Comscore Tracker

5 Fakta Unik Diecast Tomica yang Jarang Orang Tahu

Baca ini biar makin paham tentang diecast Tomica!

Miniatur mobil atau biasa disebut dengan diecast merupakan salah satu mainan yang banyak dijadikan bahan koleksi. Hal yang membuat diecast menarik perhatian adalah bentuknya yang hampir 100 persen mirip dengan aslinya sehingga memiliki tampilan yang keren dan mempunyai sisi emosional bagi para penggemarnya.

Selain brand Hot Wheels merek diecast lain yang mempunyai banyak penggemar di seluruh dunia yaitu diecast Tomica yang berasal dari Jepang. Meskipun sudah berdiri sejak lama, namun ada banyak fakta unik yang jarang diketahui tentang mobil mainan asal Jepang ini. Nah, berikut ini adalah lima di antaranya. Check this out!

1. Mulai diproduksi tahun 1970

5 Fakta Unik Diecast Tomica yang Jarang Orang Tahuilustrasi diecast Tomica (takaratomy.co.jp)

Tomica merupakan perusahaan produsen mainan asal Jepang yang dimiliki oleh perusahaan Tomy yang didirikan pada tahun 1924 oleh Eijira Tomiyama di Tokyo. Namun untuk fokus memproduksi mobil baru dimulai pada tahun 1970.

Meskipun pada saat peluncuran sudah ada merek Matchbox dan Mattel's Hot Wheels, Tomica ternyata juga mendapat tempat bagi penggemar diecast dan terjual cukup laris.

2. Memiliki nama asli Pocket Cars

5 Fakta Unik Diecast Tomica yang Jarang Orang Tahuilustrasi diecast Tomica (takaratomy.co.jp)

Awal mulanya Tomica memiliki nama Pocket Cars. Karena pada saat ini produk diecast Tomica sudah merembah sampai pasar Amerika Serikat. Pada tahun 2010 akhirnya perusahaan mengubah nama produknya menjadi Tomica agar mudah diingat dan mencerminkan unsur Jepang. Alhasil, dengan nama baru justru diecast Tomica terjual sangat laris di kawasan Amerika Utara dan Eropa.

3. Awalnya hanya memproduksi mobil buatan Jepang

5 Fakta Unik Diecast Tomica yang Jarang Orang Tahuilustrasi diecast Tomica (takaratomy.co.jp)

Tomica pada awalnya hanya memproduksi miniatur mobil yang diproduksi oleh pabrikan  mobil asal Jepang. Akan tetapi seiring produknya yang menembus pasar luar negeri dan salah satu caranya agar diterima luas adalah memproduksi juga diecast mobil produksi non Jepang.

Di antaraya ada Chevrolet, Ford, Mercedez hingga Ferrari. Dan, kini hampir semua brand mobil di seluruh dunia sudah ada dalam bentuk diecast Tomica, luar biasa bukan?

Baca Juga: 5 Tips Mengoleksi Diecast Buat Pemula, Dijamin Gak Kalap! 

4. Membuat beberapa series langka untuk para kolektor

5 Fakta Unik Diecast Tomica yang Jarang Orang Tahuilustrasi diecast Tomica (takaratomy.co.jp)

Sejak dua puluh tahun yang lalu Tomica mulai memproduksi beberapa series diecast dengan jumlah terbatas. Perbedaannya dengan seri yang diproduksi massal adalah pada bagian detailnya yang lebih real dan pada bagian velg dan ban lebih tampak nyata. Salah satu diecast yang masuk dalam daftar diecast limited edition adalah Subaru Legacy B4.

5. Punya beragam jenis seri replica yang menarik perhatian

5 Fakta Unik Diecast Tomica yang Jarang Orang Tahuilustrasi diecast Tomica (takaratomy.co.jp)

Tomica menjadi salah satu merek diecast yang memiliki banyak sekali series diecast yang diproduksi, total ada 6 yang ada di pasaran. Mulai dari seri mobil biasa, sport car, kendaraan militer, alat berat, kereta api, bus dan beberapa series lainnya. Dengan banyaknya pilihan tentu akan membuat opsi pilihan kalian sangat beragam,

Bikin kamu jadi makin paham, itu tadi lima fakta unik tentang diecast Tomica yang jarang orang tahu. Apakah kalian tertarik mengoleksi Tomica? Tulis di kolom komentar!

Baca Juga: 5 Hot Wheels Paling Langka di Dunia, Ada yang Harganya Rp1 Miliar!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya