Comscore Tracker

Catat Bro! Ini 5 Tips Mudah untuk Atasi Kulit Belang

#IDNTimesMen Bye-bye kulit belang!

Apakah kamu sedang mengalami kulit belang? Kulit belang memang menjadi salah satu permasalahan kulit yang sering dialami para pria, khususnya bagi kamu yang rutin beraktivitas di luar ruangan.

Meski sering dianggap sebagai masalah yang sepele oleh sebagian pria, namun masalah kulit belang akan membuat penampilanmu menjadi kurang maksimal, Bro. Tidaklah susah untuk mengatasi masalah kulit belang, kamu cuma butuh kelima tips berikut ini untuk mengatasi masalah kulit belang. Yuk, langsung saja simak rangkumannya berikut ini! Check this out!

1. Lakukan eksfoliasi

Catat Bro! Ini 5 Tips Mudah untuk Atasi Kulit BelangIlustrasi melakukan eksfoliasi wajah (Pexels.com/cottonbro)

Proses eksfoliasi secara teratur adalah salah satu cara paling efektif dan mudah untuk mengatasi masalah kulit belang. Melakukan proses eksfoliasi merupakan proses yang berguna untuk mengangkat lapisan atas sel kulit mati dari epidermis sehingga memungkinkan sel kulit yang lebih mudah bergerak ke atas.

Kamu bisa memanfaatkan dua jenis proses eksfoliasi, yakni fisik dan kimiawi. Pengelupasan fisik merupakan proses pengangkatan sel kulit mati secara manual dan bisa dilakukan dalam bentuk sikat wajah, lulur, ataupun masker. Berbeda dengan eksfoliasi kimiawi yang melibatkan dua jenis kandungan asam utama, yakni alpha hydroxy acids (AHA) dan beta hydroxy acids (BHA). Kamu bisa mendapatkan kedua kandungan asam ini dari produk serum, masker, toner, hingga facial wash.

2. Gunakan sunscreen

Catat Bro! Ini 5 Tips Mudah untuk Atasi Kulit BelangIlustrasi memakai sunscreen (Unsplash.com/The Creative Exchange)

Sinar UV menjadi penyebab utama yang memicu terjadinya kulit belang. Untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah kulit belang, maka kamu membutuhkan sunscreen untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Pada umumnya dalam produk sunscreen mengandung seng oksida ataupun titanium dioksida yang berperan untuk menghalangi sinar UV menembus sel-sel kulit mati. So, gak perlu takut lagi dengan paparan sinar matahari, bila kamu sudah mengaplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas.

Baca Juga: 10 Cara Atasi Kulit Belang akibat Sinar Matahari, Jadi Lebih Cerah!

3. Rutin bersihkan kulit setiap harinya 

Catat Bro! Ini 5 Tips Mudah untuk Atasi Kulit BelangIlustrasi membersihkan wajah (Unsplash.com/Lumin)

Siapa nih yang masih malas bersihkan kulit setelah seharian beraktivitas? Proses cleansing memang sangat dibutuhkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, membersihkan kotoran pada kulit, dan minyak berlebih.

Meski sering dianggap sepele, penumpukan sel-sel kulit mati akibat malas melakukan proses cleansing juga dapat menyebabkan jerawat yang selanjutnya akan mengacaukan warna kulitmu dan membuatnya menjadi tampak belang. Nah, gak mau kan kulitmu jadi belang gara-gara hal sepele? Maka dari itu, mulai sekarang jangan malas-malas lagi membersihkan kulit, ya!

4. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C 

Catat Bro! Ini 5 Tips Mudah untuk Atasi Kulit BelangIlustrasi makan makanan kaya vitamin C (abraxasnu.com)

Kebaikan dari vitamin C untuk kesehatan kulit memang tak bisa dimungkiri lagi. Kemampuannya dalam meningkatkan kolagen dan mencerahkan menjadi salah satu formula yang diperlukan untuk membantu mengatasi kulit belang.

Cara kerja vitamin C dalam memproduksi kolagen adalah dengan membantu menstimulasikan fibroblas, bagian dalam sel kita yang membuat kolagen dan elastin, serta menstabilkan kolagen yang kamu miliki. Proses inilah yang nantinya dapat membantu meratakan warna kulitmu.

Ada banyak sekali jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin C dan bisa kamu konsumsi setiap harinya, seperti kiwi, jeruk, paprika, brokoli, dan masih banyak lagi.

5. Gunakan lulur bengkuang 

Catat Bro! Ini 5 Tips Mudah untuk Atasi Kulit BelangIlustrasi Luluran Bengkoang (gulfnews.com)

Bengkuang merupakan bahan alami yang kaya akan nutrisi dan vitamin, khususnya vitamin B dan vitamin C. Kandungan inilah yang menjadikan bengkuang sebagai salah satu bahan alami yang mampu mengatasi kulit belang.

Untuk mendapatkan manfaatnya, ambil air bengkuang dengan cara memarut buah bengkuang dan memerasnya. Setelah air bengkuang terkumpul, biarkan selama satu malam agar mengendap. Selanjutnya, gunakan endapan tersebut sebagai lulur di daerah kulit yang belang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mencampurkannya dengan plain youghurt dan garam. Let's try!

Gimana, sangat mudah 'kan? Sekarang, kamu tak perlu khawatir lagi dengan masalah kulit belang, karena kelima cara di atas telah terbukti efektif dalam mengatasi kulit belang. Intinya, lakukan secara konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal, Bro!

Baca Juga: Gak perlu Biaya Mahal, Ini 6 Bahan Alami Bisa Samarkan Kulit Belang

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya