Comscore Tracker

5 Penyebab Pria Mengeluarkan Banyak Keringat, Kamu Harus Tahu! 

Yuk, dipelajari!

Berkeringat mungkin menjadi hal yang normal bagi sebagian orang, terutama pria. Ketika kita melakukan banyak aktivitas seperti memasak atau berolahraga, kita mungkin akan mengeluarkan keringat secara ekstra.

Namun, apa jadinya jika tubuh mengeluarkan keringat yang berlebihan? Apakah kondisi tersebut bisa dibilang normal? Berikut ini adalah lima penyebab pria mengeluarkan banyak keringat yang harus diperhatikan.

1. Pria dengan berat badan yang berlebih

5 Penyebab Pria Mengeluarkan Banyak Keringat, Kamu Harus Tahu! ilustrasi pria dengan berat badan yang berlebih (unsplash.com/Ehimetalor Akhere Unuabona)

Pria yang mempunyai kelebihan berat badan atau obesitas memiliki kecenderungan lebih mudah mengeluarkan keringat. Hal tersebut disebabkan ketika melakukan kegiatan, pria dengan berat badan berlebih memerlukan lebih banyak energi.

Energi yang berasal dari proses metabolisme tubuh juga menjadi lebih besar. Karena proses metabolisme tersebut, suhu inti tubuh cenderung meningkat. Untuk mendinginkannya, kulit perlu untuk mengeluarkan keringat. Oleh karena itu, bagi kamu yang mempunyai badan besar, akan mengeluarkan keringat lebih banyak bila dibandingkan dengan mereka yang mempunyai postur tubuh lebih kecil.

2. Faktor emosi atau kondisi psikologis tertentu 

5 Penyebab Pria Mengeluarkan Banyak Keringat, Kamu Harus Tahu! ilustrasi pria yang sedang mengalami stres (unsplash.com/Christian Erfurt)

Stres bisa menjadi pemicu tubuh untuk mengeluarkan keringan lebih banyak. Kondisi tubuh yang tidak rileks inilah yang menjadi penyebab tubuh bereaksi mengeluarkan keringat. Jika kamu mengeluarkan banyak keringat tanpa alasan yang jelas, bisa jadi kamu sedang mengalami stres, kecemasan, atau rasa gugup.

Kamu sebaiknya memperhatikan area ketiak, telapak tangan, dan telapak kaki.  Selain itu, timbulnya keringat yang diakibatkan oleh emosi atau kondisi psikologis tertentu dapat menyebabkan keringan berbau lebih menyengat.

3. Pria sebenarnya mengeluarkan keringat lebih banyak dibandingkan perempuan

5 Penyebab Pria Mengeluarkan Banyak Keringat, Kamu Harus Tahu! ilustrasi pria berkeringat (unsplash.com/Nathan Dumlao)

Pria biasanya mempunyai bentuk tubuh yang lebih besar bila dibanding perempuan. Tentunya hal tersebut membuat berat badan dan massa otot juga lebih besar. Ternyata walaupun perempuan mempunyai lebih banyak kelenjar keringat, pria malahan mengeluarkan keringat lebih banyak.

Keringat dikeluarkan untuk mendinginkan badan saat suhu tubuh terlalu panas. Rata-rata pria biasanya kurang bisa menjaga suhu normal tubuh, sehingga saat suhu tubuh mengalami peningkatan, secara otomatis akan memproduksi lebih banyak keringat.

Baca Juga: 5 Pilihan Skincare dengan Kandungan Peptide, Bikin Kulit Awet Muda!

4. Tidak menjaga konsumsi pola makan

5 Penyebab Pria Mengeluarkan Banyak Keringat, Kamu Harus Tahu! ilustrasi kopi (unsplash.com/Fahmi Fakhrudin)

Pola makan menjadi salah satu pemicu seberapa banyak keringat yang dihasilkan oleh tubuh. Pria yang cenderung rutin minum beberapa cangkir kopi akan lebih mudah berkeringat.

Karena bersifat diuretik, kopi dapat meningkatkan sistem sekresi, baik melalui air seni atau keringat. Selain kopi, minuman beralkohol mempunyai sifat diuretik juga dapat meningkatkan produksi keringat. Tak sampai disitu, hidangan pedas dapat menambah suhu tubuh sehingga keringat pun jadi lebih cepat diproduksi.

5. Kondisi medis

5 Penyebab Pria Mengeluarkan Banyak Keringat, Kamu Harus Tahu! ilustrasi orang yang sedang memegang setir sepeda (unsplash.com/MedicAlert UK)

Faktor lainnya yang tak kalah penting adalah karena kondisi medis atau bisa juga disebut hiperhidrosis. Kondisi tersebut umumnya ditandai dengan berkeringat secara ekstra atau bahkan bisa sampai mengganggu fungsi normal sehari-hari.

Sebagai contoh, kesulitan dalam memegang setir ketika berkendara atau merasa tidak nyaman ketika mengetik di papan keyboard komputer. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti infeksi, hipertiroid atau hipoglikemia. 

Itulah beberapa penyebab pria mengeluarkan banyak keringat yang perlu banget kamu ketahui. Bermanfaat banget, lho!

Baca Juga: 5 Produk Skincare dengan Kandungan Kaktus, Bikin Kulit Glowing!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya