Comscore Tracker

5 Tips Supaya Hubungan Tetap Harmonis Walaupun LDR, Langgeng Terus!  

Salah satunya membangun kepercayaan 

Hubungan jarak jauh atau LDR (long distance relationship) memanglah tidak mudah, apalagi bagi kamu yang baru saja menjalani suatu hubungan. Terpisah secara jarak sering kali membuat hati was-was atau bahkan tak tenang.

Namun, jangan jadikan kekhawatiranmu tersebut malah membuat hubungan merenggang. Berikut ini adalah beberapa tips supaya hubungan LDR kamu berjalan harmonis dan tetap langgeng.

1. Saling percaya

5 Tips Supaya Hubungan Tetap Harmonis Walaupun LDR, Langgeng Terus!  ilustrasi kata kepercayaan (unsplash.com/Alex Shute)

Kepercayaan menjadi salah satu hal yang terpenting dari sebuah hubungan, baik saat kamu sedang menjalani hubungan jarak dekat maupun jarak jauh. Bagi kamu yang sedang berada disituasi LDR, maka kamu dan pasangan sangat memerlukan rasa saling percaya yang besar.

Kamu bisa menanamkan rasa percaya dalam diri bahwa pasangan kamu setia di sana. Tak hanya pada pasangan, kamu juga harus merasa percaya pada dirimu sendiri, bahwa kamu pantas dicintai dan layak dipertahankan.

2. Jujur 

5 Tips Supaya Hubungan Tetap Harmonis Walaupun LDR, Langgeng Terus!  ilustrasi pasangan romantis (unsplash.com/Daniel J. Schwarz)

Tak hanya saling percaya, kejujuran juga bisa mengantarkanmu dan pasangan untuk hubungan yang harmonis dan langgeng. Misalnya saja saat ada yang mendekatimu atau bahkan saat kamu sedang dekat dengan lawan jenis.

Hal ini bisa jadi dapat menimbulkan pertengkaran kecil di antara kalian. Namun masalah akan bertambah besar bila kamu lebih memilih tidak jujur dengan pasangan.

3. Rutin berkomunikasi

5 Tips Supaya Hubungan Tetap Harmonis Walaupun LDR, Langgeng Terus!  ilustrasi pasangan romantis (unsplash.com/Allef Vinicius)

Walaupun jarak kalian jauh, namun hal tersebut bukanlah menjadi alasan untuk tenggelam dalam kesibukan kalian masing-masing. Kamu harus menyempatkan waktumu untuk rutin berkomunikasi dengan pasangan.

Komunikasi adalah fondasi dari sebuah hubungan. Bila kamu tak melakukannya secara rutin dengan pasangan, maka lama-lama akan timbul berbagai masalah. Seperti terjadi perselingkuhan, kesalahpahaman, dan yang terparah perpisahan.

Baca Juga: 5 Tips Optimis Jalani LDR, Rencanakan Hubungan dengan Matang!

4. Merayakan setiap momen

5 Tips Supaya Hubungan Tetap Harmonis Walaupun LDR, Langgeng Terus!  ilustrasi pasangan romantis (unsplash.com/Vows on the Move)

Saat kamu atau pasangan sukses mencapai suatu hal atau mendapat penilaian yang memuaskan untuk sebuah tugas, maka rayakanlah. Kamu bisa mengucapkan selamat secara langsung melalui video call.

Bila kamu tak bisa secara langsung bicara pada saat itu, maka kamu dapat membuat video romantis yang berisi tentang betapa bangganya dan bahagianya kamu. Namun, kamu tetap harus mengusahakan untuk mengucapkannya secara langsung saat kalian bicara nanti.

Tak hanya itu, kamu bisa pula merayakan hari-hari bahagia lainnya. Seperti hari jadi atau hari ulang tahun dengan saling mengucapkan selamat dan mengirimkan hadiah atau barang yang disukai.

5. Jangan mudah baper 

5 Tips Supaya Hubungan Tetap Harmonis Walaupun LDR, Langgeng Terus!  ilustrasi pasangan romantis (unsplash.com/Toa Heftiba)

Saat pasangan tidak mengangkat teleponmu atau terlambat membalas pesanmu, maka sebaiknya kamu menghindari sifat baper. Apalagi langsung mencurigai atau menuduhnya selingkuh atau macam-macam di sana.

Kamu perlu menanamkan pada pikiran hal-hal yang positif, mungkin ia sedang sibuk sehingga masih belum sempat membalasmu. Hal tersebut tak hanya baik untuk hubunganmu, namun juga baik untuk dirimu sendiri. Hatimu akan merasa lebih tenang dan kamu akan lebih bahagia saat pikiran negarif tak bermunculan.

Beberpaa tips di atas bisa kamu terapkan saat menjalani hubungan jarak jauh. Hubungan dijamin tetap harmonis, lho!

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Mudah Tertarik dengan Cewek Introver, Buruan PDKT!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya