Comscore Tracker

Menurut Wanita, 7 Kebiasaan Ini Membuat Harga Diri Pria Hilang 

Bro, mungkin kamu pernah melakukannya? 

Dalam menjalin sebuah hubungan dengan lawan jenis, seorang pria bukan hanya modal cinta untuk melakukannya tetapi juga harga diri yang menjadi cerminan dirinya sehingga dia terlihat memiliki daya tarik lebih di mata wanita.

Salah satu elemen yang menentukan tinggi rendahnya harga diri seorang pria adalah kebiasaan dan perbuatannya dan ternyata menurut para wanita. Ada banyak sekali kebiasaan buruk yang terbukti bisa membuat harga diri seorang pria menurun bahkan hilang sehingga membuatnya sangat tidak menarik. Apa sajakah itu?

1. Malas dan terus berada di zona nyaman  

Menurut Wanita, 7 Kebiasaan Ini Membuat Harga Diri Pria Hilang Pexels/John-Mark Smith

Bro, percayalah pada petuah “Bergeraklah dan keluarlah dari zona nyaman.” Ini memang bukan petuah biasa. Petuah ini ibarat cambuk kecil agar kita sadar bahwa bekerja keras dan giat adalah kunci dari harga diri seorang pria sebab wanita tidak akan suka sama pria yang pemalas dan enggan keluar dari zona nyaman karena mereka tahu kedudukan seorang pria sebagai penanggung jawab nafkah keluarga.

Nah, kalau kamu masih saja malas melakukan sesuatu yang bermakna bahkan melakukan sesuatu yang kurang produktif, mana ada wanita yang tertarik padamu? Oleh karena itu, cobalah kamu paksakan dirimu untuk lawan malasmu dan keluarlah dari zona nyamanmu. Bukannya menyiksa diri, tetapi ini baik untuk harga dirimu.

2. Sering curhat

Menurut Wanita, 7 Kebiasaan Ini Membuat Harga Diri Pria Hilang pexels.com/Jopwell

Mencurahkan isi hati atau curhat sebenarnya adalah sesuatu yang bagus untuk kesehatan mental asalkan sesuai dengan porsinya. Terkhusus untuk para pria, jangan terlalu sering curhat ketika sedang ditimpa masalah karena tanpa disadari, kebiasaan curhat entah melalui teman, keluarga, atau di media sosial akan meruntuhkan harga dirimu dalam sekejap bahkan dalam pandangan kaum hawa, kamu sosok yang lemah, lembek, dan terkesan kekanak-kanakan alias tidak dewasa sama sekali.

Ingatlah wanita itu sangat menyukai laki-laki dewasa yang tidak hanya kuat, tangguh, dan tahan banting saja tetapi juga mampu menyelesaikan masalahnya sendiri.

3. Sering mengumpat dan berkata kasar 

Menurut Wanita, 7 Kebiasaan Ini Membuat Harga Diri Pria Hilang Pexels/Moose Photos

Kalau kamu masih saja suka mengumpat dan berkata kasar, lebih baik hentikan sekarang juga. Orang yang suka mengumpat dan berkata kasar biasanya tidak punya sopan santun dan tidak tahu tata krama. Tidak usah ditanyakan lagi kalau harga dirimu hilang seketika karena para wanita akan menganggapmu sebagai lelaki yang gampang menyakiti hati orang lain dengan mulutnya. Mulailah untuk terbiasa berbicara dan bertutur kata baik dan santun karena tutur katamu menunjukkan harga dirimu.

Baca Juga: Awas Girls, 7 Ucapan Tajam Ini Bikin Harga Diri Cowok Runtuh Lho!

4. Keras kepala  

Menurut Wanita, 7 Kebiasaan Ini Membuat Harga Diri Pria Hilang pexels.com/Craig Adderley

Mana ada wanita yang tidak tahan dengan pria yang keras kepala dan susah banget dinasihati? Wanita akan merasa bosan bahkan muak begitu melihatmu sebagai pribadi yang keras kepala dan tidak mau dinasihati apalagi dikritik. Dalam pandangan wanita, kamu sosok egois yang menolak perubahan dan tidak mau berubah ke arah yang lebih baik.

Kalau kamu masih saja mempertahankan kebiasaan seperti ini, bisa dipastikan harga dirimu di mata wanita akan turun sampai ke titik terendah. Kamu harus berpikir dengan sudut pandang realistis bahwa setiap nasihat dan kritik yang diberikan adalah demi kebaikanmu sendiri. Mulailah untuk lebih terbuka terhadap semua nasihat dan kritik dan cobalah untuk meresapinya di dalam hati.

5. Menyendiri secara terus menerus 

Menurut Wanita, 7 Kebiasaan Ini Membuat Harga Diri Pria Hilang Pexels/Lukas Rychvalsky

Kadang kala kita jenuh dengan rutinitas hidup dan interaksi sosial sehingga ada saatnya kita harus menyendiri sejenak. Sebenarnya menyendiri adalah hal yang wajar selama masih dalam batas yang wajar pula. Akan sangat merugikan, terutama bagi pria jika terus-menerus menyendiri dalam waktu yang lama pula dan hal ini sangat berkaitan dengan harga dirimu di mata wanita.

Wanita akan sangat senang dan nyaman dengan pria yang supel, pandai bergaul, dan senang berbaur dengan kehidupan sosial. Sebaliknya, wanita akan menganggap pria yang suka menyendiri sebagai pribadi yang tertutup dan terkesan tidak asyik dalam menjalin hubungan.

Nah, sebelum terlambat, cobalah untuk menyendiri sewajarnya dan bukalah dirimu pada dunia dengan kembali bersosialisasi dengan sekitarnya.

 6. Berpikiran mesum

Menurut Wanita, 7 Kebiasaan Ini Membuat Harga Diri Pria Hilang Pexels/Ketut Subiyanto

Pria memang diciptakan sebagai makhluk visual yang selalu melihat wanita dari kemolekan tubuhnya daripada isi otak dan hatinya dan sebenarnya ini merupakan kodrat Illahi. Lain cerita jika kamu memandang wanita yang membuat nafsu syahwatmu meroket hanya dengan lirikan mata, nah, itu salah besar namanya! Wanita justru tidak akan melirik pria yang memiliki pikiran mesum seperti itu karena mereka menganggap kalau pria seperti itu tidak menghargai wanita bahkan terkesan melecehkan mereka secara seksual. 

7. Mudah tersulut emosi 

Menurut Wanita, 7 Kebiasaan Ini Membuat Harga Diri Pria Hilang pexels.com/Mustafa ezz

Apakah kamu termasuk kaum ‘sumbu pendek’ atau yang emosinya mudah tersulut? Kalau iya, segera buang jauh-jauh kebiasaanmu itu. Emosi yang mudah sekali tersulut biasanya amarahnya meledak-ledak bahkan tak segan-segan melakukan tindakan berbahaya seperti kekerasan fisik maupun psikis. Dengan sikap seperti itu, justru kamu akan dianggap pemarah berat dan gampang lepas kendali di mata wanita. Mulai sekarang, cobalah untuk meredam dan mengontrol emosimu agar hidupmu senantiasa tenang.

Bagi seorang pria, harga diri adalah sesuatu yang sangat vital untuk menunjang daya tarik dan martabat di mata wanita. Berusaha mengubah diri sendiri ke arah yang lebih baik dan membuka diri pada hal baru serta selalu berpikir positif adalah awal yang baru untuk memberikanmu harga diri yang sejati. Bro, siapkah kamu untuk membuang semua kebiasaan buruk ini untuk harga dirimu?

Baca Juga: 5 Tips Memuaskan Harga Diri Orang Lain Agar Tetap Akrab dan Bersahabat

Wimantyo Resi H. Photo Writer Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya