Comscore Tracker

Jangan Malas Bro! Ini 5 Tips Biar Sukses Work From Home

Harus tetap produktif! #IDNTimesMen

Masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat kembali diperpanjang oleh pemerintah untuk mengatasi angka penyebaran virus Corona yang masih tinggi. 

Itu tandanya kegiatan bekerja dari rumah atau work from home untuk sebagai besar karyawan perusahaan masih diberlakukan. Walaupun mungkin terasa penat, namun kamu tetap harus menjaga ritme bekerja kamu supaya tetap produktif.  

Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang dapat membantu memastikan kamu berhasil, baik dalam menyelesaikan pekerjaan maupun dalam menjaga kesehatan mental selama work from home (wfh). Simak ulasannya!

1. Tetapkan rutinitas 

Jangan Malas Bro! Ini 5 Tips Biar Sukses Work From Homeilustrasi rutinitas (pixabay.com/Gerd Altmann)

Jika bekerja dari rumah akan menjadi hal sehari-hari yang dilakukan, maka sama saja seperti hari yang terstruktur di lingkungan kantor, belajarlah untuk menyusun hari kamu dengan cara yang sama di rumah.

Tetapkan jam untuk diri sendiri dan jadwalkan tugas sehingga kamu memiliki arahan sepanjang hari. Buat jadwal dan patuhi itu setiap hari. Pastikan untuk memasukkan waktu makan siang dan juga waktu istirahat untuk menyegarkan dan mengisi ulang tenaga.

2. Pisahkan pekerjaan dari urusan rumah 

Jangan Malas Bro! Ini 5 Tips Biar Sukses Work From Homeilustrasi urusan rumah tangga (pixabay.com/Daniel Reche )

Salah satu bagian yang paling menantang tentang bekerja di rumah adalah memisahkan kehidupan kerja kamu dari kehidupan rumah. Untuk menghindari ketimpangan antara keduanya, tetap berpegang pada jam yang telah kamu tetapkan untuk diri sendiri dan ketika kamu berada di luar jam tersebut.

Menciptakan ruang terpisah untuk bekerja, seperti kantor di rumah, dapat meningkatkan produktivitas kamu secara signifikan. Hanya karena bekerja dari rumah tidak berarti bahwa pekerjaan adalah seluruh hidup kamu.

3. Keluar rumah refreshing 

Jangan Malas Bro! Ini 5 Tips Biar Sukses Work From Homeilustrasi jalan kaki (pixabay.com/Daniel Reche)

Kamu tidak bekerja di kantor perusahaan, bukan berarti kamu terjebak di satu tempat. Pada hari-hari di mana kamu merasa gila atau tidak termotivasi, pindah tempat dan atau atur ruang kantor di rumah adalah ide bagus.

Bila dibolehkan keluar, bekerja di lokasi lain dapat mencegah kamu mengalami hari yang tidak produktif dan merasa gelisah di rumah. Bahkan jika selama satu jam atau lebih, keluar dari rumah dapat membantu mendapatkan kembali fokus kamu dalam suasana baru.

Baca Juga: 9 Prinsip Hidup Sukses yang Harus Kamu Pegang dan Lakukan, Bro!

4. Tetap terhubung dengan teman dan rekan kerja 

Jangan Malas Bro! Ini 5 Tips Biar Sukses Work From Homeilustrasi berkomunikasi (pixabay.com/Jan Vašek)

Bekerja di rumah bisa membuat kamu merasa kesepian dan terisolasi. Untuk menghindari perasaan terputus dan bosan, jadwalkan pertemuan dengan teman atau klien di luar rumah kamu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat tentunya. Bahkan pergi ke kedai kopi bisa mencegah kamu merasa terputus dari dunia kerja. Tentunya itu kalau sudah dibolehkan, ya!

5. Kenali gangguan 

Jangan Malas Bro! Ini 5 Tips Biar Sukses Work From Homeilustrasi jangan diganggu (pixabay.com/Gerd Altmann)

Bekerja di rumah biasanya akan memberikan lebih banyak gangguan daripada lingkungan kantor. Dari anak-anak hingga panggilan telepon, hari-hari kamu dapat terganggu lebih sering daripada yang kamu inginkan.

Sangat mudah untuk merasa frustrasi karena hari kamu tidak berjalan seperti yang direncanakan. Kenali gangguan dan luangkan waktu yang kamu butuhkan untuk berkumpul kembali dan kembali bekerja. Bolak-balik dari kehidupan ke pekerjaan berulang-ulang dapat menjadi melelahkan dan mengurangi kualitas pekerjaan.

Itu tadi tips mudah biar kamu tetap produktif bekerja dari rumah. Yang patut diingat, masing-masing orang punya caranya sendiri, jadi bisa kamu kombinasikan dengan caramu juga. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Jurus Jitu Beradaptasi di Tempat Kerja Baru, Biar Gak Kaku Bro! 

Harry Prasetyo Photo Writer Harry Prasetyo

Carpe diem, baby!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya