Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memelihara Ikan Hias Laut

Penghobi ikan hias laut harus perhatikan ini!

Memelihara ikan hias air laut tidaklah semudah memelihara ikan hias air tawar. Hal itu disebabkan banyak sekali hal yang harus diperhatikan agar ikan hias air laut kalian bisa tetap hidup dan tidak stres atau sakit. Selain memilih ikan hias yang tepat, menentukan akuarium juga tidak bisa dianggap sepele.

Berikut ini ada lima hal yang harus kalian perhatikan ketika memelihara ikan hias air laut. Penasaran? Baca artikelnya sampai habis!

1. Mengukur suhu air akuarium

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memelihara Ikan Hias Lautilustrasi mengecek suhu akuarium (cooking-hacks.com)

Suhu dalam akuarium menjadi hal yang tidak boleh kamu sepelekan, karena ikan laut terkenal sensitif akan perubahan suhu. Apabila kalian tidak pandai dan rutin mengecek bais berakibat pada kematian pada ikan kalian.

Suhu ideal air akuarium ikan laut hias biasanya berkisar 23-28 derajat celsius. Kalian harus cek ini secara rutin, jangan sampai gak! 

2. Mengecek kadar PH air

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memelihara Ikan Hias Lautilustrasi mengecek kadar PH air akuarium (itsafishthing.com)

Air yang terlalu asin atau kurang asin tentu akan berdampak buruk pada ikan kalian. Kadar keasaman air laut pada akuarium idealnya berada di kisaran 8.0 -8,4 .

Dengan menjaga PH pada ambang batas normal ikan kalian akan nyaman dan tidak mudah stres. Kalian bisa menggunakan alat pengukur keasaman atau PH meter di toko online atau toko ikan dengan harga Rp20 ribu hingga Rp500 ribu.

3. Memeriksa derajat keasinan akuarium

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memelihara Ikan Hias Lautilustrasi alat untuk mengukur derajat keasinan air akuarium (coralvue.com)

Ikan laut hias kalian untuk tetap hidup dengan baik membutuhkan air dengan kadar keasinan yang tepat. Derajat keasinan ideal akuarium ikan laut hias adalah 34-37 bagian per 1000 liter.

Kalian bisa menggunakan alat hidrometer atau salnity tempereture yang bisa kalian beli dengan harga Rp36 ribu hingga Rp60 ribu. Jangan sampai gak diperhatikan, ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara di Rumah

4. Rutin membersihkan akuarium dan mengganti air

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memelihara Ikan Hias Lautilustrasi membersihkan akuarium secara rutin (hikariusa.com)

Bila kalian menghendaki ikan hias kalian hidup dengan baik dan tampilan akuarium kalian terlihat cantik maka jangan lupa untuk membersihkan akuarium kalian secara rutin. Penggantian air juga bisa membuat air yang kotor menjadi lebih bersih. Selain itu, rutin membersihkan kaca akuarium dan peralatan di dalamnya akan membuat tampilan akuarium lebih ciamik ketika dipandang.

Dengan rutin membersihkan akuarium ikan kalian akan lebih terhindar dari jamur atau penyakit lainnya. Ikan sehat, tampilan akuarium juga makin sedap dipandang. 

5. Memberikan karang hidup yang cukup

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memelihara Ikan Hias Lautilustrasi karang hidup di akuarium ikan air laut hias (discountaquariumsaz.com)

Karang hidup selain berguna tempat tinggal ikan juga memiliki manfaat lain jika ditempatkan pada akuarium kalian. Pertama, karang hidup akan menjaga kualitas air laut di akuarium dan juga sebagai tempat tinggal biota kecil sebagai makanan alternatif ikan hias. Kedua, dari segi estetika juga akan menunjang penampilan akuarium kalian lebih cantik lagi.

Jadi jelas, kan? Jangan sampai lupa dengan lima hal yang perlu kalian perhatikan ketika memelihara ikan hias air laut. Ada yang punya keinginan memiliki ikan hias air laut?

Baca Juga: 5 Tips Dasar Memelihara Ikan Hias untuk Para Pemula, Pasti Bisa!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya