Comscore Tracker

5 Cara Paling Ampuh untuk Berhenti Merokok, Wajib Coba Bro!

Cara efektif yang bisa dicoba biar berhenti merokok

Merokok hampir menjadi kebiasaan setiap orang, khususnya kaum pria. Walaupun berbahaya bagi tubuh, namun masih banyak orang yang menghisapnya. Hal ini disebabkan karena rokok mengandung zat adiktif tinggi sehingga dapat menyebabkan kecanduan.

Penyebabnya tentu adalah nikotin yang terkandung dalam tembakau rokok. Efek nikotin yang bersifat sangat adiktif mampu menyebabkan ketergantungan. Buat kamu para pria yang ingin berhenti merokok, berikut ini ada lima cara paling ampuh untuk berhenti merokok. Simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Niat

5 Cara Paling Ampuh untuk Berhenti Merokok, Wajib Coba Bro!Ilustrasi pria (pexels.com/Bahaa A. Shawqi)

Hal yang bisa kamu lakukan pertama adalah dengan niat. Sama halnya seperti ibadah, memiliki niat yang besar bisa mempermudah kamu untuk berhenti merokok, Bro!

Selain itu, kamu juga harus mempunyai niat yang kuat jika ingin benar-benar ingin berhenti merokok. Kalau kamu gak punya niat yang besar dan kuat, kemungkinan besar kamu akan gagal untuk berhenti merokok.

2. Langsung berhenti tanpa dicicil

5 Cara Paling Ampuh untuk Berhenti Merokok, Wajib Coba Bro!Ilustrasi tulisan berhenti merokok (unsplash.com/Steven Pahel)

Supaya proses berhenti merokokmu tercapai, kamu bisa berhenti merokok mulai detik ini tanpa harus dicicil. Dalam artian, kamu harus benar-benar stop berhenti merokok bukan mengurangi rokok.

Karena, kebanyakan orang-orang yang ingin berhenti merokok dengan mengurangi atau dicicil biasanya cuma berhasil dalam kurun waktu yang singkat dalam hitungan minggu bahkan hari. Karena cara tersebut membuat perokok terasa berat untuk meninggalkan rokok, Bro!

3. Ubah kebiasaan

5 Cara Paling Ampuh untuk Berhenti Merokok, Wajib Coba Bro!Ilustrasi puntung rokok (unsplash.com/Julia Engel)

Mungkin awalnya merokok adalah hal yang iseng untuk dilakukan. Namun, lama kelamaan akan menjadi sebuah kebiasaan, lho! Contoh nyata kalau merokok sudah menjadi kebiasaan adalah ketika sehabis makan, kamu buru-buru menghisap rokok.

Agar proses berhenti merokokmu berjalan lancar, kamu bisa ganti rokok menjadi buah-buahan atau jenis makanan lainnya. Misalnya kamu mengonsumsi kerupuk, keripik singkong, kue, dan lain-lainnya.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Asap Rokok yang Menempel pada Tubuh Pria

4. Ganti dengan permen atau camilan

5 Cara Paling Ampuh untuk Berhenti Merokok, Wajib Coba Bro!Ilustrasi kumpulan permen (unsplash.com/Vinicius "amnx" Amano)

Permen dan camilan bisa jadi cara alternatif kamu untuk bisa berhenti merokok, lho! Contohnya, kamu bisa mengonsumsi segala jenis permen dan beberapa jenis camilan seperti kacang, cokelat, kue, martabak, dan camilan lainnya.

Intinya, kamu bisa konsumsi permen atau camilan favoritmu. Dengan begitu, proses berhenti merokok kamu bisa berjalan dengan lancar, Bro!

5. Jangan mencoba lagi

5 Cara Paling Ampuh untuk Berhenti Merokok, Wajib Coba Bro!Papan dilarang merokok (unsplash.com/Mufid Majnun)

Poin terakhir ini sangat penting sekali untuk kamu lakukan. Keempat cara di atas gak akan berhasil jika kamu bisa iseng mencoba untuk merokok, walaupun hanya sesekali. Karena jika kamu mencobanya kembali, maka yang mulanya hanya coba-coba bisa jadi kebiasaan yang buruk lagi, Bro!

Intinya, jika kamu sudah lepas dari rokok, kamu gak boleh untuk menyentuh rokok lagi. Kamu juga bisa mengingat bagaimana susahnya untuk berhenti merokok saat terjebak dalam rokok.

Buat kamu yang masih aktif merokok semoga ulasan ini bisa jadi reminder dan motivasi untuk berhenti dari kebiasaan buruk tersebut. Karena, dengan kita berhenti merokok tubuh kita akan terjaga dari risiko penyakit akibat dari kandungan yang ada di dalam rokok. Selamat mencoba ya, Bro! Semoga berhasil.

Baca Juga: 4 Cara Mengusir Bau Rokok dari Kabin Mobil

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya