Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Rasa Marah ala Pria Sejati, Jangan Asal!

Cowok sejati tidak asal marah

Beragam emosi yang dapat dirasakan oleh manusia, termasuk rasa marah. Rasa marah kerap kali muncul karena hal-hal yang tidak ingin terjadi atau gangguan terhadap diri sendiri. Ketika marah, seseorang cenderung kehilangan kendali dan tidak mampu berpikir dengan jernih.

Ketika seorang cowok marah, tak jarang bisa sampai menggunakan fisik. Padahal, penting bagi cowok untuk bisa mengontrol emosinya. Ketika kamu dapat mengontrol emosi, kamu bisa terbebas dari tindakan yang salah. Berikut cara mengatasi rasa malah ala pria sejati.

1. Marah di waktu yang tepat

5 Cara Mengatasi Rasa Marah ala Pria Sejati, Jangan Asal!ilustrasi bertengkar (unsplash.com/Afif Ramdhasuma)

Marah merupakan emosi yang wajar. Ketika kamu sudah tidak bisa membendung rasa marah, marahlah di waktu yang tepat. Kamu bisa melampiaskan emosi tersebut seperti saat berada di kamar seorang diri dan jangan sampai ada orang yang terganggu.

Ketika kamu memiliki hak untuk memarahi orang lain, jangan sampai rasa marah kamu malah menyakiti orang tersebut. Kamu juga tidak boleh asal memarahi orang lain, apalagi kalau di tempat umum. 

Ketika kamu ingin marah, bijaklah dalam menentukan waktunya. Jangan sampai rasa marah kamu sampai merugikan orang lain. Sebisa mungkin carilah waktu untuk menyendiri ketika ingin meluapkan emosi marah.

2. Menyadari kalau banyak hal yang dapat memicu rasa marah

5 Cara Mengatasi Rasa Marah ala Pria Sejati, Jangan Asal!ilustrasi marah (pexels.com/olly)

Orang yang mudah marah biasanya tidak mudah menerima keadaan. Mereka selalu menyalahkan orang lain atau keadaan dalam melampiaskan emosinya. Hal tersebut membuat mereka tidak fleksibel terhadap hal-hal yang akan terjadi.

Ketika kamu sudah memahami kalau banyak hal yang dapat membuat kamu merasa marah, kamu sudah mengantisipasinya dengan rasa sabar. Kamu jadi mudah menolerir hal-hal yang dapat memicu rasa marah. Hal ini membuat kamu lebih sabar ketika menahan emosi.

3. Marah dengan tujuan

5 Cara Mengatasi Rasa Marah ala Pria Sejati, Jangan Asal!ilustrasi pria dan wanita yang marah (unsplash.com/Afif Ramdhasuma)

Banyak cowok yang mudah marah tanpa tujuan yang jelas. Tak heran seseorang marah karena hal yang sepele. Padahal, marah-marah tanpa sebab dan tujuan yang jelas hanya akan membuat waktu dan energi.

Kalau kamu ingin marah, marahlah dengan tujuan. Kamu boleh marah agar membuat diri sendiri ataupun orang lain lebih berkembang. Contohnya, seorang bos yang memarahi pegawainya karena malas bekerja dan tidak profesional. Tujuan seorang bos yang memarahi pegawainya tersebut agar mereka tidak menyepelekan tanggung jawabnya.

Jangan menjadi cowok yang mudah marah karena hal kecil. Hal tersebut hanya membuat kamu menjadi orang yang emosian. Dampaknya, kamu bisa dijauhi oleh orang lain. 

Baca Juga: 5 Sikap Ini Bikin Kamu Lebih Romantis, Gak Melulu Bilang Cinta!

4. Menganggap marah hanya membuang energi

5 Cara Mengatasi Rasa Marah ala Pria Sejati, Jangan Asal!ilustrasi pria gagal (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika marah, energi seseorang akan terbuang. Tak hanya itu, marah dapat membuat pikiran jadi tidak jernih. Alhasil, banyak hal-hal buruk yang terjadi ketika rasa marah menguasai diri. Tak heran setelah marah tubuh akan terasa lelah.

Bagi cowok sejati, mereka paham kalau marah hanya membuang energi. Mereka akan mengontrol emosinya dan marah dengan cara yang halus. Meski sedang marah, cowok yang dapat mengontrol emosinya tidak akan sembarangan bertindak dan tetap menjaga energinya. 

5. Memilih diam

5 Cara Mengatasi Rasa Marah ala Pria Sejati, Jangan Asal!ilustrasi cowok kuat (unsplash.com/ Xenia Bogarova)

Diam menjadi cara cowok sejati dalam menghadapi rasa marah. Ketika sedang emosi, cowok sejati tidak ingin dirinya dikuasai rasa marah. Mereka takut akan terjadi hal yang tidak diinginkan ketika marah. 

Untuk mengatasi hal tersebut, cowok sejati biasanya akan memilih untuk diam. Dengan diam, mereka akan lebih mudah dalam mengontrol emosi dan rasa sabar. Diam juga memudahkan seorang cowok agar tetap berpikir dengan jernih.

Marah memang hal wajar yang dialami setiap orang. Ketika marah, bisa terjadi hal yang tidak diinginkan karena emosi tersebut. Dengan cara di atas, kamu bisa mengontrol rasa marah kamu dengan baik. 

Baca Juga: 5 Sikap Ini Bikin Kamu Lebih Romantis, Gak Melulu Bilang Cinta!

Athallah Hanan Adhasubhi Photo Verified Writer Athallah Hanan Adhasubhi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya