Comscore Tracker

Ini 7 Jenis Jam Tangan Mekanik yang Bisa Bikin Kamu Keren Maksimal

Suka yang mana?

Tren jam tangan dimulai oleh dunia militer pada tahun 1800 an, tugas dan misi militer yang semakin kompleks dari waktu ke waktu, mewajibkan prajurit melakukan operasi dengan tingkat keakuratan waktu yang tinggi.

Sayangnya produk jam kala itu adalah jam kantong yang konstruksinya tidak cocok dengan kondisi lapangan yang membutuhkan kepraktisan dan konstruksi kokoh.

Kendati telah menjadi komponen fashion, jam tangan masih memiliki praktikalitas yang menawarkan fungsi tertentu untuk mendukung aktivitas harian, berikut tujuh jenis jam tangan itu.

1. Time Only

Ini 7 Jenis Jam Tangan Mekanik yang Bisa Bikin Kamu Keren Maksimalhodinkee

Jam tangan time only seperti namanya, hanya menunjukkan jam serta menit pada dialnya. Jam tangan ini merupakan jenis yang memiliki movement (komponen mekanik penggerak jam yang tidak menggunakan baterai) paling sederhana. Pada beberapa model tertentu, jam tangan jenis ini juga menunjukkan detik, hari, maupun tanggal. 

2. Dive Watch

Ini 7 Jenis Jam Tangan Mekanik yang Bisa Bikin Kamu Keren Maksimalhodinkee

Jenis jam tangan ini pada dasarnya dibuat untuk para penyelam profesional baik militer maupun sipil. Namun menjadi terkenal karena identik dengan mata-mata paling tampan di muka bumi, sang James Bond.

Pada dive watch kualitas terbaik, fitur tahan air ini bisa bertahan hingga kedalaman 300 meter. Jam ini juga memiliki fitur rotating bezel dan luminosity paint. Rotating bezel  bisa difungsikan menjadi timer sedangkan luminosity paint adalah pengecatan yang mampu  membuat dial dan jarum jam bisa menyala dalam gelap guna memastikan seorang penyelam tetap mampu menghitung waktunya walau Ia tak mendapat cukup cahaya di bawah permukaan air.

3. GMT Watch

Ini 7 Jenis Jam Tangan Mekanik yang Bisa Bikin Kamu Keren Maksimalhodinkee

Jenis jam tangan ini dirancang bagi mereka yang memiliki rutinitas terbang melintasi berbagai zona waktu. Rutinitas seperti itu tentu akan menimbulkan kesulitan jika harus terus menerus menyesuaikan waktu pada jam tangan setiap kali memasuki daerah dengan zona waktu yang berbeda, untuk menyelesaikan masalah itulah jam tangan GMT dibuat. 

Jam tangan jenis ini mampu menunjukkan dua atau tiga zona waktu sekaligus sehingga memungkinkan pengguna untuk menyusun jadwalnya dengan akurat tanpa perlu khawatir keliru karena perbedaan zona waktu. 

Pada versi GMT world timer pengguna bahkan mampu melihat waktu dari puluhan zona waktu berbeda pada dial jam tangan yang sama. 

Baca Juga: Ini 5 Kepribadianmu Jika Kamu Hobi Pakai Jam Tangan di Kanan

4. Chronograph

Ini 7 Jenis Jam Tangan Mekanik yang Bisa Bikin Kamu Keren Maksimalhodinkee

Kalau dive watch dibuat untuk para penyelam maka chronograph juga memiliki asal-usul yang tak kalah menarik, chronograph sangat akrab dengan dunia balap dan penerbangan khususnya para pilot. 

Cronograph berfungsi untuk menghitung waktu seperti stopwatch. Pada dunia balap mobil fitur ini biasanya digunakan oleh pembalap dan kru balap untuk menghitung waktu tempuh pembalap dalam satu atau beberapa putaran. Pada dekade 60 an beberapa chronograph lahir dari dunia balap mobil dan kemudian menjadi jam tangan legendaris seperti Rolex Daytona dan Heuer  Carrera (sekarang Tag Heuer).

Berbeda dari dunia balap, penggunaan chronograph dalam dunia penerbangan lebih rumit karena berhubungan dengan navigasi pesawat bahkan bisa berfungsi sebagai kalkulator. Salah satu chronograph paling bersejarah bagi dunia aviasi adalah Breitling Navitimer  yang generasi pertamanya diproduksi tahun 1952.

5. Annual Calendar

Ini 7 Jenis Jam Tangan Mekanik yang Bisa Bikin Kamu Keren Maksimalhodinkee

Jam annual calendar  memiliki mekanisme yang mampu menunjukkan tanggal dan bulan dengan akurat. Walaupun dalam sistem kalender yang kita gunakan jumlah hari yang terdapat pada setiap bulannya berbeda, jam tangan jenis ini selalu tepat dalam menampilkan tanggal baik dalam bulan yang memiliki 30 hari maupun yang memiliki 31 hari.

Satu-satunya waktu untuk menyesuaikan tanggal pada jam ini adalah pada akhir bulan Februari selain menampilkan bulan dan tanggal, pada seri tertentu jam tangan jenis ini juga menampilkan fase bulan (moonphase) dari mulai bulan gelap hingga purnama.

6. Perpetual Calendar

Ini 7 Jenis Jam Tangan Mekanik yang Bisa Bikin Kamu Keren Maksimalhodinkee

Fungsi jam tangan jenis ini pada dasarnya sama dengan fungsi jam annual calendar , namun dengan kemampuan menunjukkan waktu yang jauh lebih akurat.  Perpetual calendar  tidak hanya memperhitungkan bulan dan tanggal namun juga tahun.

Dengan keakuratan yang luar biasa itu, semua jam tangan perpetual calendar  yang sudah dibuat hingga hari ini hanya perlu disesuaikan pada tahun 2100 mendatang.

7. Minute Repeater

https://www.youtube.com/embed/TUHQZ0bwmoU

Minute repeater  adalah definisi dari jangan menilai buku dari sampulnya. Jam ini jika dibandingkan dengan jenis-jenis yang sudah dibahas sebelumnya kecuali time only , mungkin adalah jam dengan tampilan paling sederhana. Tidak ada rotating bezel  atau dial yang menunjukkan banyak hal. Tapi di balik kesederhanaannya minute repeater  menyembunyikan movement yang sangat kompleks.

Minute repeater mampu memberitahukan waktu terkini kepada penggunanya walau si pengguna tidak melihat dial jam sama sekali, minute repeater  melakukan hal itu dengan membunyikan lonceng  dalam 3 ketukan dan suara berbeda. Jumlah ketukan dan suara itu menunjukan parameter berbeda yakni jam, per lima belas menit, dan jumlah menit sisa.

Di zaman serba digital kini, apa yang dapat dilakukan oleh jam tangan mekanik mungkin terdengar sederhana dan mampu dilakukan dengan mudah oleh smartphone.

Namun demikian jam tangan mekanik melakukan itu semua dengan cara yang berbeda, tidak dengan tenaga listrik dari baterai maupun coding program pada processor komputer melainkan lewat setiap roda gigi, pegas, dan jewel  yang disusun sedemikian presisi bahkan diukir dengan tangan, membuat jam tangan mekanik bukan hanya sekadar alat ukur waktu melainkan perpaduan sempurna antara keteknikan, tradisi dan seni.

Nilai inilah yang membuat jam tangan mekanik masih eksis sebagai barang bernilai tinggi hingga saat ini.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Jam Tangan Merk Lokal, Desain Minimalis Harga Ekonomis

Putu Adnyana Photo Writer Putu Adnyana

Menulis untuk berbagi semangat, rasa bangga dan senyuman. ig : iputu_setya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya