Comscore Tracker

6 Kerugian Jadi Cowok yang Suka Memanfaatkan Orang Lain, Hindari Bro!

Memanfaatkan orang lain justru banyak dampak buruknya

Kebiasaan memanfaatkan orang lain terkadang sering dilakukan bagi sebagian orang karena sisi keegoisan mereka termasuk oleh cowok dengan sifat malas dalam dirinya. Tidak jarang kebiasaan tersebut dilakukan secara terencana demi suatu kepuasan tersendiri.

Ketika kita sering memanfaatkan orang lain, sering kali bisa menimbulkan banyak kerugian. Tidak hanya untuk orang tersebut, akan tetapi juga untuk diri kita sendiri. Yuk, coba cek enam kerugiannya di bawah ini. Simak penjelasannya!

1. Orang lain bisa tahu kelemahanmu  

6 Kerugian Jadi Cowok yang Suka Memanfaatkan Orang Lain, Hindari Bro!ilustrasi pria (pexels.com/helenalopez)

Kerugian yang pertama ketika kamu sering memanfaatkan orang lain adalah orang tersebut bisa mengetahui kelemahan yang kamu miliki. Misalnya saja ketika kamu memanfaatkan seorang temanmu yang pintar di kelas untuk mengerjakan semua tugas secara terus menerus.

Lama kelamaan pasti temanmu tersebut akan mengetahui salah satu kelemahanmu yang sebenarnya tidak pandai dalam pelajaran. Bahaya jika sudah begini bro, bisa saja mereka berbalik memanfaatkan kelemahan kamu nantinya.

2. Seiring berjalannya waktu akan banyak orang yang membencimu  

6 Kerugian Jadi Cowok yang Suka Memanfaatkan Orang Lain, Hindari Bro!ilustrasi pusing (pexels.com/kellylacy

Jika kamu punya kebiasaan sering memanfaatkan orang lain, sebaiknya hindari dari sekarang. Mengapa demikian? Karena jika tidak hal tersebut akan membuatmu ditinggalkan secara perlahan oleh orang-orang di sekitarmu.

Siapa sih orang yang mau dimanfaatkan? Pasti tidak ada satu pun yang mau. Hindari segera atau bisa saja kamu semakin jauh dari orang-orang terdekatmu atau bahkan pasangan hidupmu.

3. Menjadi orang yang selalu bergantung pada orang lain   

6 Kerugian Jadi Cowok yang Suka Memanfaatkan Orang Lain, Hindari Bro!ilustrasi bicara (pexels.com/martproduction)

Sering memanfaatkan orang lain akan membuat diri kita menjadi orang yang selalu bergantung pada orang lain. Hal semacam ini dikarenakan, kamu terbiasa hanya menunggu hasil yang orang lain kerjakan tanpa adanya usaha yang kamu lakukan.

Bisa jadi kamu bahkan tidak tahu prosesnya sama sekali. Sebaiknya hindari segera, karena bergantung pada orang lain sering kali akan membuatmu tidak punya kualitas kemampuan diri yang baik.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Jadi Cowok yang Gak Punya Kepercayaan Diri, Hindari!

4. Sering kali gelisah dan cemas   

6 Kerugian Jadi Cowok yang Suka Memanfaatkan Orang Lain, Hindari Bro!ilustrasi sedih (pexels.com/inzmamkhan)

Sering memanfaatkan orang lain bukan berarti selalu bisa membuatmu senang, terkadang bisa membuatmu gelisah dan cemas. Gelisah dan cemas akan kemungkinan buruk jika orang tersebut mengetahui kita memanfaatkannya.

Gelisah dan cemas akan hasil yang tidak sesuai harapan kita dan masih banyak lagi yang lainnya. Perasaan tersebut sering kali justru merugikan kita karena ketika dibiarkan terus menerus bisa mengakibatkan stres.

5. Jauh dari kata percaya diri 

6 Kerugian Jadi Cowok yang Suka Memanfaatkan Orang Lain, Hindari Bro!ilustrasi pria (pexels.com/burst)

Seorang yang sering memanfaatkan orang lain biasanya ia akan menjadi seorang yang jauh dari kata percaya diri. Hal ini karena sifatnya yang acap kali bergantung pada orang lain. Misalnya saja ketika kamu memanfaatkan orang lain sebagai pelarian ketika baru saja putus dengan kekasihmu.

Bisa saja akan timbul rasa tidak percaya diri akan kemampuanmu untuk bisa move on dari mantan pacar kamu dulu. Pelarian bukan cara terbaik untuk move on, hal tersebut hanya dilakukan oleh seorang yang ragu akan kemampuannya ketika ingin move on.

6. Tidak bisa mengukur kemampuan diri sendiri   

6 Kerugian Jadi Cowok yang Suka Memanfaatkan Orang Lain, Hindari Bro!ilustrasi pria (pexels.com/minan)

Kerugian lain ketika kita sering memanfaatkan orang lain ialah kita tidak bisa mengukur kemampuan diri kita sendiri. Hal semacam ini karena sering kali kita hanya menunggu hasil dari orang lain tanpa melewati proses yang dapat memberikan kita banyak pelajaran.
Kita menjadi tidak tahu seberapa besar kemampuan kita dalam menyelesaikan sesuatu. Sebaiknya pikirkan kembali jika kamu ingin memanfaatkan orang lain.

Banyak kerugian yang kamu dapat ketika kamu sering kali memanfaatkan orang lain demi kepentinganmu. Bahkan ada hal terburuk yang bisa kamu dapat yaitu bisa jadi suatu saat justru kamu yang dimanfaatkan orang lain. Untuk itu, hindari segera bro!

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Sering Memuji Orang Lain Secara Berlebihan

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya