Comscore Tracker

5 Tips Bermain River Tubing untuk Pemula, Seru dan Bikin Ketagihan!

Uji keberanianmu dengan bermain river tubing

Buat kalian yang belum tahu, river tubing merupakan kegiatan mengarungi sungai menggunakan ban atau karet yang biasanya dilakukan di sungai yang arusnya tidak terlalu deras. River tubing menjadi salah satu wahana wisata yang kini tengah menjadi tren di Indonesia dan banyak diminati. Hal itu dikarenakan tubing lebih mudah dan aman bagi wisatawan jika dibandingkan arung jeram yang menuntut ketrampilan dan peralatan yang lebih rumit.

Apabila kalian ingin menikmati aliran singai dan pemandangan dengan lebih mendalam, tubing bisa jadi opsi yang patut kalian coba. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh wisatawan atau yang mau mencoba river tubing agar aman dan menyenangkan.

Supaya gak makin bikin bingung dan penasaran, berikut ini ada lima tips bermain river tubing buat para pemula. Apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini sampai selesai.

1. Pilih lokasi dengan arus yang tidak terlalu deras

5 Tips Bermain River Tubing untuk Pemula, Seru dan Bikin Ketagihan!ilustrasi river tubing (raftthecanyon.com)

Jika dibandingkan dengan arung jeram, lokasi atau sungai yang digunakan untuk river tubing biasanya arusnya tidak terlalu kencang, airnya dangkal dan bebatuannya tidak terlalu banyak. Selain itu penentuan titik berangkat dan berhenti juga perlu diperhatikan agar kalian tidak terlalu lama di tubing.

Namun, apabila kalian ingin yang tidak ribet, silahkan datang ke tempat tubing di berbagai daerah di Indonesia. Karena di sana sudah ada instruktur, lokasi sudah pasti aman, dan peralatan penunjang sudah disediakan.

2. Gunakan peralatan keselamatan dengan benar

5 Tips Bermain River Tubing untuk Pemula, Seru dan Bikin Ketagihan!ilustrasi river tubing (raftthecanyon.com)

Meskipun sifatnya hanya olahraga rekreasi, namun aspek keamanan dan keselamatan tetap harus diperhatikan. Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan seperti ban atau karet, helm, pelampung, dan pelindung siku dan lutut.

Selain itu, usahakan kalian memakai sandal atau sepatu agar kaki kalian tidak luka apabila terkena batu atau dasar sungai. Tak kalah penting pastikan ban atau karet yang kalian gunakan tidak dalam kondisi bocor atau kempes karena akan mempengaruhi kenyaman kalian saat berada di atas air.

3. Gunakan pakaian yang ringan dan usahakan memakai sunblock

5 Tips Bermain River Tubing untuk Pemula, Seru dan Bikin Ketagihan!ilustrasi river tubing (thedenverear.com)

Pakaian juga punya peran penting dalam kenyamanan dan keamanan bermain tubing. Pemilihan bahan pakaian yang terlalu tebal seperti jeans akan membuat beban tubuh bertambah sehingga menyusahkan mengendalikan ban.

Pakaian tebal juga bisa mengakibatkan kulit kalian terkena iritasi saat bermain tubing. Pilihlah pakaian berbahan tipis dan lembut agar tidak berat ketika basah dan menghindarkan kulit dari iritasi.

Baca Juga: 5 Cara Aman Bermain Arung Jeram untuk Pemula, Wajib Coba Sih!

4. Titipkan barang berharga dan pastikan yang dibawa sudah dilapisi bahan anti air

5 Tips Bermain River Tubing untuk Pemula, Seru dan Bikin Ketagihan!ilustrasi river tubing (adventurewestco.com)

Sebelum memulai bermain tubing sebaiknya kalian tidak terlalu banyak barang bawaan. Pastikan barang-barang berharga seperti tas, dompet, dan gawai sudah ditempatkan pada lokasi yang aman.

Semisal kalian berkeinginan membawa gawai, lapisi dengan plastik atau bahan tahan air agar tidak basah atau rusak saat terkena air. Gunakakan tali pengait di leher agar ketika ban terbalik gawai kalian tidak hanyut terbawa arus.

5. Jangan tergesa-gesa, perhatikan medan dengan baik dan ikuti arahan instruktur

5 Tips Bermain River Tubing untuk Pemula, Seru dan Bikin Ketagihan!ilustrasi river tubing (maszaladventure.com)

Saat bermain bermain tubing ketenangan sangat diperlukan, kalian tidak perlu tergesa-gesa untuk sampai ke titik pemberhentian, nikmati laju ban sesuai dengan kecepatan arus sungai. Tegesa-gesa akan membuat keseimbangan terganggu dan bisa mengakibatkan ban terguling.

Selai itu perhatikan betul-betul jalur yang dilalui, apabila ada batu kalian harus berbelok atau ketika mulai berada di tepian sungai harus segera ke tengah. Biasanya di tempat tubing ada instruktur yang mengarahkan sehingga kalian tinggal memperhatikan instruksi dengan baik.

Itulah beberapa tips bermain river tubing bagi pemula. Jika kalian ingin merasakan sensasi rafting atau arus jeram dengan lebih santai, permainan ini patut kalian coba. Ada yang pernah main river tubing?

Baca Juga: 5 Tips Cave Diving Buat Pemula, Butuh Nyali Besar!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya