Comscore Tracker

5 Cara Hadapi Pasangan yang Gak Ada Empati, Efektif Bisa Mengubahnya! 

Segera lakukan dan lihat perubahannya

Menjalin hubungan dengan seseorang yang kurang memiliki rasa empati adalah hal yang sulit sekali. Terlebih bila memang kamu adalah orang yang sensitif dan peduli. Berempati berarti mampu memahami dan merasakan yang orang lain rasakan, meskipun kita sendiri gak mengalaminya secara langsung. Rasa empati penting dimiliki dalam hubungan bila kamu dan dia ingin melanggengkan hubungan ini.

Untuk dapat mengubahnya, kamu bisa melakukan cara-cara di bawah ini. Penasaran seperti apa? So, let’s keep scrolling!

1. Jangan gampang emosi atas sikapnya ini 

5 Cara Hadapi Pasangan yang Gak Ada Empati, Efektif Bisa Mengubahnya! ilustrasi hubungan (pexels.com/Any Lane)

Pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan mudah marah dengan apa yang dilakukannya. Sikapi sikapnya dengan santai agar kamu pun bisa lebih tenang menjalin hubungan ini.

Ingatlah, jika memang dia gak punya rasa empati, itu bukan serta merta karena salahmu. Kontrol emosimu agak gak menimbulkan banyak masalah. Dalam hal ini, mungkin akan berat dilalui di awal, tapi kamu harus melakukannya demi kebaikan hubungan.

2. Jangan memberikan kode jika kamu punya keinginan 

5 Cara Hadapi Pasangan yang Gak Ada Empati, Efektif Bisa Mengubahnya! illustrasi pasangan (pexels.com/Jonathan Borba

Kamu sudah tahu dari awal jika memang dia gak punya empati, entah padamu atau orang lain. Jadi, sudah jelas apa yang harus kamu tanamkan dalam diri sendiri. Yup, kamu harus selalu dapat mengutarakan keinginanmu dengan jelas.

Hindari memberikan kode untuk membuatmu peka dan mengerti apa yang kamu inginkan karena itu percuma saja. Dia gak akan mengerti apa yang kamu inginkan karena dia hanya melihat, bukan memahami. Baiknya, kamu terbuka dengan mengatakan apa yang kamu ingin secara langsung padanya.

Baca Juga: 5 Senyuman yang Bisa Memberi Semangat Cowok untuk Terus Bekerja

3. Bicaralah tentang fakta, bukan hanya mengandalkan perasaanmu 

5 Cara Hadapi Pasangan yang Gak Ada Empati, Efektif Bisa Mengubahnya! ilustrasi hubungan asmara (pexels.com/August de Richelieu)

Jika kamu ada masalah dengannya, atau hal lain yang berkaitan dengan hubungan kalian, maka bicarakan. Poin yang perlu diingat dalam hal ini adalah alih-alih membicarakan kondisi perasaanmu, lebih baik bicarakan fakta hubungan yang ada.

Jika ada yang gak beres dan dapat menimbulkan masalah, jelaskan dengan sejelas-jelasnya padanya. Katakan untuk sama-sama menjalin hubungan ini dengan lebih baik lagi. Sikapmu dalam berbicara harus netral. Jangan memojokkannya karena itu akan menimbulkan pertengkaran dan obrolan kalian akan percuma.

4. Lakukan tindakan penuh kasih untuk diri sendiri 

5 Cara Hadapi Pasangan yang Gak Ada Empati, Efektif Bisa Mengubahnya! ilustrasi pria tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu harus tahu bahwa selalu berharap lebih padanya hanya akan menimbulkan luka. Dari pada seperti itu, mulai sekarang lakukan tindakan untuk menyenangkan dirimu sendiri dengan penuh rasa cinta dan kasih.

Caranya adalah dengan makan sehat, istirahat cukup, kejar impianmu, perbaiki dirimu, dan kembangkan kehidupan spiritual. Ketika kamu peduli dan mencintai dirimu sendiri, maka akan mudah bagimu untuk menawarkan kebaikan dengan mencerminkan bagaimana sikap empatimu padanya.

5. Ajak dia untuk berdiskusi dengan orang lain 

5 Cara Hadapi Pasangan yang Gak Ada Empati, Efektif Bisa Mengubahnya! ilustrasi berbincang (pexels.com/Kampus Productions)

Semua hal yang kamu sarankan melalui komunikasi dan tindakan mungkin sebagian besar gak akan berpengaruh. Oleh karenanya, cobalah cara terakhir melakukannya, yakni dengan mengajaknya berdiskusi dengan orang lain. Orang tersebut bisaa kerabat, sahabat, atau pun saudara yang dekat dengannya.

Ketika dia bertemu dan berdiskusi selain denganmu, bisa jadi dia akan lebih paham saran dari orang lain. Sebelumnya, pastikan dulu pasangan setuju untuk melakukannya agar dia gak tersinggung.

Ada banyak alasan mengapa pasanganmu kurang memiliki empati. Berurusan dengannya memang gak mudah dan mungkin membuatmu merasa frustrasi dan kecewa. Saat kamu mencoba memandu dan menyelamatkan hubungan ini, cobalah lakukan lima cara di atas untuk membuat perubahan.  Hasilnya memang gak instan, tapi efektif untuk mengubahnya menjadi lebih memahamimu.

Baca Juga: 5 Masalah yang Tak Mudah Cowok Ceritakan pada Orang Lain

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya