Comscore Tracker

5 Skincare untuk Pria Kulit Berminyak, Wajib Punya!

Selamat tinggal minyak berlebih

Memproduksi kelenjar sebasea yang lebih banyak daripada perempuan, kulit wajah pria cenderung lebih berminyak. Minyak tersebut sebenarnya memang dibutuhkan oleh kulit. Namun, jika jumlahnya berlebihan bisa mengganggu penampilanmu atau bahkan dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Memiliki kulit berminyak mengharuskan kita melakukan perawatan yang khusus ketimbang kulit yang normal. Lalu bagaimana cara mengontrol minyak berlebih di wajah? Berikut lima skincare untuk pria dengan kulit berminyak. Yuk, simak sampai akhir!

1. Face wash

5 Skincare untuk Pria Kulit Berminyak, Wajib Punya!Ilustrasi face wash (unsplash.com/Mathilde Langevin)

Untuk mengurangi kadar minyak yang ada di wajah, kamu perlu mencucinya dengan face wash secara rutin. Lakukan setidaknya dua kali sehari, di pagi hari dan sebelum tidur. Gunakan gentle face wash untuk hasil yang lebih maksimal.

Jangan cuci mukamu terlalu sering, agar kulit tidak menjadi kering. Terlalu kering malah dapat memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Hindari juga penggunaan sabun yang memiliki bahan yang agresif supaya terhindar dari iritasi kulit.

2. Toner

5 Skincare untuk Pria Kulit Berminyak, Wajib Punya!Ilustrasi toner (pexels.com/Ray Piedra)

Setelah mencuci muka dengan menggunakan face wash, memakai toner adalah langkah yang diperlukan. Toner berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit dan mencegah produksi sebum yang berlebih. Kulitmu menjadi tidak kering dan juga minyak di wajah bisa terkontrol dengan baik.

Kamu bisa menggunakan toner dua kali sehari setelah membersihkan wajah dengan sabun. Namun, waktu terbaik memakainya adalah ketika pagi hari. Pakai toner yang mengandung bahan alami. Hindari produk yang menggunakan alkohol agar kulitmu tidak iritasi.

3. Moisturizer

5 Skincare untuk Pria Kulit Berminyak, Wajib Punya!Ilustrasi moisturizer (unsplash.com/Poko Skincare)

Moisturizer atau pelembap kulit merupakan salah satu basic skincare yang harus kamu pakai. Mungkin beberapa orang dengan kulit berminyak menghindari penggunaan moisturizer karena takut terlihat lebih berminyak. Namun hal tersebut bisa dihindari dengan penggunaan produk yang oil-free.

Pelembap memiliki fungsi yang penting untuk wajah kita. Kulit tetap lembut dan terhidrasi dengan menggunakannya. Selain itu, moisturizer dapat mencegah lapisan kulit paling atas kehilangan air sehingga tidak menjadi kering.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Produk Scrub Cowok Berdasarkan Kulit Wajah

4. Sunscreen

5 Skincare untuk Pria Kulit Berminyak, Wajib Punya!Ilustrasi sunscreen (unsplash.com/Arthur Pereria)

Penting untuk melindungi wajah kita dari paparan sinar matahari. Sinar UV yang dihasilkannya dapat membuat penggunaan skincare yang kita lakukan menjadi sia-sia. Maka dari itu, penggunaan sunscreen menjadi suatu keharusan.

Untuk kulit berminyak, kamu bisa memilih sunscreen yang oil-free dan bertekstur ringan. Jika kamu ingin lebih simpel, carilah produk moisturizer yang mengandung sunblock di dalamnya.

5. Face mask

5 Skincare untuk Pria Kulit Berminyak, Wajib Punya!Ilustrasi face mask (pexels.com/cottonbro)

Salah satu cara mengontrol minyak yang ada di kulit adalah menggunakan face mask. Selain itu, produk ini berguna untuk memberikan gizi terhadap kulit. Kamu cukup menggunakannya sekali dalam seminggu. Pakai setelah mencuci muka dan mengeringkannya.

Gunakan clay mask untuk mengangkat kotoran dan minyak berlebih. Jangan lupa aplikasikan moisturizer setelah penggunaan mask ini. Ini untuk menghindari kulit menjadi kering setelah penggunaan clay mask.

Itu dia lima skincare untuk kamu para pria dengan kulit berminyak, supaya kulit wajah makin terawat dan sehat. Jadi, mana yang sudah kamu pakai?

Baca Juga: Promo Skincare dan Produk Grooming Pria Oktober 2021, Murah Meriah!

MUHAMMAD LUKMAN FATHONI Photo Writer MUHAMMAD LUKMAN FATHONI

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya