Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Menjadi Pria yang Bisa Berinvestasi Sejak Muda

Apakah kamu sudah memulainya? #IDNTimesMen

Akhir-akhir ini dunia investasi banyak digandrungi oleh berbagai kalangan. Hal tersebut sebenarnya adalah sesuatu yang sangat positif sebab mereka sudah mulai belajar melek finansial. Namun terkadang juga masih banyak orang yang ragu-ragu untuk terjun ke dunia investasi karena takut rugi.

Tetapi sebenarnya hal tersebut mudah diatasi dengan cara mengubah mindset. Kamu perlu fokus untuk jangka panjang karena nilai produk akan terus berkembang. Ada beberapa alasan mengapa kamu harus mulai berinvestasi selagi muda, terutama para pria. Penasaran? Simak pembahasannya berikut ini!

1. Rajin berinvestasi selagi muda akan membangun kebiasaan positif finansial

5 Alasan Kamu Harus Menjadi Pria yang Bisa Berinvestasi Sejak MudaIlustrasi berinvestasi (Unsplash.com/Shane)

Ketika pria mulai berani berinvestasi selagi muda, dapat dikatakan bahwa hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi kebiasaan kamu dalam hal finansial. Maksudnya di sini adalah dengan terjun ke dunia investasi, sama saja kamu juga belajar terkait banyak hal esensial terkait keuangan.

Apalagi dalam sebuah investasi itu membutuhkan konsistensi dalam melakukannya. Kamu akan terbiasa hidup hemat karena sudah terbiasa untuk berinvestasi.

2. Kamu akan mudah meraih kemerdekaan finansial nantinya

5 Alasan Kamu Harus Menjadi Pria yang Bisa Berinvestasi Sejak MudaIlustrasi miniatur rumah (pexels.com/Kindel Media)

Tujuan utama berinvestasi selagi muda adalah untuk mendapatkan kemandirian secara finansial nantinya. Hal itu bisa banget terjadi karena kamu tidak hanya menabung uang, melainkan juga berusaha mengembangkan nilainya. Lambat laun nilai produk yang kamu jadikan investasi akan terus berkembang.

Entah itu tanah, emas, rumah dan reksa dana, semua nilainya pasti akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Maka dari itu jika ada uang berlebih, coba taruh uangmu ke dalam instrumen-instrumen investasi.

3. Kondisi keuanganmu pasti akan selalu terjaga

5 Alasan Kamu Harus Menjadi Pria yang Bisa Berinvestasi Sejak MudaIlustrasi keuangan (pexels.com/cottonbro)

Sebelumnya telah disebutkan bahwa orang yang mulai berinvestasi pasti akan membangun kebiasaan positif perihal finansial. Hal tersebut tentunya berdampak baik bagi kondisi keuanganmu saat ini dan nanti. Kamu pasti akan lebih bijaksana dalam mengeluarkan uang.

Bagimu, pengeluaran yang terlalu berlebihan akan berdampak buruk bagi kondisi finansial. Apalagi jika sudah ada tanggungan untuk berinvestasi setiap bulan, kamu gak akan semena-mena dalam mengeluarkan uang.

Baca Juga: 6 Kesalahan Finansial yang Sering Dialami Pria Generasi Millennial

4. Kamu masih memiliki pikiran yang fresh untuk belajar seluk beluk investasi

5 Alasan Kamu Harus Menjadi Pria yang Bisa Berinvestasi Sejak MudaIlustrasi investasi (pexels.com/lukas)

Tidak hanya membutuhkan modal saja, namun terjun ke dunia investasi juga memerlukan sebuah teori. Kamu perlu menganalisis secara fundamental terkait instrumen-instrumen investasi yang akan digunakan.

Selagi masih muda, kamu masih diberkati pikiran yang fresh sehingga mudah mempelajarinya. Gunakan privilege tersebut demi financial freedom yang lebih baik!

5. Kamu masih belum memiliki pengeluaran yang berarti

5 Alasan Kamu Harus Menjadi Pria yang Bisa Berinvestasi Sejak Mudailustrasi pria sukses berbisnis (unsplash.com/docusign)

Usia muda merupakan waktu yang sangat potensial untuk berinvestasi. Karena kamu belum memiliki pengeluaran berlebih. Maksudnya begini, kamu tidak memiliki tanggungan untuk menghidupi keluarga ataupun semacamnya. Tanggunganmu hanyalah sebatas keperluan pribadi saja.

Kondisi yang sangat menguntungkan semacam itu harusnya dimanfaatkan sebelum terlambat. Lagi pula, semua instrumen investasi yang kamu geluti sekarang akan bermanfaat bagi hidupmu nanti.

Memulai investasi selagi masih mudah memang merupakan hal yang susah-susah gampang. Kamu hanya memerlukan niat yang sungguh-sungguh agar nanti bisa mendapatkan kemerdekaan secara finansial. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tips Kelola Keuangan Buat Pria yang Gajinya Pas-pasan, Anti Ngeluh!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya