Comscore Tracker

Perhatikan Bro, Ini 5 Cara Membersihkan Kuku pada Pria  

#IDNTimesMen Kuku pria juga perlu rutin dibersihkan lho

Kuku merupakan bagian tubuh pada pria yang jarang sekali menjadi perhatian. Kebanyakan pria akan lebih memerhatikan rambut atau wajahnya dalam berpenampilan. Padahal menjaga hal kecil seperti kebersihan kuku juga layak diperhatikan seorang pria lho.

Pasalnya tak jarang para wanita merasa ilfil saat bertemu dengan pria yang kukunya kotor. Selain kurang enak dipandang, kuku yang kotor juga bisa menjadi sumber penyakit lho, Bro.

Nah, agar kuku kamu senantiasa bersih dan sehat, kamu bisa simak lima cara membersihkan kuku pada pria yang sudah IDN Times rangkum di bawah ini ya, Bro.

1. Rutin memotong kuku satu hingga dua minggu sekali

Perhatikan Bro, Ini 5 Cara Membersihkan Kuku pada Pria  Gunting kuku (pixabay/Silberfuchs)

Hal paling mudah yang bisa kamu lakukan dalam membersihkan kuku adalah dengan rutin memotongnya. Tentu gunting kuku sudah menjadi hal yang wajib ada di meja grooming kamu bukan, Bro? Namun jangan sampai kamu kelupaan memotong kuku hingga kuku kamu memanjang dan kotor.

Biasanya kuku tangan sudah tumbuh cukup panjang dalam jangka waktu satu minggu, sedangkan kuku kaki lebih lambat tumbuhnya. Sehingga kamu bisa rutin memotong kuku tangan setidaknya seminggu sekali. Sedangkan untuk kuku kaki, kamu bisa memotongnya setiap dua minggu sekali. Waktu yang paling tepat memotong kuku adalah setelah mandi, karena kuku masih lembap sehingga lebih mudah dipotong.

Saat memotong kuku, kamu juga sebaiknya menghindari kutikula atau bagian kulit tipis penghubung kuku dan jarimu ikut terpotong karena bisa menimbulkan rasa sakit. 

2. Jangan ragu untuk menggunakan kikir kuku setelah memotong kuku 

Perhatikan Bro, Ini 5 Cara Membersihkan Kuku pada Pria  Ilustrasi proses kikir kuku (pexels/cottonbro)

Setelah dipotong menggunakan gunting kuku, biasanya bagian ujung kuku akan terasa tajam akibat proses pemotongan kuku. Nah, cara agar ujung kuku tidak tajam adalah dengan mengikirnya.

Biasanya jika kamu membeli satu set produk perawatan kuku, di dalamnya terdapat kikir kuku khusus yang bisa membantu menumpulkan ujung kuku setelah dipotong. Jika kamu tidak memiliki kikir kuku, biasanya di bagian dalam gunting kuku ada bagian yang memiliki garis-garis rapat yang dapat difungsikan juga sebagai kikir kuku. Bagian pada gunting kuku tersebut cukup membantu untuk mengikir kuku meski akan lebih maksimal jika menggunakan kikir kuku yang sesungguhnya.

Cara menggunakannya, kamu tinggal menggosokkan pelan-pelan kikir kuku ke ujung kuku yang tajam hingga dirasa bagian tersebut mulai menumpul. Lakukan ke semua kuku kamu setelah dipotong ya, Bro!

Baca Juga: 5 Tips Memakai Pomade Buat Pria yang Bikin Rambut Makin Rapi

3. Bersihkan kotoran di sela-sela kuku yang tidak terjangkau gunting kuku

Perhatikan Bro, Ini 5 Cara Membersihkan Kuku pada Pria  Ilustrasi kuku pria (pexels/João Jesus)

Terkadang setelah memotong kuku, ada bagian kotoran di sela-sela kuku yang tidak ikut terbuang. Padahal kotoran tersebut bisa mengandung bakteri lho, Bro. Sehingga kamu perlu banget untuk membersihkan kotoran di sela-sela kuku tersebut.

Ada alat khusus dengan ujung meruncing yang bisa membersihkan kotoran di sela-sela kuku. Biasanya alat ini juga sudah ada di dalam gunting kuku, sehingga kamu bisa menggunakannya saat sedang memotong kuku, Bro.

Karena gunting kuku dan berbagai peralatan pembersih kuku ini dapat kontak langsung dengan kotoran kuku yang memungkinkan menyebabkan penyakit, maka sebaiknya kamu memiliki peralatan pembersih kuku kamu sendiri dan hindari meminjamkannya ke orang lain untuk saling menjaga kesehatan ya, Bro.

4. Bersihkan kuku setiap mandi

Perhatikan Bro, Ini 5 Cara Membersihkan Kuku pada Pria  Ilustrasi mencuci kuku saat mandi (pexels/Samad Deldar)

Selain membersihkan menggunakan berbagai alat pembersih kuku, kamu juga bisa membersihkan kuku sembari mandi lho, Bro. Kamu harus pastikan kuku kamu juga ikut dibersihkan saat kamu mandi menggunakan sabun. Beri busa di sela-sela kuku kamu dan gosok-gosokkan ke telapak tangan agar kotoran di dalam kuku terangkat.

Selain itu, kamu juga perlu membersihkan kuku kaki kamu saat mandi, Bro. Saat sedang memakai sabun jangan lupa gosok sela-sela kuku kaki menggunakan tangan yang sudah dibasahi sabun. Cara ini juga bisa membantu mengangkat kotoran yang ada di sela-sela kuku kaki lho, Bro.

Jika ingin membersihkan kuku kaki sekaligus membuat kaki lebih rileks, kamu juga bisa merendam kaki kamu di air hangat lho, Bro. Merendam kaki di air hangat juga bisa membantu mengangkat kotoran ringan di sela kuku kaki kamu. 

5. Pria juga boleh lakukan manikur dan pedikur di salon lho

Perhatikan Bro, Ini 5 Cara Membersihkan Kuku pada Pria  Ilustrasi perawatan kuku di salon (pixabay/yanweig86)

Manikur dan pedikur memang lebih banyak dilakukan oleh wanita, namun saat ini sudah banyak salon yang juga menyediakan manikur dan pedikur khusus pria lho, Bro. Di salon perawatan kuku ini, pihak salon akan memberikan perawatan total untuk kuku tangan dan kaki kamu. Alat yang digunakan juga biasanya sudah disterilkan agar aman digunakan. Sehingga kamu gak perlu repot lagi untuk membersihkan kuku sendiri, Bro.

Gak ada salahnya untuk sesekali mencoba manikur dan pedikur di salon, agar kamu juga lebih paham bagaimana proses membersihkan kuku yang dilakukan oleh para profesional.

Jadi lebih sehat dan percaya diri dengan kuku yang bersih bukan, Bro?

Baca Juga: Wajib Dilakukan, 5 Cara Mengatasi Bibir Kering pada Pria

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya