Comscore Tracker

7 Tips Mengatasi Kebotakan Dini pada Pria, Caranya Sangat Mudah!

Coba ikuti langkah di bawah ini, Bro! #IDNTimesMen

Ada berbagai macam masalah rambut yang sering dialami oleh pria. Salah satu masalah rambut yang cukup mengkhawatirkan para pria adalah kebotakan. Kebotakan dapat menyebabkan seseorang menjadi minder sehingga tidak percaya diri. Terlebih mengalami kebotakan di usia yang masih muda. Mungkin terdengar sepele, namun akan berbahaya jika dibiarkan.

Supaya masalah kebotakan tidak semakin parah, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Seperti tujuh tips berikut ini. Baca sampai habis, Bro!

1. Memperbanyak makanan yang mengandung biotin

7 Tips Mengatasi Kebotakan Dini pada Pria, Caranya Sangat Mudah!ilustrasi bahan makanan (unsplash.com/ja ma)

Pola makan menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung kesehatan rambut. Buat kamu yang belum tahu, biotin merupakan salah satu zat yang mampu mengatasi kebotakan. 

Jika tubuh kekurangan biotin, maka akan berdampak pada rambut menjadi lebih mudah rontok dan rusak. Kamu bisa memperbanyak makanan yang mengandung biotin seperti telur, susu, kacang-kacangan, bawang merah, dan sereal.

2. Memijat kulit kepala

7 Tips Mengatasi Kebotakan Dini pada Pria, Caranya Sangat Mudah!Ilustrasi pria botak (unsplash.com/Isi Parente)

Selain dapat memberi efek menenangkan, memijat kulit kepala ternyata dapat merangsang pertumbuhan rambut baru dan mengurangi risiko kebotakan. Memijat kulit kepala akan memberikan stimulasi pada akar rambut.

Kamu bisa melakukan pijatan di kulit kepala dengan lembut setiap hari saat keramas atau di waktu luang. Selain itu, berikan minyak perangsang tumbuh rambut seperti minyak kelapa, jojoba, zaitun, dan sebagainya agar hasilnya maksimal.

3. Kurangi penggunaan produk styling rambut

7 Tips Mengatasi Kebotakan Dini pada Pria, Caranya Sangat Mudah!Styling rambut (unsplash.com/Louisse Lemuel Enad)

Tanpa kamu sadari, penggunaan produk-produk penataan rambut seperti gel, wax, hairspray dapat membuat rambut menjadi rapuh. Lama kelamaan, rambut akan semakin menipis hingga menimbulkan kebotakan.

Jika dirasa rambut semakin terasa menipis, sebaiknya hentikan penggunaan produk tersebut. Sementara waktu, kamu bisa menggunakan vitamin rambut untuk membuatnya lebih kuat. 

Baca Juga: 9 Inspirasi Gaya Rambut untuk Pria Bertubuh Gemuk, Pasti Cocok!

4. Ketika keramas, gunakan sampo anti rontok

7 Tips Mengatasi Kebotakan Dini pada Pria, Caranya Sangat Mudah!Ilustrasi pria sedang mandi (pexels.com/John Ray Ebora)

Saat ini sudah banyak produk sampo pria yang mengklaim dapat mencegah penipisan dan kebotakan rambut. Hal tersebut tentunya dapat bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki rambut tipis dan mengalami kebotakan.

Biasanya sampo khusus rambut rontok mengandung vitamin dan asam amino yang menyehatkan kulit kepala. Kandungan tersebut akan meningkatkan pertumbuhan rambut dari waktu ke waktu.

5. Hindari stres

7 Tips Mengatasi Kebotakan Dini pada Pria, Caranya Sangat Mudah!Ilustrasi pria mengalami stres (unsplash.com/Nik Shuliahin)

Tahukah kamu jika stres dapat memicu kerontokan rambut? Hal ini dikarenakan stres mampu menekan produksi hormon penumbuh rambut sehingga rambut menjadi mudah rontok.

Kamu bisa melakukan hal yang menyenangkan di sela aktivitas sibukmu. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan seperti olahraga ringan, liburan, mendengarkan dan bermain musik, melakukan yoga maupun meditasi, serta pastikan tidur yang cukup.

6. Gunakan minyak kelapa untuk merawat rambut

7 Tips Mengatasi Kebotakan Dini pada Pria, Caranya Sangat Mudah!Ilustrasi minyak kelapa (unsplash.com/Tijana Drndarski)

Sejak dahulu, minyak kelapa direkomendasikan sebagai salah satu bahan alami untuk merawat rambut. Agar rambutmu gak tipis dan mudah rontok, coba gunakan minyak kelapa.

Kandungan vitamin dan asam lemak dalam minyak kelapa dapat menyehatkan kulit kepala dan membantu menghilangkan penumpukan sebum dari folikel rambut. Cara yang praktis bikin kuat rambut.

7. Berhenti merokok

7 Tips Mengatasi Kebotakan Dini pada Pria, Caranya Sangat Mudah!Ilustrasi rokok (unsplash.com/Andres Siimon)

Bukan hanya memberi efek negatif pada paru-paru, merokok juga menyebabkan timbulnya uban dan kerontokan rambut. Dalam beberapa penelitian juga menunjukkan terdapat hubungan antara merokok dan kebotakan pada pria. Untuk mencegah rambut rontok dan kebotakan dengan cepat, sebaiknya mulailah dengan berhenti merokok sesegera mungkin.

Itulah tujuh tips mengatasi kebotakan dini yang bisa kamu lakukan, Bro. Agar rambut rontokmu gak semakin parah, coba segera lakukan beberapa tips di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga: Patut Dicoba, 5 Perawatan Mudah untuk Pria dengan Rambut Keriting

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :) let's be moot @yosnarij

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya