Comscore Tracker

5 Keadaan di Mana Cowok Sebaiknya Menepi Dulu dari Pertemanan

Sendiri dulu tak masalah

Mempunyai banyak teman itu penting dalam hidup karena mereka memiliki peran positif dalam segala hal. Namun adakalanya kita perlu sedikit menepi dari pertemanan yang ada.

Hal ini pastinya ada keadaan mendasar yang perlu sekali kita tahu. Kelima keadaan yang sebaiknya membuatmu menepi dulu dari pertemanan adalah berikut ini.

1. Saat ia tahu lingkungan pertemanannya punya pengaruh buruk

5 Keadaan di Mana Cowok Sebaiknya Menepi Dulu dari Pertemananilustrasi pertemanan laki-laki (pexels.com/pressmaster)

Kamu pasti ingin mempunyai lingkungan pertemanan yang baik supaya bisa mendukung apa yang kamu lakukan demi masa depan yang lebih baik. Sebab, biasanya dukungan dari teman cukup punya pengaruh.

Namun, ketika kamu mengetahui jika lingkungan pertemanan kamu punya pengaruh yang buruk, sebaiknya kamu perlu menepi terlebih dahulu. Jangan sampai kamu terbawa arus yang bisa menjerumuskan kamu kedalam hal yang tidak semestinya kamu lakukan.

2. Saat ingin fokus pada diri sendiri

5 Keadaan di Mana Cowok Sebaiknya Menepi Dulu dari Pertemananilustrasi bekerja (pixabay.com/startupstockphotos)

Keadaan lain di mana sebaiknya kamu perlu menepi sejenak dari pertemanan adalah ketika kamu ingin fokus pada diri sendiri. Ada saat di mana kamu berbaur dengan teman, tapi ada kalanya harus sendiri dan sibuk dengan kesibukanmu nantinya.

Misalnya saja ketika kamu dapat amanat dari atasan untuk mengerjakan suatu proyek besar dengan fokus dan kesibukan yang begitu padat. Menepi sejenak dari pertemanan demi target tercapai rasanya bukan hal yang buruk untuk dilakukan.

Baca Juga: 5 Tipe Teman yang Pasti Ada dalam Sirkel Pertemanan Setiap Orang

3. Sedang ada masalah dalam pertemanan

5 Keadaan di Mana Cowok Sebaiknya Menepi Dulu dari Pertemananilustrasi mengobrol (pexels.com/kindlemedia)

Masalah tidak hanya terjadi dalam diri sendiri. Bahkan dalam pertemanan juga kerap dibumbui masalah di dalamnya. Sebaiknya dalam tahap ini cobalah untuk bisa menepi sejenak dari pertemanan tersebut.

Semua dilakukan demi meredam amarah satu sama lain sehingga saling bisa introspeksi diri. Namun sebaiknya jangan terlalu lama supaya tidak menimbulkan kehancuran dalam pertemanan tersebut, ya.

4. Punya kesibukan yang lebih penting

5 Keadaan di Mana Cowok Sebaiknya Menepi Dulu dari Pertemananilustrasi memperbaiki kendaraan (pexels.com/andreapiacquadio)

Keadaan lain yang sebaiknya membuat kamu bisa sedikit menepi dari pertemanan adalah ketika kamu punya kesibukan yang lebih penting. Ini bukan berarti pertemanan kamu juga suatu hal yang tidak penting, lho.

Ada saatnya kamu punya prioritas yang seharusnya bisa kita dahulukan lebih dahulu. Semua itu juga demi kepentingan kamu juga, lho.

5. Merasa harus mengutamakan keluarga

5 Keadaan di Mana Cowok Sebaiknya Menepi Dulu dari Pertemananilustrasi ayah dan anak (pexels.com/kampusproduction)

Berteman boleh saja, tapi sebaiknya kamu juga perlu membagi waktu supaya tidak ada banyak hal yang terabaikan. Ketika kamu sibuk dengan teman, sebaiknya pula tidak mengesampingkan keluarga.

Sepertinya kamu juga perlu menepi sejenak pada pertemanan jika memang harus fokus terlebih dahulu dengan keluarga. Setelahnya jika semua keadaan sudah membaik, bagilah waktu kamu dengan baik supaya kamu tetap bisa fokus dengan keluarga tanpa meninggalkan teman.

Menjaga pertemanan memang sudah sepantasnya dilakukan. Namun, jika ada beberapa keadaan yang mengharuskan kamu untuk menepi sejenak dari mereka, jangan segan untuk melakukannya demi kebaikan kamu. Setelahnya, kamu bisa kembali membentuk hubungan baik dengan teman kamu tersebut nantinya.

Baca Juga: 5 Peluang Bisnis Fotografi yang Datangkan Cuan, Bukan Sekadar Hobi!

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya