Comscore Tracker

5 Langkah Mudah Merawat Tanaman Aquascape agar Tidak Mudah Rusak

Penggemar aquascape wajib tahu!

Salah satu komponen penting pada aquascape yang bisa menambah keindahan adalah tanaman. Tanaman yang bagus, terawat dan cocok dengan konsep akuarium tentu menjadi faktor penting indah tidaknya sebuah aquascape.

Merawat tanaman air bisa dibilang susah susah gampang, perlu ketelatenan agar tanaman bisa tumbuh subur dan tidak rusak. Karena selain menambah keindahan akuarium, tanaman air juga menambah kenyamanan ikan saat berada di akuarium.

Agar tidak mudah rusak dan tumbuh baik berikut adalah lima langkah mudah merawat tanaman aquascape yang bisa kalian lakukan. Yuk, disimak!

1. Lakukan pemberian nutrisi untuk tanaman aquascape

5 Langkah Mudah Merawat Tanaman Aquascape agar Tidak Mudah Rusakilustrasi pupuk akuarium (tokopedia.com)

Sama halnya dengan tanaman di darat, tanaman air juga membutuhkan nutrisi tambahan untuk tumbuh subur dan tidak mudah mati.  Kalian bisa memberikan pupuk tanaman air dengan porsi yang cukup.

Pemberian pupuk secara berlebih memiliki dampak yang tidak baik pada ikan dan tumbuhan karena bisa menyebabkan keracunan. Berilah pupuk secara berkala satu minggu sekali agar tanaman air mendapatkan nutrisi yang baik.

2. Lakukan perawatan secara rutin

5 Langkah Mudah Merawat Tanaman Aquascape agar Tidak Mudah Rusakilustrasi aquascape (unsplash.com/Huy Phan)

Perawatan tanaman juga menjadi salah satu kunci penting untuk mempertahankan keawetan tanaman dan keindahan akuarium. Tak jarang muncul jamur, atau tanaman liar yang tumbuh yang justru membuat tampilan menjadi tidak rapi atau mematikan tanaman air utamanya.

Maka dari itu rutinlah mencabuti atau membuat tanaman-tanaman liar tersebut. Proses perapian tanaman ini biasa disebut trimming yaitu memangkas tanaman-tanaman yang sudah mati atau mengganggu.

3. Perhatikan kondisi air dalam keadaan baik

5 Langkah Mudah Merawat Tanaman Aquascape agar Tidak Mudah Rusakilustrasi aquascape (unsplash.com/Vikram Mudaliar)

Kondisi air selain penting bagi tumbuh kembang ikan juga berpengaruh bagi kesehatan tanaman air. Air yang bersih tentu akan membuat tanaman bisa tumbuh baik dan ikan bisa hidup secara nyaman.

Lakukan pengurasan air maksimal seminggu sekali agar akuarium tidak keruh dan penuh dengan kotoran. Tanaman yang hidup di air yang bersih dan jernih biasanya berwarna bagus dan tidak pucat.

Baca Juga: 9 Ide Dekorasi Tanaman Hias untuk Teras Rumah, Cozy Saat Terima Tamu

4. Pastikan aquascape mendapatkan pencahayaan secara cukup

5 Langkah Mudah Merawat Tanaman Aquascape agar Tidak Mudah Rusakilustrasi aquascape (unsplash.com/Huy Phan)

Cahaya dibutuhkan tanaman air untuk berfotosintesis. Untuk itu pastikan akuarium kalian mendapatkan pencahayan yang cukup bisa dari sinar matahari ataupun sinar lampu. 

Selain untuk fotosintesis, cahaya  juga berguna menambah keindahan akuarium kalian. Pencahayaan yang dipilih biasanya berwarna putih atau kuning atau menyesuaikan selera pemilik akuarium.

5. Bersihkan akuarium secara berkala

5 Langkah Mudah Merawat Tanaman Aquascape agar Tidak Mudah Rusakilustrasi membersihkan akuarium secara rutin (hikariusa.com)

Tumbuhan yang indah dan ikan yang cantik tidak akan terlihat bagus jika kaca akuarium keruh, penuh dengan lumut dan kotoran. Agar hal tersebut tidak terjadi lakukan pembersihan akuarium secara rutin tiap satu minggu sekali bersamaan dengan mengganti air.

Kalian bisa menggunakan lap atau alat lain yang bisa membersihkan lumut atau noda yang menempel pada kaca. Kaca yang bersih dan jernih tentu akan membuat akuarium kalian semakin sedap dipandang mata.

Itulah 5 langkah mudah merawat tanaman air pada aquascape yang bisa kalian lakukan secara mandiri. Dengan perawatan yang baik aquascape kalian pasti akan semakin indah untuk dilihat. Selamat mencoba.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Kaktus Layak Jadi Tanaman Hias di Rumah, Praktis!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya