Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Sesekali Pelit Sama Diri Sendiri

Jangan terus-terusan kasih self-reward, boros tahu!

Banyak pakar psikologi menyarankan kita untuk memberikan self-reward.  Artinya, kita tidak boleh terlalu pelit dengan diri sendiri sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras kita selama ini. Namun nyatanya, banyak sekali orang yang menyarankan kita juga agar jangan terlalu royal sama diri sendiri. Bahkan, menganjurkan untuk berhemat dalam mengeluarkan uang meskipun untuk hiburan bagi diri kita sendiri. 

Padahal, dengan sesekali pelit sama diri sendiri justru membawa banyak kebaikan yang biasanya gak pernah kamu sadari. Nah, biar kamu gak salah paham, simak nih alasan-alasannya berikut ini!

1. Biar gak terbiasa konsumtif dan hidup boros

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Sesekali Pelit Sama Diri SendiriIlustrasi pria shopping (Unsplash/Erik Mclean)

Kalau kamu keseringan memberikan self-reward  yang jelas membuatmu harus merogoh kocek yang dalam. Maka, gak heran jika kamu terjebak kebiasaan yang sangat buruk, yaitu terlalu boros dan terkesan kalap dalam membelanjakan uang. Misalnya, kamu menggelontorkan banyak sekali uang hanya untuk membeli sepatu sneakers yang berembel limited edition padahal kamu masih punya sepatu serupa tapi masih layak pakai. 

Jelas ada akibat fatal yang akan terjadi karena kebiasaan seperti ini. Apalagi kalau bukan tabunganmu ludes tak bersisa bahkan memungkinkan punya banyak hutang.  Jika sudah ketiban masalah seperti ini, hidupmu pasti akan gak akan tenang. 

2. Biar gak lupa untuk berbagi dengan orang yang membutuhkan

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Sesekali Pelit Sama Diri SendiriIlustrasi berbagi (Pexels/RODNAE Productions)

Uang yang saat ini ada bukan cuma digunakan untuk menyenangkan diri sendiri saja. Cobalah kamu lihat di sekitarmu bahwa masih banyak sekali orang-orang yang untuk bertahan hidup saja sangat kesusahan. Bayangkan jika kamu berada di posisi mereka, apakah kamu masih mau menghamburkan uang hanya untuk kesenangan diri berkedok self-reward ?

Gak ada yang salah sih dengan self-reward, bila memang disesuaikan dengan kemampuan dan jangan berlebihan. Namun, alangkah baiknya bila kamu juga bisa menyisihkan sebagian untuk orang-orang yang tidak mampu. 

3. Biar ada dana darurat lebih yang bisa kamu gunakan sewaktu-waktu

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Sesekali Pelit Sama Diri SendiriIlustrasi pria (Pexels/cottonbro)

Jika kamu sesekali bersikap pelit sama diri sendiri dalam artian menahan keinginan pribadi demi bisa berhemat, maka kamu sudah menyisihkan uangmu untuk menambah stok dana darurat yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Hal itu bisa untuk antisipasi bila ada sesuatu yang lebih penting. 

Memang self-reward itu perlu, tetapi hidup akan selalu ada kejutan yang gak terduga seperti kamu atau anggota keluargamu sakit parah yang membutuhkan biaya yang sangat banyak. Nah, dengan adanya dana darurat yang banyak, hal genting seperti ini bisa terpenuhi. 

Baca Juga: 5 Perbedaan antara Self-Reward dengan Perilaku Boros

4. Biar lebih bisa menabung atau uangmu bisa dialihkan untuk keperluan jangka panjang

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Sesekali Pelit Sama Diri SendiriIlustrasi uang (Pexels/Andrea Piacquadio)

Self reward  itu penting banget biar kamu tetap waras, namun kamu gak hanya hidup untuk saat ini saja, kan? Masih ada masa depan yang harus kamu persiapkan dengan sangat matang, terutama soal finansial. 

Daripada menghambur-hamburkan uang hanya untuk kebahagiaan yang bersifat sementara, alangkah lebih baik jika kita mengalokasikan sebagian atau keseluruhan dana untuk ditabung. Atau bisa juga digunakan untuk ikut asuransi, membeli rumah atau kendaraan, bahkan untuk investasi. 

5. Biar kamu lebih mencintai diri sendiri

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Sesekali Pelit Sama Diri SendiriIlustrasi pria ceria (Unsplash.com/taylor_grote)

Memang sih kalau memberikan apresiasi kepada diri sendiri itu termasuk salah satu cara mencintai diri. Tetapi, kamu harus tahu bahwa dengan berhemat dan sesekali pelit sama diri sendiri juga merupakan salah satu cara menerapkan self-love kepada diri sendiri. 

Karena tujuan sesungguhnya dari self-love itu sendiri adalah menjadikan kamu sebagai pribadi yang lebih baik bukan malah menjadi lebih buruk. Karena, terlalu boros dalam membelanjakan uang dengan dalih mencintai diri sendiri. 

Memberikan self-reward kepada diri sendiri itu penting, tetapi gak perlu berlebihan sampai jadi boros uang. Biasakan untuk selalu berhemat dan sedikit perhitungan dalam membelanjakan uang biar hidupmu lebih tenang, aman dan sentosa sampai tua nanti. Tapi ingat, berhematnya jangan kebablasan, ya!

Baca Juga: Tidak Perlu Berlebihan, 5 Kegiatan Ini Juga Merupakan Self Reward, lho

Wimantyo Resi H. Photo Verified Writer Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya