Comscore Tracker

5 Tips Jitu Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Wajib Dicoba Bro!

Langsung auto pede! #IDNTimesMen

Merasa tidak percaya diri pada momen-momen tertentu merupakan hal yang wajar dan hampir setiap orang pernah mengalaminya, termasuk para pria, baik pria dengan kepribadian introver atau ekstrover.

Namun, sebaiknya jangan terbawa arus perasaan ini. Karena, rasa tidak percaya diri membuat kamu kehilangan kesempatan untuk menyalurkan potensi-potensi yang ada dalam diri. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, bukan tidak mungkin kamu merasa kecewa pada diri sendiri.

Pengalaman di masa lalu memang tidak bisa diubah. Namun, ketahui bahwa selalu ada langkah yang bisa dilakukan untuk mengubah pikiran dan harapan, agar rasa percaya diri dapat meningkat. Mulai sekarang cobalah untuk meningkatkan rasa percaya diri dengan menerapkan lima tips ini. Yuk, simak pembahasannya!

1. Bangun pola pikir positif

5 Tips Jitu Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Wajib Dicoba Bro!Ilustrasi pria bahagia (pexels.com/@olly)

Cara meningkatkan percaya diri yang pertama adalah berpikir positif. Jika sebelumnya selalu merasa tidak bisa menjalani sesuatu, mulai saat ini cobalah untuk membentuk pola pikir positif dalam diri. Berpikir positif akan menstimulus kamu untuk menyikapi sesuatu dengan lebih baik.

Dengan begitu akan memudahkan kamu untuk mengambil langkah yang tepat terhadap segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kamu. Berpikiran positif membuat pikiran juga akan lebih fresh.

2. Kenali kekurangan dan kelebihan

5 Tips Jitu Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Wajib Dicoba Bro!Ilustrasi pria (pixabay.com)

Tanamkan pada diri kamu bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Setiap orang pernah melakukan kesalahan-kesalahan dan tidak ada orang yang benar-benar sempurna. Kamu hanya perlu memperbaikinya dan belajar untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut.

Selain itu, fokuslah pada kelebihan yang kamu miliki dan kembangkan kemampuan itu. Supaya kamu bisa merasa punya ruang untuk berkembang. Saat berhasil memperoleh sesuatu, hargai dan pujilah diri sendiri atas upaya dan keberhasilan yang telah digapai.

3. Fokus pada langkah atau perubahan kecil

5 Tips Jitu Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Wajib Dicoba Bro!Ilustrasi bekerja (Unplash.com/Ux Indonesia)

Membangun rasa percaya diri tidak bisa dilakukan dalam sekejap. Oleh karena itu, pahami bahwa kamu perlu menghargai proses atau perubahan kecil yang berhasil diraih dan dilakukan. Langkah atau perubahan kecil yang dilakukan sekarang pada akhirnya akan tumbuh menjadi perubahan yang besar dan membuat kamu terus maju dan berkembang.

Jangan takut untuk gagal, karena itu akan membuat kamu untuk terus berproses mengembangkan kemampuan kamu untuk berkembang. Percaya pada diri sendiri bahwa proses kerja keras tidak akan mengkhianati hasil.

Baca Juga: 8 Langkah Mudah untuk Mengontrol Kemarahan, Pikiran Jadi Lebih Tenang!

4. Lakukan hal yang disukai

5 Tips Jitu Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Wajib Dicoba Bro!Ilustrasi hobi (Unsplash.com/Christian Wiediger)

Cara meningkatkan percaya diri selanjutnya adalah dengan menghabiskan waktu luang untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang disukai. Jika memungkinkan, cobalah untuk mempelajari keterampilan baru atau geluti hobi baru yang sebelumnya ingin dicoba.

Dengan begitu pikiran kamu akan lebih fresh saat kembali lagi untuk melakukan rutinitas kegiatan kamu. Kamu akan menemukan kembali rasa percaya diri dengan melakukan hal-hal yang disukai.

5. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

5 Tips Jitu Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Wajib Dicoba Bro!Ilustrasi pria percaya diri (Unsplash.com/Fortune Vieyra)

Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain, baik itu soal keterampilan, prestasi, maupun pencapaian yang telah diraih. Ingat, setaip orang memiliki jalannya sendiri dan hidup bukanlah sebuah perlombaan. 

Studi menunjukkan bahwa apa yang tersaji di media sosial kerap memicu orang-orang untuk membandingkan diri mereka dengan orang lain yang tampak sempurna. Hal ini tentu tidak baik untuk kepercayaan diri.

Itu tadi lima cara untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu agar lebih nyaman dalam menjalani aktivitas kehidupan kamu. Jangan pesimis, semua ada prosesnya, terus dilatih agar rasa percaya diri kamu meningkat. Selamat mencoba! 

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Memotivasimu Saat Berulang Kali Mengalami Kegagalan

Syahrul Romadhona Siregar Photo Writer Syahrul Romadhona Siregar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya