Comscore Tracker

Anti Ribet! 6 Urutan Skincare Harian untuk Pria yang Wajib Dilakukan

Pakai skincare harus sesuai urutan, Bro! #IDNTimesMen

Gak cuma wanita saja, para pria juga dianjurkan untuk melakukan serangkaian perawatan kulit atau skincare. Selain berfungsi untuk menjaga penampilan, perawatan kulit juga membantu kamu untuk menjaga kesehatan kulit dan tetap ternutrisi. 

Namun, masih banyak yang belum tahu jika skincare juga memiliki urutan pakai yang wajib kamu terapin, Bro! Jika selama ini rangkaian skincare yang kamu lakukan tidak memberikan hasil yang signifikan, maka bisa saja penyebabnya adalah kesalahan urutan pemakaian skincare. 

Nah, kamu gak mau salah lagi kan? Yuk, langsung saja simak urutan skincare hariannya berikut ini. Enjoy the list!

1. Rutin membersihkan wajah menggunakan facial wash

Anti Ribet! 6 Urutan Skincare Harian untuk Pria yang Wajib DilakukanUnsplash.com/Curology

Membersihkan wajah menggunakan facial wash merupakan langkah terpenting dalam rangkaian rutinitas perawatan kulitmu. Setelah sepanjang hari kamu beraktivitas, kulitmu akan terpapar kotoran, bakteri, dan memproduksi sebum yang menumpuk di permukaan kulit. Oleh karena itu, kamu sangat dianjurkan untuk membersihkan kulit wajah menggunakan facial wash minimal dua kali dalam sehari. 

Membersihkan wajah menggunakan facial wash ini juga akan membantu kamu dalam mencegah timbulnya jerawat dan pori-pori tersumbat. Yuk dilakukan, Bro, 

2. Gunakan toner setelah membersihkan wajah dengan facial wash

Anti Ribet! 6 Urutan Skincare Harian untuk Pria yang Wajib DilakukanUnsplash.com/ Christin Hume

Setiap kali kamu membersihkan wajah menggunakan facial wash, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memulihkan pH alami pada kulitmu. Nah, disini lah toner bertugas untuk menenangkan dan mengembalikan pH kulitmu setelah dibersihkan menggunakan facial wash. 

Meski terlihat sepele, namun toner memiliki segudang manfaat buat kesehatan kulit wajahmu, Bro. Mulai dari menyeimbangkan pH, menyusutkan, dan mengencangkan pori. Selain itu, juga untuk mengatasi jerawat, melembapkan dan menutrisi kulit, hingga menambah lapisan pelindung pada kulit. Jadi, mulai sekarang kamu gak boleh lagi lupa untuk mengaplikasikan toner ke wajah tepat setelah kamu selesai membersihkan wajah menggunakan facial wash. 

3. Pakai serum sesuai dengan kebutuhamu

Anti Ribet! 6 Urutan Skincare Harian untuk Pria yang Wajib DilakukanUnsplash.com/ Chelsea shapouri

Menggunakan serum secara rutin memang menjadi salah satu dari serangkaian skincare yang gak boleh kamu lewatkan, Bro! Serum menjadi salah satu kunci di balik suksesnya rangkaian skincare yang kamu lakukan. Pasalnya, serum mengandung konsentrasi bahan aktif tertinggi yang mampu menangani berbagai masalah kulit.

Serum memiliki sifat spesialisasi, sehingga kamu perlu mengetahui terlebih dahulu, masalah kulit apa yang ingin kamu atasi melalui penggunaan serum. Misalnya, jika kulit kusam adalah masalah yang hendak kamu atasi, maka pilihlah serum yang mengandung vitamin C. Namun, jika kamu memiliki masalah kulit keriput, maka pilihlah serum yang mengandung kompleks peptida. Oleh karena itu, penggunaan serum harus disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu ya, Bro!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Skincare untuk Kontrol Kulit Berminyak, Sudah Punya Bro?

4. Aplikasikan pelembap secara rutin

Anti Ribet! 6 Urutan Skincare Harian untuk Pria yang Wajib DilakukanUnsplash.com/ The Creative Exchange

Urutan selanjutnya adalah penggunaan pelembap atau moisturizer. Sesuai dengan namanya, penggunaan pelembap pada wajah bertujuan untuk melembapkan wajahmu sepanjang hari. Selain itu, penggunaannya secara rutin juga sebagai pelindung di atas kulit untuk membantu mencegah kotoran yang berpotensi menyumbat pori-pori. Moisturizer juga bertanggung jawab dalam melindungi wajah dari bakteri. 

Dalam mengaplikasikan pelembap pada wajah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, Bro! Jika kamu memiliki kulit yang cenderung berminyak, maka aplikasikan pelembap sedikt saja secara merata. Sebab, jika menggunakannya terlalu banyak, hal itu dapat memperburuk kondisi wajahmu dan malah menimbulkan jerawat. Tapi, jika kulitmu cenderung kering, kamu bisa menggunakan pelembap secukupnya untuk memastikan kulit kamu terasa terhidrasi secara menyeluruh saat disentuh.

5. Atasi kerutan di bawah mata dengan eye cream

Anti Ribet! 6 Urutan Skincare Harian untuk Pria yang Wajib DilakukanUnsplash.com/ lorealparisusa.com

Area di bawah mata memang menjadi bagian yang sangat sensitif dan paling berisiko terhadap munculnya kerutan atau gari-garus halus. Untuk mengatasi masalah ini, kamu sangat dianjurkan untuk menggunakan produk eye cream secara rutin. Penggunaan produk eye cream secara rutin juga akan memberikan efek ganda. Yakni memperlambat penuaan, sekaligus membantu mencerahkan kulit. Masih mau menolak untuk pakai eye cream? 

6. Jangan lupa pakai sunscreen

Anti Ribet! 6 Urutan Skincare Harian untuk Pria yang Wajib DilakukanUnsplash.com/ Clarissa Watson

Jika selama ini kamu berpikir sunscreen hanya dibutuhkan saat pergi ke pantai, maka kamu telah salah besar, Bro! Pemikiran tersebut sangatlah salah. Sebab, faktanya kamu akan berisiko mengalami kerusakan kulit pada tingkat tertentu setiap kali terpapar cahaya matahari. Salah satu masalah yang paling sering muncul akibat paparan sinar matahari adalah penuaan dini pada kulit, sekaligus menjadi faktor munculnya kanker kulit dalam jangka panjang.

Nah, gak mau kan hal itu terjadi pada dirimu? Untuk itu gunakanlah sunscreen sebelum kamu memulai aktivitas. Baik kamu yang beraktivitas di dalam ruangan maupun bagi kamu yang beraktivitas di luar ruangan.

Well, itulah tadi keenam urutan rangkaian skincare harian yang wajib kamu lakukan, Bro! Nah, sekarang kamu jadi tahu kan, kalau rangkaian skincare juga memiliki urutan yang gak boleh sembarangan dalam mengaplikasikannya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Gak Main-main! 5 Manfaat Moisturizer Dalam Rangkaian Skincare Pria

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya