Comscore Tracker

7 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Deodoran di Baju, Anti Ribet!

Bisa kamu lakukan sendiri di rumah! #IDNTimesMen

Sebagian deodoran memang meninggalkan bekas di baju, terutama di sekitar ketiak. Tentunya hal tersebut bisa merusak penampilan dan bikin kamu merasa kurang percaya diri. Jika dibiarkan lebih lama, noda bekas deodoran ini akan menjadi lebih tebal dan membuat kain menjadi rusak.

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan noda bekas deodoran. Seperti tujuh cara berikut ini!

1. Soda kue 

7 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Deodoran di Baju, Anti Ribet!Ilustrasi soda kue (pexels.com/Kaboompics .com)

Kamu gak perlu repot menghilangkan bekas deodoran yang menempel di baju. Campurkan bubuk soda kue dan air dengan perbandingan 3:1 untuk membuat adonan kental. Setelah itu, oleskan ke noda dan diamkan selama beberapa jam.

Setelah kering, sikat atau cuci pada temperatur tinggi. Ternyata cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan noda deodoran yang sudah kering dan menguning. 

2. Detergen

7 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Deodoran di Baju, Anti Ribet!Ilustrasi penggunaan deterjen (pexels.com/Karolina Grabowska)

Coba taburkan detergen di area noda yang menempel di baju. Basahi sedikit saja menggunakan air, kemudian diamkan beberapa saat pada pakaian sebelum menggunakan mesin cuci atau mencucinya dengan tangan. 

Daripada mencucinya dengan mesin, akan lebih efektif jika kamu membersihkannya dengan tangan. Kamu bisa fokus membersihkan di area noda yang menguning. Gunakan bantuan sikat untuk membersihkannya. 

3. Perasan jeruk lemon 

7 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Deodoran di Baju, Anti Ribet!Ilustrasi perasan lemon (unsplash.com/pixpoetry)

Cara alami lainnya yang juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda deodoran adalah menggunakan perasan jeruk lemon. Kamu bisa mencampurkan perasan jeruk lemon dengan air dalam rasio 1:1.

Oleskan ke noda dan diamkan di bawah sinar matahari selama sejam sebelum membilas dan mencucinya seperti biasa. Trik penghilang noda ini bisa membantu saat darurat!

Baca Juga: Jangan Keburu Dijahit, Begini 5 Cara Mudah Atasi Kemeja Bolong

4. Cuka putih

7 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Deodoran di Baju, Anti Ribet!Ilustrasi cuka (pixabay.com/SofiLayla)

Tanpa perlu repot, kamu bisa mencampurkan 3 sendok makan cuka putih dengan 3 sendok makan air. Selanjutnya, semprotkan ke bagian bekas noda. Kamu bisa juga merendam dan mendiamkan pakaian selama kurang lebih sejam dalam larutan cuka putih. Lalu, sikat hingga bersih dan cuci dengan detergen seperti biasa. Mudah banget, kan!

5. Bubuk aspirin

7 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Deodoran di Baju, Anti Ribet!Ilustrasi aspirin (pexels.com/cottonbro)

Teknik satu ini gak bisa digunakan untuk menghilangkan noda pada berbagai macam baju. Bubuk aspirin hanya bisa digunakan pada pakaian putih. Caranya mudah banget! Cukup hancurkan tiga atau empat tablet aspirin, kemudian campur dengan sedikit air. Setelah itu, tuangkan larutan aspirin ke dalam rendaman baju dengan air hangat selama kurang lebih 3 jam. Kemudian cuci seperti biasa.

6. Alkohol

7 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Deodoran di Baju, Anti Ribet!Ilustrasi alkohol (pexels.com/Anna Shvets)

Bahan satu ini tidak kalah efektif dibandingkan dengan bahan lainnya. Selain itu, cara penggunaannya pun mudah banget. Kamu hanya perlu meneteskan alkohol di bagian yang terkena noda. Setelah itu diamkan kurang lebih 15 menit, dan kucek hingga noda hilang dengan detergen. 

7. Garam

7 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Deodoran di Baju, Anti Ribet!Ilustrasi garam (pexels.com/Artem Beliaikin)

Garam ternyata mempunyai kemampuan menghilangkan noda yang cukup efektif digunakan, tinggal campurkan garam dengan air hangat hingga larut. Tambahkan dengan sedikit air lemon atau cuka. Selanjutnya, rendam bagian baju yang terkena noda deodoran. Kucek hingga bersih, dan bilas. Lalu, cuci lagi dengan detergen.

Itulah tujuh cara menghilangkan bekas deodoran yang menempel di baju. Ketujuh cara tersebut mudah banget untuk dilakukan di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga: Bukan Cuma Buat Kondangan, Ini 5 Alasan Cowok Wajib Punya Batik!

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :) let's be moot @yosnarij

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya