Comscore Tracker

Apa Itu Faux Leather? Ketahui Cara Merawat dan Membersihkannya

Terbuat dari polyurethane dan polyvinyl chloride

Apakah kamu sudah tidak asing dengan faux leather? Faux leather adalah bahan sintetis yang sering digunakan sebagai material untuk produk dompet, tas, atau jaket.

Namun, apakah kamu sudah tahu apa sebenarnya yang dimaksud faux leather? Berikut IDN Times akan merangkum penjelasan tentang faux leather adalah beserta cara merawat dan cara membersihkannya. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Apa itu faux leather?

Apa Itu Faux Leather? Ketahui Cara Merawat dan Membersihkannyailustrasi kumpulan sepatu kulit sintetis (Pexels.com/cottonbro (kiri) | Pexels.com/Alexandra Maria (tengah) | Pexels.com/Terje Sollie (kanan))

Faux leather adalah bahan kulit imitasi atau sintetis yang secara umum berbahan dasar polyurethane (PU) dan poyvinyl chloride (PVC-Vinyl). Kemudian bahan tersebut melalui proses emboss, sehingga memiliki tekstur seperti kulit asli yang biasanya terbuat dari kulit sapi, domba, atau kambing.

Meski sama-sama disebut faux leather, kulit sintetis yang terbuat dari bahan PU dan PVC memiliki perbedaan pada struktur, breathability, dan ketahanan atau daya tahan. Umumnya, faux leather dengan bahan PVC lebih tahan lama, bahkan hingga seumur hidup.

Bahan faux leather biasanya bisa kamu temukan pada berbagai produk, mulai dari produk fashion seperti jaket, dompet, atau tas hingga produk rumah tangga seperti kursi dan sofa. Berbeda dengan produk yang menggunakan kulit asli, produk dengan faux leather memiliki harga yang jauh lebih terjangkau.

2. Cara merawat dan membersihkan faux leather

Apa Itu Faux Leather? Ketahui Cara Merawat dan Membersihkannyailustrasi lap microfiber untuk membersihkan sepatu kulit sintetis (Pixabay.com/bluebudgie)

Setiap produk tentu perlu dirawat agar tidak cepat rusak dan tahan lama, termasuk faux leather. Cara merawat faux leather adalah sangat mudah. Kamu cukup sekali-sekali mengelap permukaannya dengan kain yang memiliki serat lembut dan non-abrasif, sepeti lap microfiber.

Supaya makin bersih, buat campuran air dan sabun cair. Kemudian rendam kain lembut tersebut ke dalam wadah yang berisi campuran tersebut. Lalu peras kain dan lap permukaan kulit sintetis pada produk yang kotor.

Cara membersihkan faux leather yang terdapat noda membandel juga bisa menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi campuran air dan sabun. Setelah itu, lap menggunakan kain lembut yang kering dan pastikan tidak ada sisa sabun yang masih menempel.

Baca Juga: Daftar Harga Sepatu Jordan Termahal, Ada yang Berlapis Emas!

3. Hal yang harus diperhatikan

Apa Itu Faux Leather? Ketahui Cara Merawat dan Membersihkannyailustrasi silica gel (pixabay.com/multifacetedgirl)

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat dan membersihkan faux leather. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Hindari produk faux leather dari paparan sinar matahari langsung. Sebab kulit sintetis cenderung sensitif terhadap sinar matahari. Jika sering terkena sinar matahari langsung, faux leather lama kelamaan akan memudar dan rusak.
  2. Gunakan produk pembersih atau sabun yang tidak terlalu keras kandungannya karena akan merusak bahan PU pada faux leather.
  3. Jangan menggunakan produk bleach pada faux leather karena akan merusak struktur kulit, sehingga lebih cepat crack.
  4. Letakkan produk dengan faux leather berjarak dengan produk lainnya. Sebab gesekan antara kulit sintetis dan barang lainnya bisa menyebabkan permukaan kulit bisa lecet.
  5. Gunakan silica gel pada produk faux leather supaya tidak berjamur.

Nah, itu dia penjelasan tentang faux leather adalah beserta cara merawat dan membersihkannya. Sekarang kamu bisa mempraktikkannya pada produk kulit sintetis milikmu, ya.

Baca Juga: 30 Rekomendasi Sepatu Docmart Terbaik yang Bikin Tampil Edgy

Topic:

  • Yogama Wisnu
  • Wahyu Kurniawan
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya