnya.

Gundam edisi in bisa dibilang menjadi salah satu Gundam paling canggih karena terdapat LED pada bagian dalam yang membuat model lebih megah. Sehingga tak heran harga jual mainan robot ini mencapai Rp9 juta.

Itulah lima Gundam paling langka di dunia yang memiliki harga yang fantastis. Selain sebagai mainan, nyatanya Gundam juga bisa sebagai sarana investasi yang menjanjikan. Apakah kalian tertarik mengoleksi Gundam?

Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini 10 Mainan yang Bisa Kamu Buat dari Bahan Kaleng

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya