Comscore Tracker

5 Alasan Bertahan dalam Hubungan Itu Tidak Mudah, Jangan Disia-siakan!

Mempertahankan cinta lebih sulit daripada saat meraihnya 

Ketika kamu jatuh cinta dengan seseorang, kita akan berjuang untuk bisa mendapatkan hatinya. Bahkan kita rela melakukan apa saja, supaya ia membukakan pintu hatinya untukmu. Perasaan berbunga-bunga, inginnya selalu dekat terus, dan berbagai macam perasaan indah yang lain. 

Namun, ketika kita sudah menjalin hubungan dengan seseorang, ternyata mempertahankan hubungan itu jauh lebih susah. lho. Berikut lima lasan mempertahankan hubungan atau perasaan cinta itu tidak mudah. 

1. Kalian sudah tahu sifat atau karakter masing-masing

5 Alasan Bertahan dalam Hubungan Itu Tidak Mudah, Jangan Disia-siakan!ilustrasi pasangan (pexels.com/@pavel danilyuk)

Alasan pertama mengapa mempertahankan hubungan itu sulit dilakukan yaitu, karena kalian sudah tahu karakter atau sifat masing-masing. Saat PDKT mungkin kamu belum sepenuhnya mengenal karakter dia seperti apa. Namun, ketika sudah menjalin hubungan serius, satu per satu sifatnya akan keluar.

Karakter yang tidak terlihat saat pacaran dulu, jadi kelihatan saat kalian sudah menjadi pasangan dan terkadang tidak semua orang bisa menerima secara apa adanya. Itulah kenapa mempertahankan suatu hubungan itu gak mudah. Jika sama-sama egois, hubunganmu sulit untuk bertahan. 

2. Rasa bosan dan jenuh dalam hubungan akan selalu ada

5 Alasan Bertahan dalam Hubungan Itu Tidak Mudah, Jangan Disia-siakan!ilustrasi pasangan (pexels.com/@blue bird)

Menjalin hubungan serius atau berumah tangga itu gak mudah, bukan untuk satu atau dua tahun tapi untuk seumur hidup. Ya, bisa dikatakan berbeda dengan menjalin hubungan yang cuma main-main saja. Nah, ketika memutuskan berumah tangga dalam keperjalanannya rasa bosan dan jenuh itu pasti ada. Ya, gak bisa dielak itu merupakan hal yang sangat wajar.

Namun, rasa bosan dan jenuh tersebut jika gak bisa dibendung dengan baik, bukan gak mungkin seseorang mengkhianati yang namanya kesetiaan. Itulah kenapa jika rasa bosan dalam hubungan terjadi, segeralah cari cara untuk mengatasinya supaya hubunganmu tidak terjadi masalah. 

3. Adanya perubahan sikap atau karakter

5 Alasan Bertahan dalam Hubungan Itu Tidak Mudah, Jangan Disia-siakan!pasangan bertengkar (pexels.com/@Timur Weber)

Poin ketiga yang menjadi alasan kenapa mempertahankan hubungan itu tidak mudah adalah, adanya perubahan sikap atau karakter pasangan. Berbicara mengenai sifat seseorang, nyatanya gampang sekali berubah-ubah dan tidak menjamin akan terus sama. 

Dulu ketika masih pacaran, dia sangat perhatian, rela melakukan apa saja untukmu, dan berusaha selalu ada. Namun, seiring berjalannya waktu jadi sangat cuek dan tidak seperhatian dulu. Mungkin terkesan remeh, namun ternyata ini bisa menjadi sebab kenapa mempertahankan rasa cinta pada pasangan itu susah sekali. 

Baca Juga: 5 Keputusan Terbaik di Saat Kondisimu dalam Puncak Emosi, Perhatikan!

4. Muncul berbagai macam godaan

5 Alasan Bertahan dalam Hubungan Itu Tidak Mudah, Jangan Disia-siakan!ilustrasi pasangan (pexels.com/@timur weber)

Selain tiga poin di atas, alasan lainnya adalah muncul berbagai macam godaan. Ketika berumah tangga ternyata ujian dalam hubungan itu sangat besar, godaan yang akan menguji cinta kalian. Nah, salah satu godaan yang sering kali muncul adalah adanya perselingkuhan dalam rumah tangga. 

Selingkuh adalah tindakan yang sangat tidak dibenarkan. Maka saat menjalin hubungan kalian harus memiliki komitmen sama-sama untuk setia. Jangan sampai hubungan yang dijalin hancur karena adanya orang ketiga. 

5. Adanya berbagai masalah dalam hubungan

5 Alasan Bertahan dalam Hubungan Itu Tidak Mudah, Jangan Disia-siakan!ilustrasi pasangan (pexels.com/@Trần Long)

Menjalin hubungan itu gak mudah dan tidak akan selalu mulus-mulus saja, apalagi ketika sudah berumah tangga akan banyak sekali yang namanya cobaan. Seperti masalah ekonomi dalam rumah tangga, pekerjaan, hingga soal anak. 

Masalah dalam rumah tangga tidak hanya sekali dua kali terjadi, namun situasi tersebut bisa kapan pun menimpa kita. Adanya macam-macam persoalan inilah yang membuat hubungan mudah sekali berakhir jika tidak sama-sama dewasa dalam menyikapi.

Itulah lima alasan kenapa mempertahankan hubungan itu sulit dilakukan daripada saat meraihnya. Maka ketika sudah berumah tangga jagalah hubungan kalian sebaik mungkin, jika ada masalah selesaikan secara dewasa.  

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Dimiliki Pria Sebelum Umur 30, Bukan Pasangan!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya