Comscore Tracker

5 Korek Api Termahal di Dunia, Harganya Ada yang Sampai Rp3 Miliar!

Tertarik untuk mengoleksinya, Bro?

Sejak ditemukan pada tahun 1924, korek api banyak dianggap sebagai barang sepele. Namun, pada kenyataannya ternyata ada beberapa korek api yang memiliki nilai tinggi.

Meskipun secara fungsi adalah untuk menyalakan rokok atau benda lain, namun ada juga korek api yang memang sengaja dibuat sebagai barang koleksi dan diproduksi sangat terbatas. Sehingga, tidak mengherankan untuk beberapa korek api mempunyai harga yang menyentuh angka miliaran rupiah.

Merek yang familiar dengan korek api mungkin adalah Zippo, namun perlu kalian tahu di dunia ada banyak merek lain yang memproduksi korek api dengan desain dan grade yang berbeda-beda. Berikut ini adalah korek api termahal yang pernah dijual di dunia, apa saja? Simak sampai habis, ya!

1. Jadeite ashtray and lighter - Rp3,6 miliar

5 Korek Api Termahal di Dunia, Harganya Ada yang Sampai Rp3 Miliar!ilustrasi korek api (deccanchronicle.com)

Inilah korek api dengan harga paling tinggi yang pernah terjual di dunia. Korek ini dibuat pada tahun 1920 oleh Edward Farmer di New York. Yang membuat korek ini mahal adalah bahan yang digunakan tergolong bahan yang langka dan berkualitas tinggi. Warna hijau pada korek tersebut terbuat dari batu giok yang sangat langka dan mahal apabila dijual.

Ditambah perak yang digunakan sebagi bingkai juga menggunakan bahan terbaik. Konon di dunia korek ini hanya ada satu dan selain sebagai pemantik api, korek api ini juga bisa sekaligus digunakan sebagai asbak. Korek ini terjual Rp3,6 miliar pada acara lelang pada tahun 2011 silam. 

2. Faberge Imperial table lighter - Rp1,9 miliar

5 Korek Api Termahal di Dunia, Harganya Ada yang Sampai Rp3 Miliar!ilustrasi korek api (gomlab.net)

Merek ini sangat terkenal di kalangan seniman dan kolektor korek api di dunia. Bentuknya yang unik dan dibuat dengan handmade oleh seniman Rusia. Hal itulah yang membuat harga korek api ini melambung tinggi.

Korek ini biasanya mempunyai bentuk menyerupai berbagai macam binatang dan digunakan dengan cara membuka pada sisi kepala, maka akan kelaur api dari dalam. Pada tahun 2012 korek ini terjual Rp1,9 miliar pada acara lelang di London, Inggris.

3. S.T Dupont Ligne 2 - Rp1,1 miliar

5 Korek Api Termahal di Dunia, Harganya Ada yang Sampai Rp3 Miliar!ilustrasi korek api (st-dupont.com)

S.T Dupon sudah terkenal sebagai perusahaan yang memproduksi barang-barang mewah di dunia. Salah satu produk fenomenalnya adalah korek api yang terbuat dari emas murni 24 karat dan  hampir 500 butir berlian murni.

Sebetulnya, ada tiga pilihan warna lain selain emas yang bisa kalian pilih, yaitu silver, putih dan rose gold. Meskipun harganya yang sudah Rp1,1 miliar nyatanya korek api ini tetap laku saat dijual.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Lighter Warna Hitam dari Brand Lokal, Berkualitas!

4.  Faberge yellow enamel - Rp936 juta

5 Korek Api Termahal di Dunia, Harganya Ada yang Sampai Rp3 Miliar!ilustrasi korek api (catawiki.com)

Meskipun ini adalah korek lawas karena sudah dibuat sejak tahun 1900 di Rusia, namun korek api Faberge yellow enamel kini menjadi barang yang sedang diburu oleh kolektor korek api di dunia.

Walaupun warna emasnya di sisi luar bukanlah emas asili, namun faktor kelangkaan dan sejarahnya yang panjang membuat korek api ini memiliki harga hingga Rp936 juta. Super ciamik, Bro!

5. Zippo windproof lighter - Rp536 juta

5 Korek Api Termahal di Dunia, Harganya Ada yang Sampai Rp3 Miliar!ilustrasi korek api (zippo.co.uk)

Zippo merupakan perusahaan korek api asal Amerika Serikat yang sudah sangat terkenal di dunia. Meskipun porduknya rata-rata harganya terjangkau, namun ada beberapa edisi produk korek yang dibuat khusus yang membuat harganya bisa melambung tinggi.

Salah satu edisi Zippo yang menyita perhatian para penggemar adalah lighter windproof dengan edisi memperingati 75 tahun usia perusahaan. Korek ini dibuat sangat terbatas dan hanya beberapa orang terpilih saja yang bisa membeli korek ini. Pada tahun 2007 korek api ini terjual senilaiRp535 juta, luar biasa bukan?

Ituah korek api paling mahal yang pernah ada di dunia. Apabila kalian tertarik menjadi kolektor korek api atau lighter, ini merupakan barang yang menjanjikan, karena setaiap tahun harganya akan naik. Ada yang berminat membeli korek api untuk barang koleksi?

Baca Juga: 9 Fakta Unik dan Menarik tentang Zippo, Lighter yang Legendaris  

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya