Comscore Tracker

10 Cara Meminta Maaf kepada Pacar, Buktikan dengan Tindakan

Ada 10 cara meminta maaf pada pacar

Dalam menjalin hubungan asmara, terkadang ada saatnya kamu bertengkar dengan pasanganmu. Ada saja hal yang memicu perdebatan hingga membuat kamu atau pasangan saling marah.

Jika sudah begitu, biasanya harus ada satu pihak yang meminta maaf terlebih dahulu baru bisa saling memaafkan. Namun, cara meminta maaf kepada pacar pun tidak bisa asal-asalan. Apabila seperti itu, bukannya berdamai, justru akan menambah masalah baru.

Untuk itu, IDN Times sudah merangkumnya spesial untuk kamu seputar cara meminta maaf kepada pacar. Simak sampai selesai, ya!

1. Redam ego

10 Cara Meminta Maaf kepada Pacar, Buktikan dengan Tindakanilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Cara meminta maaf kepada pacar yang utama adalah dengan meredam ego. Sebelum meminta maaf, kamu harus belajar meredam ego lebih dulu. Terkadang, ego yang besar membuat pasangan lama kelamaan berpisah. Pasalnya, mereka tidak mau mengakui kesalahan dan justru menyalahkan situasi atau orang lain atas masalah yang terjadi.

Jika kamu ingin mempertahankan hubungan dengan pasanganmu, maka bersikap bijaklah. Jangan terlalu mempertahankan ego pribadimu sampai harus membuat situasi menjadi lebih sulit. Belajarlah meredam ego dan mengalah.

2. Berikan dia waktu

10 Cara Meminta Maaf kepada Pacar, Buktikan dengan Tindakanilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/MART PRODUCTION)

Selain meredam ego, ada satu hal penting yang penting dilakukan. Saat emosi pacarmu sedang naik, usahakan kamu tidak langsung meminta maaf. Sebab, alih-alih dimaafkan, kamu justru membuatnya semakin emosi dan menambah masalah baru.

Berikan dia waktu sampai emosinya mereda dan dapat berpikir secara jernih tentang keadaan yang sedang terjadi. Pasalnya, tidak semua orang bisa langsung menenangkan diri secara cepat.

Setelah situasi mulai kondusif, barulah mulai bicara dengan pasangan. Upayakan tidak membicarakan masalah atau persoalan yang sudah terjadi karena bisa membuat pacarmu emosi kembali.

3. Tunjukkan penyesalan

10 Cara Meminta Maaf kepada Pacar, Buktikan dengan Tindakanilustrasi kekasih (pexels.com/cottonbro)

Cara meminta maaf kepada pacar selanjutnya adalah dengan menunjukkan rasa penyesalan. Tunjukkanlah rasa menyesal yang tulus dari lubuk hatimu yang paling dalam. Sebab dengan begitu, pacarmu akan melihat ketulusanmu dan perlahan memaafkan kesalahanmu.

Meminta maaf tanpa rasa penyesalan hanya membuat permintaan maaf darimu terasa hampa dan terkesan formalitas saja. Hal itu bisa membuat kamu justru semakin jauh dari pasangan.

4. Perhatikan nada bicaramu

10 Cara Meminta Maaf kepada Pacar, Buktikan dengan Tindakanilustrasi bertengkar (pexels.com/Timur Weber)

Saat meminta maaf, kamu juga perlu memperhatikan nada bicara kepada pasangan. Beberapa orang memang terlahir dengan perasaan yang mudah tersinggung atau marah. Oleh sebab itu, bicara dan minta maaflah dengan pacar menggunakan nada rendah.

Bicaralah secara perlahan dan jelas agar pasanganmu paham apa yang ingin kamu sampaikan. Buat pasanganmu merasa nyaman dengan obrolannya. Cara meminta maaf kepada pacar ini bisa kamu tiru agar hubungan kalian tetap berlanjut.

5. Langsung to the point pada akar masalah

10 Cara Meminta Maaf kepada Pacar, Buktikan dengan Tindakanilustrasi pasangan meminta maaf (pexels.com/ketut subiyanto)

Pastikan saat meminta maaf kepada pasangan, kamu tidak bicara terlalu melebar dan keluar dari konteks masalah. Bicaralah dan minta maaflah secara langsung tentang akar masalah yang kamu alami. Pastikan juga bahwa kamu mengetahui apa yang membuat pasangan kecewa denganmu.

Jika kamu belum mengetahuinya, tanyakan secara jelas kepadanya. Tujuannya agar masalah tidak melebar ke mana-mana.

6. Jangan menyudutkan pasangan

10 Cara Meminta Maaf kepada Pacar, Buktikan dengan Tindakanilustrasi bertengkar (Pexels.com/cottonbro)

Cara meminta maaf kepada pacar selanjutnya adalah dengan menghindari sifat menyudutkan pasangan saat meminta maaf. Sebab hal itu justru membuatnya semakin emosi kepadamu. 

Belajarlah untuk bersikap dan berkata yang baik saat meminta maaf. Buang jauh-jauh perasaan egois dan ingin lari dari kesalahan. Jangan sampai kamu terkesan melimpahkan kesalahan kepada pacarmu.

Baca Juga: 5 Cara Memulai Obrolan dengan Pasangan setelah Bertengkar

7. Diskusi dan berikan solusi

10 Cara Meminta Maaf kepada Pacar, Buktikan dengan Tindakanilustrasi pasangan bertengkar (Pexels.com/RODNAE production)

Setelah itu, mulailah berbicara dari hati ke hati dan berdiskusi dengan pasanganmu tentang masalah yang dialami. Dengarkan dan hargai semua curahan hati pasanganmu. Lalu, kamu juga berhak berpendapat dan mengeluarkan unek-unekmu.

Kemudian, cari solusi terbaik mengenai masalah yang kalian hadapi. Pasanganmu akan luluh jika kamu menunjukkan keseriusan dalam menyelesaikan masalah. Otomatis, pasangan juga akan lebih mudah memaafkan kesalahanmu.

8. Beri hadiah ke pasangan

10 Cara Meminta Maaf kepada Pacar, Buktikan dengan TindakanIustrasi memberi hadiah (Pexels.com/Emma Bauso)

Jangan lupa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan maaf dari pasangan berikutnya adalah memberinya hadiah. Walaupun biasanya seseorang memberi hadiah kepada pasangannya hanya saat momen tertentu saja, tetapi tidak ada salahnya memberikan hadiah saat kamu bertengkar dengan pasanganmu.

Beberapa orang sangat suka jika diberi hadiah apalagi oleh pacarnya. Hadiah yang kelihatannya tidak seberapa pun bisa menjadi spesial jika yang memberikan adalah sang pacar. Cara meminta maaf kepada pacar satu ini dipercaya bisa meredakan amarah pasanganmu.

Baca Juga: 9 Inspirasi Kado DIY Unik untuk Pasangan LDR, Bikin Makin Cinta!

9. Ungkapkan perasaan cinta dan sayang

10 Cara Meminta Maaf kepada Pacar, Buktikan dengan TindakanIlustrasi pasangan mengungkapkan rasa sayang (pexels.com/Vanessa Garcia)

Agar semakin luluh, ungkapkanlah perasaan cinta dan sayang kepada pasangan yang hatinya sudah terluka. Dengan begitu, pasanganmu semakin yakin bahwa kamu benar-benar tulus menyayanginya.

10. Buktikan dengan tindakan

10 Cara Meminta Maaf kepada Pacar, Buktikan dengan TindakanPerbedaan bucin dan sayang berdasarkan cara menanggapi keinginan pasangan (pexels.com/jack-sparrow)

Cara terakhir cara meminta maaf kepada pacar adalah dengan membuktikan rasa sayang dan cinta kepada pasangan dengan tindakan nyata. Berjanji dan berusahalah untuk tidak mengulangi perbuatan yang bisa menyakiti perasaan pacar. 

Meskipun berat, tetapi mau tidak mau harus kamu lakukan agar pasanganmu memaafkan dan hubungan kalian bisa berlanjut.

Nah, itulah tadi 10 cara meminta maaf kepada pacar yang bisa kamu coba jika kamu dan pasangan sedang bertengkar atau dihadapkan dengan sebuah masalah. Di luar dari ini, meminta maaf kepada orang lain adalah sikap terpuji yang harus kamu biasakan agar hidupmu lebih tenteram.

Baca Juga: 5 Cara Meminta Maaf yang Gak Baik dan Gak Seharusnya Dibiasakan

Topic:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya