Comscore Tracker

5 Hot Wheels Paling Langka di Dunia, Ada yang Harganya Rp1 Miliar!

Harganya super fantastis! #IDNTimesMen

Hot Wheels merupakan salah satu mainan jenis diecast yang mempunyai banyak penggemar di seluruh dunia, terutama kaum laki-laki dari berbagai lapisan umur. Hot Wheels sendiri sebetulnya bukanlah mainan yang berharga mahal dan langka, kalian bisa menjumpai di toko retail dekat rumah kalian. Akan tetapi ada beberapa jenis Hot Wheels yang memiliki harga yang fantastis dan populasi yang sangat terbatas di dunia.

Selain untuk sarana bermain, kini Hot Wheels juga menjadi barang koleksi sekaligus investasi yang menjanjikan. Ada beberapa edisi khusus yang memang diproduksi terbatas dan keberadaan di pasaran sudah sangat sulit dijumpai. Dengan memiliki Hot Wheels edisi khusus tentu akan memberikan rasa bangga terhadap pemiliknya ditambah harganya tiap tahun pasti akan mengalami kenaikan.

Nah, berikut ini adalah lima Hot Wheels paling langka di dunia yang menjadi barang incaran kolektor seluruh dunia. Simak ulasannya!

1. Purple Olds 442 1971 

5 Hot Wheels Paling Langka di Dunia, Ada yang Harganya Rp1 Miliar!ilustrasi Hot Wheels (www.zhilingnetmail.xyz)

Hot Wheels edisi Purple Olds merupakan mobil mainan yang diproduksi pada tahun 1971, di pabrik Mattel, Hongkong. Mobil Olds 442 yang memiliki warna ungu ini dianggap menjadi salah satu mobil Hot Wheels paling langka dan paling dicari di dunia. Bahkan di salah satu situs jual beli Hot Wheels, sudah ada yang menjual di angka kisaran Rp180.000.000. Angka yang fantastis! 

2. Brown Custom Charger 1969

5 Hot Wheels Paling Langka di Dunia, Ada yang Harganya Rp1 Miliar!ilustrasi Hot Wheels (onlineredlineguide.com)

Hot Wheels Custom Charger sebetulnya bukanlah produk yang langka di pasaran, karena pada saat produksi direntang tahun 1969-1971 jumlah produksinya sangat banyak. Akan tetapi khusus untuk yang berwarna cokelat ini diproduksi sangat terbatas dan dikabarkan hanya ada beberapa buah di seluruh dunia. Menjadi hal wajar jika mobil mainan ini dijual dengan nominal sekitar Rp195.000.000.

3. Mighty Maverick 1969

5 Hot Wheels Paling Langka di Dunia, Ada yang Harganya Rp1 Miliar!ilustrasi Hot Wheels (onlineredlineguide.com)

Mighty Maverick merupakan salah satu edisi Hot Wheels yang terinspirasi dari mobil Ford Maverick tahun 1969. Mobil-mobilan ini pada awalnya bernama Mad Maverick namun dikarenakan permasalahan hak cipta dengan produsen mobil mainan lain akhirnya berganti nama menjadi Mighty Maverick.

Yang membuat Hot Wheels edisi ini mahal adalah ketika di bagian bawah mobil ada tulisan 'Mad Maverick' maka Hot Wheels tersebut dipastikan langka dan hanya beberapa orang yang beruntung memilikinya. Harga mobil ini di pasaran menyentuh di kisaran angka Rp225.000.000.

Baca Juga: 5 Tips Mengoleksi Diecast Buat Pemula, Dijamin Gak Kalap! 

4. Over Chrome Camaro 1968

5 Hot Wheels Paling Langka di Dunia, Ada yang Harganya Rp1 Miliar!ilustrasi Hot Wheels (www.motorbiscuit.com)

Hot Wheels edisi Chevrolet Camaro dengan finishing cat chrome menjadi salah satu Hot Wheels yang diproduksi sangat terbatas. Menurut  beberapa sumber, total hanya diproduksi 20 unit saja dan itu pun hanya ditujukan untuk kebutuhan iklan.

Dengan jumlah sangat terbatas kini Hot Wheels edisi Chevrolet Camaro dengan cat chrome membuat harganya melambung tinggi. Di salah satu forum penggemar Hot Wheels ada yang menjual dengan harga hingga Rp.375.000.000. 

5. Pink Loading Volkswagen Beach Bomb 1969

5 Hot Wheels Paling Langka di Dunia, Ada yang Harganya Rp1 Miliar!ilustrasi Hot Wheels (www.caranddriver.com)

Terakhir ada Hot Wheels VW Loading Beach Bomb berwarna pink yang hanya diproduksi satu di dunia. Dan, orang yang beruntung memilikinya adalah seorang kolektor terbesar Hot Wheels dengan nama Bruce Pascal. Dulu Pascal membeli mobil ini dengan harga US$72.000, kalau dikalikan dengan kurs rupiah sekarang harganya Rp1 miliar lebih! Bisa jadi angkanya sekarang sudah naik. Super fantastis!

Nah, di atas merupakan lima Hot Wheels paling langka di dunia yang menjadi incaran kolektor. Selain barang hobi ternyata Hot Wheels sudah menjadi salah satu barang investasi yang cukup menjanjikan. Apakah kalian tertarik membeli dan mengoleksi Hot Wheels di atas? Tulis di kolom komentar!

Baca Juga: Hot Wheels Bukan Sekadar Mainan, Kolektor: Ada Historinya

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya