Comscore Tracker

5 Cara Atasi Perasaanmu yang Gak Menyukai Teman dari Pasangan 

Meski bukan masalah besar, tapi tetap harus diatasi

Kadang kala suka dan merasa nyaman dengan teman pasangan bukanlah hal yang mudah. Ya, kamu mungkin sudah lama menjalin hubungan dengan pasanganmu, tapi untuk bisa akrab dengan mereka itu tidak mudah. Ada kalanya kamu kurang menyukai sikap, tindakan, dan gestur tubuhnya terhadapmu, atau masalah bisa juga karena lain.

Ini sebenarnya bukan masalah besar, tapi jika pasanganmu akrab dengan mereka dan sering mengajakmu untuk berkumpul bersama, tentu ini tidak akan membuatmu nyaman. Bahkan, mungkin juga kamu akan merasa tertekan karena dipaksa untuk akrab. Untuk mengatasi hal-hal tidak enak di kemudian hari, sebaiknya cobalah lakukan beberapa cara di bawah ini.

1. Bicarakan perasaanmu dengan pasangan

5 Cara Atasi Perasaanmu yang Gak Menyukai Teman dari Pasangan Ilustrasi hubungan (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Langkah pertama dan tidak boleh kamu skip adalah membicarakan hal ini bersama dengan pasangan. Pasanganmu perlu tahu tentang masalah yang kamu hadapi ini, terlebih ini menyangkut teman-temannya.

Ketika dia tahu apa yang selama ini membuatmu sulit akrab dengan teman-temannya, maka dia akan mencari solusi yang terbaik untuk kalian. Dia juga dapat memahami apa yang kamu rasakan jika kamu mampu mengkomunikasikannya dengan jelas tanpa menyudutkannya dan temannya.

2. Tetapkan batasan dengan mereka 

5 Cara Atasi Perasaanmu yang Gak Menyukai Teman dari Pasangan ilustrasi pertemanan (unsplash.com/Toa Heftiba)

Jika bertemu dan bergabung dalam pertemanan pasangan menjadi hal yang berat bagimu, maka tetapkanlah batasan. Bicarakan dengan pasangan seberapa sering kamu ingin bertemu dengan mereka, dan pasangan harus bersikap seperti apa saat kamu merasa tidak nyaman.

Dengan melakukan cara ini, kamu tidak akan lagi merasa tertekan dan memaksakan diri untuk bertemu dan menjalin komunikasi dengan mereka. Kamu hanya perlu terbuka dengan pasangan dan mematuhi batasannya.

3. Coba untuk mengenal mereka lebih dalam 

5 Cara Atasi Perasaanmu yang Gak Menyukai Teman dari Pasangan ilustrasi pertemuan (pexels.com/cottonbro)

Cara ini mungkin terdengar rumit, tapi sangat layak untuk dicoba. Cobalah untuk terlibat dalam percakapan dengan mereka dan kenali minat mereka. Kamu mungkin tidak akan menjadi teman baik, tetapi setidaknya kamu akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang siapa mereka.

Jika kamu dapat menemukan kesamaan dengan teman-teman mereka, maka itu akan membuat situasinya menjadi lebih mudah. Misalnya, kamu mungkin menyukai hobi, film, atau makanan yang sama dengan mereka. Apa pun itu, cobalah untuk terhubung dengan teman-teman pasangan pada tingkat tertentu sehingga itu bukan hanya asosiasi yang tidak nyaman.

Baca Juga: 5 Sikap Pria yang Selama Ini Disukai Perempuan, Kamu Wajib Tahu!

4. Tidak perlu ikut akrab dengan mereka 

5 Cara Atasi Perasaanmu yang Gak Menyukai Teman dari Pasangan ilustrasi bertemu teman (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Teman-teman pasangan mungkin memiliki peran penting sendiri dalam hidupnya, dan dia tidak akan meninggalkan mereka begitu saja hanya karena kamu tidak menyukainya. Jadi, cobalah untuk menghormati dan memahami itu jika situasinya memang begitu adanya.

Jika kamu memang tidak menyukai mereka dan tidak ingin bertemu dengan mereka, maka lakukanlah. Tidak perlu terlalu ribet dengan urusan ini karena kamu juga bukan anak kecil. Tidak ada gunanya merusak hubunganmu karena sesuatu yang tidak akan berubah. Yang penting adalah kamu dan dia memiliki hubungan yang kuat dan saling mencintai.

5. Temukan temanmu sendiri 

5 Cara Atasi Perasaanmu yang Gak Menyukai Teman dari Pasangan ilustrasi berbincang bersama (pexels.com/cottonbro)

Jika semua ini terlalu berat untukmu dan kamu sedang berjuang untuk menghadapi situasi tersebut, sangat penting untuk menemukan seseorang yang dapat mendukungmu. Memiliki seorang, atau beberapa teman yang akrab denganmu dan kamu nyaman dengan mereka dapat membuatmu merasa lebih tenang tanpa banyak memikirkan tentang masalahmu.

Habiskanlah waktu bersama teman-temanmu, lakukan hal-hal yang membuatmu bahagia, dan jangan terlalu fokus pada pasangan dan teman-temannya. Memiliki keseimbangan dalam hidupmu akan membantumu menjaga perspektif dan tidak terlalu sibuk terlena dalam masalahmu.

Cara-cara di atas memang tidak mudah dilakukan, tapi kalau kamu ingin permasalahan selesai, maka pilihannya adalah mencoba. Jika sama sekali tidak berhasil dengan segala usaha yang kamu lakukan, maka kini saatnya kamu harus mempertimbangkan hubunganmu dengannya. Ketika kamu merasa tertekan dan pasangan juga bingung harus melakukan apa, maka hentikan hubungan ini demi ketenangan batinmu.

Baca Juga: 5 Hal yang Dapat Menguatkan Chemistry dengan Pasangan, Catat!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya