Comscore Tracker

5 Tips Kelola Keuangan Buat Pria yang Gajinya Pas-pasan, Anti Ngeluh!

Jangan mengeluh, yang penting cermat! #IDNTimesMesn

Kebutuhan hidup yang semakin tinggi membuat semua orang harus semakin selektif dalam memilih mana kebutuhan yang harus dipenuhi dan mana yang hanya keinginan semata. Apalagi bila kamu adalah pria pekerja yang masih memiliki gaji pas-pasan untuk digunakan membeli kebutuhan selama sebulan penuh. Maka salah satu jalannya kamu harus bijak dalam menggunakan uang gaji kamu.

Gaya hidupmu harus teratur dan terarah agar tidak terjadi pemborosan pengeluaran yang tidak penting untuk terlihat mewah. Produktivitas harus kamu tingkatkan dan jam terbang kamu harus lebih lama untuk mencapai hidup yang kamu inginkan.

Buat kamu yang masih merasa gaji yang diterima pas-pasan untuk digunakan selama sebulan penuh, tips mengelola keuangan ini mungkin akan membantu kamu supaya lebih bijak dalam memakai uang yang kamu dapatkan. Penasaran? Simak pembahasanya sampai bawah!

1. Pisahkan kebutuhan primer dan sekunder

5 Tips Kelola Keuangan Buat Pria yang Gajinya Pas-pasan, Anti Ngeluh!Ilustrasi mengelola keuangan (pexels.com/EVG Culture)

Meski gajimu tak terlalu besar namun kamu harus memisahkan kebutuhan utama dan kebutuhan yang lainnya untuk mencegah hal yang tak diinginkan. Semua butuh proses untuk bertahan dalam kehidupan yang mungkin dirasa sulit.

Buatlah catatan dan bikin dua rekening untuk memisahkan kebutuhan kamu sesuai dengan penghasilanmu. Hal ini memungkinkan akan efektif  agar kamu tidak membuang uang untuk barang yang tidak perlu dan menghemat keuangan kamu lebih baik.

2. Batasi pengeluaran

5 Tips Kelola Keuangan Buat Pria yang Gajinya Pas-pasan, Anti Ngeluh!Ilustrasi mengelola keuangan (pexels.com/Miguel Á. Padriñán)

Kebutuhan setiap bulan yang semakin tinggi tak harus membuatmu kewalahan. Kamu harus membatasi keinginanmu untuk membeli berbagai macama barang yang tak sebenarnya kamu butuhkan.

Catat dan rangkum setiap pengeluaranmu setiap bulan lalu akumulasikan catatanmu setiap tahun. Sederhana, namun ini akan menentukan dirimu agar lebih konsisten dalam mengelola keuangan dan tentunya kebiasaan kamu.

3. Cari pemasukan lain

5 Tips Kelola Keuangan Buat Pria yang Gajinya Pas-pasan, Anti Ngeluh!Ilustrasi mengelola keuangan (pexels.com/Kaboompics .com)

Di sisi lain, kamu harus memiliki pemasukan tambahan untuk menunjang kebutuhanmu. Kamu dapat membantu teman atau mengerjakan proyek sebagai freelancer, atau jenis pekerjaan lain yang akan membantumu untuk mencari pemasukan lebih. 

Waktu dan tenagamu harus terkuras lebih, namun kamu akan mendapatkan hasil yang lebih baik jika konsisten dalam prinsipmu untuk terus mengembangkan skill dan potensi yang ada. Ingat, kerja keras tidak akan mengkhianati hasil.

Baca Juga: Duit Cepat Habis? Jangan Lakukan 5 Hal Ini agar Keuanganmu Bisa Stabil

4. Produktif dalam memilih kebutuhan

5 Tips Kelola Keuangan Buat Pria yang Gajinya Pas-pasan, Anti Ngeluh!Ilustrasi mengelola keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Meski saat ini kamu dapat membeli semua barang yang kamu butuhkan, bukan berarti itu hal yang efektif. Tindakan seperti ini merupakan pemborosan yang berujung menguras kantong untuk hal yang tak sebenarnya kamu butuhkan.

Pikirkan secara matang kebutuhan utama kamu untuk kamu dahulukan agar tak menyesal. Karena, dirimu perlu belajar dari kesalahan kemarin untuk tak membuang waktu demi gaya hidup yang menjadi standar orang lain.

5. Tentukan target sesuai kemampuan

5 Tips Kelola Keuangan Buat Pria yang Gajinya Pas-pasan, Anti Ngeluh!Ilustrasi mengelola keuangan (pexels.com/Kevish Hurree)

Mengejar ketertinggalanmu dengan berusaha berkali-kali lipat dan berprinsip kuat akan membuatmu lebih tenang menghadapi masalah finansial. Walaupun kebutuhan semakin meningkat, kamu hanya perlu mengubah strategi kamu dalam mencari pemasukan dan membatasi pengeluaran yang tak perlu.

Sederhana namun tak semua orang dapat melakukannya, untuk itu kamu harus lebih cerdas dan konsisten dalam memahami prinsip hidup agar semua terkelola dengan baik. Karena keuangan merupakan hal yang krusial bagi kehidupan jika kamu mengabaikannya begitu saja.

Berkarier dari usia muda akan membuatmu lebih siap menghadapi masalah apa pun. Gunakan waktumu sebaik mungkin untuk mencoba hal-hal yang berbeda dan menjadikanmu berkembang sehingga mudah bagi dirimu untuk menikmati hari tua tanpa beban finansial.

Baca Juga: Untuk Pebisnis Online Pemula, Terapkan 5 Hal Ini Agar Usahamu Sukses

Noer Suhasbi Photo Verified Writer Noer Suhasbi

Sedang mengetik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya