Comscore Tracker

5 Tips Memilih Pomade yang Tepat Sesuai Jenis Rambut

Jangan sampai salah pilih! #IDNTimesMen

Setiap cowok pasti pernah menggunakan pomade untuk menata rambut mereka. Bisa dibilang jika pomade jadi barang wajib bagi cowok sebelum keluar rumah buat bikin tampilan rambut klimis rapi. Mau rambut pendek, medium, keriting, atau lurus bisa menggunakan pomade. Ada beberapa jenis pomade yang bisa dipilih.

Supaya kamu gak salah pilih, coba baca lima tips memilih pomade yang benar berdasarkan jenis rambut di bawah ini. Baca sampai tuntas!

1. Rambut keriting 

5 Tips Memilih Pomade yang Tepat Sesuai Jenis RambutPria berambut keriting (unsplash.com/Brock Wegner)

Siapa bilang cowok berambut keriting gak memerlukan pomade untuk mengatur rambut mereka? Buat kamu yang punya rambut keriting, seharusnya merasa senang nih karena secara umum sudah memiliki volume rambut yang cukup banyak.

Hal tersebut bikin kamu gak terlalu membutuhkan pomade yang memiliki tingkat ketahanan tinggi. Water-Based Pomade dan Light Pomade akan menjadi pomade andalan untuk hampir semua gaya rambutmu.

2. Rambut bergelombang 

5 Tips Memilih Pomade yang Tepat Sesuai Jenis RambutIlustrasi pria berambut gelombang (unsplash.com/Toa Heftiba)

Memiliki karakteristik rambut yang hampir sama dengan keriting, juga memiliki keuntungan berupa volume yang banyak. Saat kamu tidak ingin terlalu mengubah gaya rambut, maka pomade tipe Light atau Water-Based lebih disarankan untuk dipakai.

Pomade jenis tersebut akan membuat gelombang rambut terlihat mengilap. Tapi, jika kamu ingin rambut dengan gaya yang lebih lurus, pomade tipe Heavy lebih cocok dipakai untuk mempertahankan volume rambut.

3. Rambut lurus 

5 Tips Memilih Pomade yang Tepat Sesuai Jenis Rambutbespokeunit.com

Ada banyak keuntungan yang kamu dapatkan saat memiliki rambut. Rambut jenis ini mudah untuk ditata dan dibentuk menjadi berbagai gaya. Jika kamu ingin mencoba model spiky atau quiff, maka gunakan pomade dengan ketahanan lumayan.

Sebaliknya, jika ingin model rambut seperti classic slicked back, maka gunakan pomade yang memiliki hold rendah. Rambut lurus yang panjang lebih disarankan menggunakan Oil-Based Pomade atau Heavy Pomade agar daya tahannya lebih tinggi.

Baca Juga: 5 Tips Memakai Pomade Buat Pria yang Bikin Rambut Makin Rapi

4. Rambut tebal 

5 Tips Memilih Pomade yang Tepat Sesuai Jenis RambutIlustrasi pria berambut tebal (unsplash.com/Nathan Fertig)

Bagi pemilik rambut yang tebal, maka gak terlalu disarankan menggunakan pomade yang rendah hold-nya. Hal tersebut dikarenakan ketebalan rambut perlu disokong oleh pomade yang karakteristiknya kuat.

Oleh karena itu, kamu disarankan menggunakan jenis medium pomade dengan tingkat hold yang paling rendah. Oil-Based Pomade juga akan lebih cocok bagi pemilik rambut tebal.

5. Rambut tipis

5 Tips Memilih Pomade yang Tepat Sesuai Jenis RambutIlustrasi pria berambut tipis (unsplash.com/Hamza NOUASRIA)

Mempunyai rambut tipis, membuatmu harus selektif dalam memilih produk pomade yang akan digunakan. Hindari memakai pomade yang memiliki karakteristik keras, susah untuk diaplikasikan, dan terlalu banyak menarik rambut saat dioleskan.

Pomade jenis itu bisa membuat rambutmu makin tipis. Sebaiknya, pilih jenis pomade yang water based, oil based light pomade, atau oil based medium pomade.

Itulah lima tips memilih pomade berdasarkan jenis rambut yang akan membuat penampilan kamu makin stylish. Kira-kira kamu paling cocok menggunakan pomade jenis apa, Bro? Tulis di kolom komentar.

 

Baca Juga: 9 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Pria Terbaik, Praktis dan Anti Ribet!

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :) let's be moot @yosnarij

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya