Comscore Tracker

8 Tips Kencan Pertama untuk Pria Biar Sukses dan Berkesan

Jangan sampai gagal! #IDNTimesMen

Kencan pertama akan selalu membuat pria berdebar-debar, sesuatu yang pertama kali memang begitu adanya. Tidak jarang beberapa pria membuat kesalahan ketika memulai kencan pertamanya.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa "kamu tidak pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama yang baik". Dengan mengingat hal tersebut, sangat penting untuk sepenuhnya siap dalam kencan pertama kamu, sehingga memberi kesan yang luar biasa.

Berikut adalah 8 tips agar kencan pertama sukses dan berkesan yang akan membuat hubunganmu bertahan lama. Tolong diperhatikan, Bro!

1. Penuh percaya diri

8 Tips Kencan Pertama untuk Pria Biar Sukses dan Berkesanilustrasi percaya diri (unsplash.com/Yogendra Singh)

Percaya diri mungkin modal utama dari kencan pertama, tanpa kepercayaan diri segala rencana kencan yang diatur sedemikan rupa bisa berantakan, karena kamu gugup kemudian melakukan kesalahan. Yakinkan pada diri sendiri, bahwa kamu akan memiliki kencan yang baik dan membuat kesan yang baik. 

2. Berpenampilan rapi, wangi dan sesuaikan kondisi

8 Tips Kencan Pertama untuk Pria Biar Sukses dan Berkesanilustrasi penampilan (unsplash.com/Tyler Nix)

Berpakaianlah dengan tepat untuk kencan yang akan kamu lakukan, dan memberi tahu pasanganmu terlebih dahulu perihal tempat yang akan dituju, sehingga pasanganmu juga bisa berpakaian dengan tepat. Pastikan sepatu kamu bersih. Jangan lupa mandi dengan bersih, memakai sampo dan mencukur rambut-rambut yang berantakan.

Jangan lupa juga semprotkan parfum untuk menambahkan aroma harum. Sekarang kamu sudah siap untuk berkencan. Go!

3. Pilih lokasi yang tepat

8 Tips Kencan Pertama untuk Pria Biar Sukses dan Berkesanilustrasi tempat kencan pertama (unsplash/com/Jordan Arnold)

Jangan pergi ke bioskop pada kencan pertama! Bagaimana kamu bisa saling mengenal jika menghabiskan sebagian besar waktu dalam keheningan atau kebisingan? Ajak pasanganmu untuk makan malam. Bawa pasanganmu ke suatu tempat yang kamu rasa nyaman dan terjangkau.

Kamu tentu tidak ingin gugup dalam kencan pertama karena terjebak dengan tagihan yang tidak bisa kamu bayarkan. Jika bujet menjadi masalah besar, kamu bisa coba mengatur kencan pertama di tempat umum, seperti taman atau bahkan di rumah.

Kamu tidak perlu terlalu berlebihan dengan kencan pertama. Tetap sederhana dan sesuaikan dengan kemampuan, apalagi sampai hutang.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Ada Cowok Tertarik dengan Cewek yang Lebih Tua

4. Buat pasanganmu terkesan dengan sikapmu

8 Tips Kencan Pertama untuk Pria Biar Sukses dan Berkesanilustrasi mencoba menjadi keren (pxhere.com/free-photos)

Ketika kamu menjemput pasanganmu dengan mobil, keluarlah dan bukakan pintu untuknya. Lakukan hal yang sama ketika kamu sudah sampai di tujuan. Jika kamu mengendarai sepeda motor bawakan helm untuknya, bersihkan dulu sebelum berangkat. Jika kamu berjalan kaki atau naik kendaraan umum, pastikan berjalan di sisi yang dekat jalan raya, perhatikan keamanan langkahnya. Dan ingat, jangan terlambat!

5. Bicarakan hal-hal yang ringan dan jangan berfokus pada diri sendiri

8 Tips Kencan Pertama untuk Pria Biar Sukses dan Berkesanilustrasi ngobrol (unsplash.com/Charles Deluvio)

Ketika mengobrol, jangan fokus pada diri sendiri. Ajukan pertanyaan pada pasanganmu, tanyakan tentang dirinya. Dengarkan balasannya dan jangan mencari celah untuk mulai mendiskusikan tentang dirimu sendiri. Jangan berbicara tentang pekerjaanmu selama lebih dari beberapa menit, boleh membicarakan pekerjaan, tapi sebentar saja. Pekerjaan kamu mungkin menarik untuk dirimu sendiri, namun belum tentu menarik bagi orang lain.

Pastikan untuk memuji pasanganmu, tetapi jangan berlebihan. Jangan pernah membicarakan kencan yang sudah kamu lakukan dengan orang lain atau mantan pacar mu!

6. Menghormati pasangan dan menjaganya

8 Tips Kencan Pertama untuk Pria Biar Sukses dan Berkesanilustrasi menjaga (pxhere.com/free-photos)

Dalam kencan kamu tidak boleh mengharapkan imbalan apa pun. Kencan adalah cara untuk mengenal seseorang dan mengukur kecocokan satu sama lain. Artinya kamu tidak boleh mencoba membuat pasanganmu mabuk, dan berbagai hal tidak terhormat lainnya. Menghormati privasinya dan menjaganya merupakan hal yang harus kamu lakukan, bukan hanya dalam kencan pertama melainkan pada kencan setelahnya.

7. Kamu harus membayar tagihan

8 Tips Kencan Pertama untuk Pria Biar Sukses dan Berkesanilustrasi membayar tagihan (unsplash.com/Artem Beliaikin)

Untuk kencan pertama kamu harus membayar untuk semua tagihan yang ada. Jangan biarkan pasanganmu membayar atau bahkan kamu mengajak berdiskusi soal membagi tagihan. Jika pasanganmu lebih dulu menyarankan untuk membayar sebagian dari tagihan, jangan terima tawaran itu! Kamu akan terlihat bijaksana pada saat itu, dan pasanganmu terkesan.

8. Perhatikan waktu, jangan biarkan kencan berlangsung terlalu lama

8 Tips Kencan Pertama untuk Pria Biar Sukses dan Berkesanilustrasi waktu (unsplash.com/Aron Visual)

Jangan biarkan kencan berlangsung terlalu lama. Karena semakin lama kamu bisa saja kekurangan obrolan, dan mungkin mulai membicarakan hal yang tidak perlu. Semakin lama fokus akan semakin berkurang, dan bisa saja sampai pada titik kejenuhan sehingga bisa saja terjadi salah paham dalam komunikasi.

Pastikan kamu memerhatikan waktu untuk mengakhiri kencanmu. Memerhatikan waktu juga berarti kamu tidak boleh merencanakan kencan terlalu jauh dari rumah. Karena terkadang perjalanan dapat merusak banyak hal. Jika kamu meminta izin pada orangtua pasanganmu, pastikan kembali tepat waktu sesuai izin yang berlaku.

Jika akhirnya kamu menikmati waktu kencan dengan pasanganmu dan begitu juga sebaliknya, selamat kamu telah melalui kencan pertama dengan baik. Semoga berhasil pada kencan selanjutnya.

Baca Juga: 5 Zodiak Cowok yang Menjaga Hubungan Baik dengan Mantan, Bakal CLBK? 

Rae Madras Rin Photo Writer Rae Madras Rin

Menulis beragam tentang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya