Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Rasa Gugup saat Kencan Pertama, Simak Bro!

Bikin kamu anti canggung saat kencan pertama

Rasa canggung, malu, dan grogi memang gak bisa terhindarkan pada saat kencan pertama. Terkadang, kamu merasa ragu harus berbuat apa saat itu karena takut memberikan kesan yang kurang baik. Bagaimana tidak? Pasti ada harapan bahwa pada kesempatan ini kamu berhasil dan lanjut ke pertemuan-pertemuan berikutnya. 

Kalau kamu merasa grogi saat kencan pertama, berikut ada lima tips untuk mengatasinya. Kira-kira bagaimana caranya? Yuk, cari tahu di bawah ini.

1. Jangan malu untuk memulai pertanyaan

5 Tips Mengatasi Rasa Gugup saat Kencan Pertama, Simak Bro!Pasangan kekasih (unsplash.com/Helena Lopes)

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa gugup adalah dengan memulai pertanyaan kepada si dia. Gak ada salahnya lho bertanya tentang doi. Namun, jangan sampai pertanyaanmu terkesan menginterogasinya.

Kamu bisa tanyakan hal-hal yang ringan. Misalnya, bertanya di mana ia bekerja, musik seperti apa yang ia suka, dan sebagainya. Ingat, jangan menanyakan hal yang terlalu personal. Karena hal tersebut bisa bikin dia menjadi bad mood!

2. Jangan hanya bercerita tentang dirimu sendiri

5 Tips Mengatasi Rasa Gugup saat Kencan Pertama, Simak Bro!Pasangan kekasih (unsplash.com/Tibor Pápai)

Saat gugup, biasanya kamu akan bercerita terus tentang dirimu sendiri. Hal tersebut justru akan membuat doi bosan. Lama-lama obrolanmu akan terasa tidak menarik. Kamu pasti bisa menilai kira-kira apa reaksi seseorang ketika ia merasa bosan.

Untuk menghindarinya, kamu bisa bertanya “bagaimana denganmu?” dan biarkan ia menjawabnya. Jika kamu melibatkan dia dalam obrolan, pembicaraan akan terasa mengalir dan bisa menguris rasa gugup.

3. Dengarkan ceritanya

5 Tips Mengatasi Rasa Gugup saat Kencan Pertama, Simak Bro!Pasangan kekasih (unsplash.com/Helena Lopes)

Kamu gak perlu gugup karna bingung mencari topik obrolan saat kencan pertama. Pasti teman kencanmu memiliki cerita. Kamu bisa mendengarkan cerita darinya dengan sesekali memberi tanggapan.

Ketika ia bercerita tentang hobinya dan kamu tidak tahu sama sekali mengenai hobi tersebut, kamu bisa mengembangkannya dengan bertanya mengapa ia menyukai hobi tersebut, atau sejak kapan ia mulai menggeluti hobinya.

Baca Juga: 5 Tanda Dia Ingin Menjalin Hubungan Serius setelah Kencan Pertama 

4. Memberi pujian

5 Tips Mengatasi Rasa Gugup saat Kencan Pertama, Simak Bro!Pasangan kekasih (unsplash.com/Hannah Busing)

Berikan pujian yang tulus, pujian yang terlalu dibuat-buat juga tidak akan sampai dengan baik di telinga teman kencanmu. Sebagai contoh kamu bisa memuji jam tangan, sepatu, atau pakaian yang ia kenakan.

Pujian akan membuat teman kencanmu senang dan percaya diri. Siapa tahu ia sebenarnya juga merasa grogi saat bertemu denganmu.

5. Tarik napas

5 Tips Mengatasi Rasa Gugup saat Kencan Pertama, Simak Bro!Pasangan kekasih (unsplash.com/Jonathan Borba)

Walaupun terbilang simpel, tapi cara satu cukup ampuh untuk menghilangkan grogi. Saat merasa deg-degan dan canggung, tarik napas dalam dan lepaskan pelan-pelan. Jika kamu masih merasa kurang nyaman, pergilah ke toilet sebentar untuk tarik nafas dalam.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi rasa grogi dan malu saat kencan pertama. Sudah pernah mencoba trik ini sebelumnya, Bro?

Baca Juga: 5 Tips Ketemuan dengan Teman Kencan, Aman dan Nyaman

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :) Instagram @ciiw08

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya