Comscore Tracker

5 Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Solo Hiking, Biar Aman!

Yang mau mencoba solo hiking wajib tahu

Solo hiking atau mendaki gunung sendirian tidak semenakutkan seperti apa yang dibayangkan. Solo hiking menawarkan kemewahan yang tidak didapat ketika mendaki secara berkelompok, seperti kebebasan menyusun rencana perjalanan, waktu lebih fleksibel dan bisa menikmati alam secara lebih intim karena tergolong sepi dan tenang. Namun, solo hiking juga punya risiko yang tinggi karena kita harus menanggung semua kebutuhan secara mandiri termasuk keselamatan diri sendiri.

Akan tetapi, kalian tidak perlu khawatir berlebihan, dengan persiapan yang matang, solo hiking tetap akan menjadi salah satu aktivitas yang menantang dan seru untuk dilakukan. Berikut ini lima persiapan yang bisa kalian lakukan sebelum melakukan solo hiking, apa saja? Simak sampai habis!

1. Lakukan riset atau survei terlebih dahulu terkait gunung yang hendak kalian daki

5 Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Solo Hiking, Biar Aman!ilustrasi solo hiking (unsplash.com/Stephen Leonardi)

Persiapan pertama yang harus kalian lakukan adalah melakukan riset atau survei tentang lokasi atau gunung yang aka kalian daki. Pastikan gunung yang kalian pilih memperbolehkan pendakian secara mandiri, karena ada beberapa gunung yang melarang solo hiking karena alasan keamanan dan keselamatan.

Pengetahuan yang mendalam tentang lokasi yang dituju tentu akan memudahkan kalian ketika hiking. Kalian bisa tahu pos mana saja yang bisa digunakan untuk membangun tenda, mana area berbahaya, atau di mana sumber air berada.

2. Siapkan peralatan yang sesuai kebutuhan dan fisik yang prima

5 Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Solo Hiking, Biar Aman!ilustrasi solo hiking (unsplash.com/Patrick Hendry)

Berikutnya yang tak kalah penting adalah mempersiapkan perlengkapan yang akan dibawa. Karena kalian mendaki secara mandiri pastikan barang yang kalian bawa jangan terlalu banyak, seperlunya saja. Barang terlalu berat tentu akan membuat kalian cepat lelah ketika mendaki. Sebisa mungkin bawa perlengkapan yang ultralight atau berbobot ringan yang tidak memakan banyak ruang.

Selain itu, persiapan fisik juga jangan sampai terlewatkan. Mendaki merupakan aktivitas yang membutuhkan kinerja fisik yang tinggi, maka dari itu perlu persiapan yang matang. Lakukan jogging, fitness atau workout maksimal satu minggu sebelum pendakian.

3. Jangan lupa memberi tahu keluarga atau teman sebelum melakukan pendakian

5 Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Solo Hiking, Biar Aman!ilustrasi solo hiking (unsplash.com/Khamkhor)

Karena mendaki sendirian dan ditambah ketika berada di gunung biasanya sangat susah mendapatkan sinyal. Penting bagi kalian untuk memberikan kabar kepada keluarga  atau teman kalian bahwa kalian akan mendaki secara mandiri.

Hal itu penting apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, keluarga atau teman kalian bisa melakukan tindakan secara tepat dan cepat. Perhatikan hal yang satu ini ya, Bro!

Baca Juga: 5 Tips Memilih Perlengkapan Ultralight Hiking, Jangan Asal Bawa!

4. Siapkan pengetahuan survival dengan baik

5 Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Solo Hiking, Biar Aman!ilustrasi solo hiking (unsplash.com/Tom Wheatley)

Solo hiking sangat tidak dianjurkan untuk seorang pemula pendaki gunung. Karena, aktivitas ini membutuhkan pengetahuan tentang survival atau cara bertahan hidup di alam yang baik.

Nah apabila kalian penasaran dan amat sangat ingin mencoba kalian bisa megikuti training atau pelatihan survival terlebih dahulu. Agar kalian punya bekal yang cukup ketika solo hiking atau berada di hutan sendiran. Jangan malas belajar, ya!

5. Ketahui batas kemampuan diri kalian dan jangan memaksakan apabila fisik sudah lelah

5 Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Solo Hiking, Biar Aman!ilustrasi solo hiking (unsplash.com/Samson Vowles)

Mengerti akan kemampuan tubuh juga penting disiapkan sebelum solo hiking. Karena tak jarang banyak kasus pendaki yang meninggal atau mengalami cedera disebabkan karena mereka tidak paham betul dengan kondisi tubuhnya. Kalian harus tahu alergi apa saja yang kalian punya, punya riwayat penyakit apa saja bahkan sampai waktu yang tepat untuk makan. Hal itu dilakukan agar kalian tetap aman dan selamat saat melakukan solo hiking.

Terakhir, jangan terlalu memaksa tubuh kalian, bila lelah istirahatlah. Jangan sampai tujuan untuk menikmati alam malah menjadi petaka bagi diri kalian sendiri.

Itu tadi beberapa persiapan yang bisa dan harus kalian lakukan sebelum melakukan solo hiking. Puncak gunung bukanlah tujuan, melainkan sampai di rumah dengan selamat itulah tujuan hakiki dari pendakian. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Melakukan Ultralight Hiking

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya