Comscore Tracker

7 Cara Membersihkan Sepatu Putih biar Tampak Baru Kembali

Pencinta sneakers wajib tahu nih!

Saat beraktivitas, ketika kita memakai sepatu putih tanpa disadari noda-noda dan kotoran akan menempel dengan sepatu putih kita. Warnanya yang cerah membuat sepatu ini mudah sekali kotor.

Sepatu putih memang terlihat sangat stylish dan bikin penampilanmu jadi keren. Namun, di balik tampilannya yang keren dan stylish, sepatu putih membutuhkan cara khusus untuk membersihkannya.

Buat kamu yang lagi bingung cara membersihkannya, berikut ini tujuh cara membersihkan sepatu putih seperti baru kembali yang bisa kamu sontek. Simak baik-baik, ya!

1. Baking soda dan cuka putih

7 Cara Membersihkan Sepatu Putih biar Tampak Baru KembaliIlustrasi baking soda (pexels.com/Kaboompics .com)

Kamu bisa memakai baking soda dan cuka putih untuk membersihkan kotoran yang menempel pada sepatu. Caranya dengan campurkan satu sendok makan air panas, cuka putih, dan baking soda. Kemudian aduk semua bahan hingga teksturnya berubah menjadi pasta.

Sesudah itu, kamu bisa sikat sepatu menggunakan pasta tadi sampai bersih. Setelah selesai, bersihkan sisa-sisa campuran baking soda dan cuka dengan menepuk-nepuk sepatu dengan perlahan.

2. Pasta gigi

7 Cara Membersihkan Sepatu Putih biar Tampak Baru KembaliIlustrasi pasta gigi (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kamu bisa manfaatkan barang ini selain dipakai untuk membersihkan gigi. Pasta gigi mampu menghilangkan noda kuning pada sepatu putih tanpa merusak warna asli. Pilihlah pasta gigi yang bersifat non-gel dan aplikasikan pada sikat gigi yang sudah dibasahi air.

Kemudian, sikat sepatu dengan gerakan melingkar untuk mengangkat kotoran. Jika sudah selesai kamu bisa mengelapnya dengan dengan kain yang sudah dibasahi air.

3. Sabun cuci piring

7 Cara Membersihkan Sepatu Putih biar Tampak Baru KembaliIlustrasi sabun cuci piring (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sabun pembersih yang mudah kamu jumpai ini ternyata mampu menghilangkan noda pada sepatu putih juga, lho. Kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok teh sabun cuci piring ke dalam air hangat.

Siapkan air hangat sebanyak 240ml, kemudian aduk campuran sabun cuci piring dan air tadi. Jika sudah tercampur, sikatlah sepatu pada bagian yang bernoda. Mudah bukan?

Baca Juga: 6 Cara Merawat Sepatu Agar Tidak Cepat Rusak dan Tahan Lama

4. Sampo

7 Cara Membersihkan Sepatu Putih biar Tampak Baru KembaliIlustrasi shampo (unsplash.com/Mathilde Langevin)

Selain membersihkan rambut, ternyata sampo juga mampu untuk membersihkan sepatu putih agar tampak baru lagi. Bahan pada sampo dapat meluruhkan noda dan kotoran secara menyeluruh hingga permukaan sepatu kembali putih bersih.

Ambil sampo secukupnya dan oleskan pada bagian kotor. Kemudian gosok dengan lembut memakai sikat gigi atau spons hingga bersih, lalu bilas dengan air.

5. Semir sepatu

7 Cara Membersihkan Sepatu Putih biar Tampak Baru KembaliIlustrasi semir sepatu (pexels.com/Anna Shvets)

Semir sepatu juga bisa digunakan untuk membersihkan sepatu putih. Caranya, dengan menggunakan semir berwarna netral, sehingga sepatu putih kamu terlihat bersih layaknya beli baru.

Namun, kamu harus berhati-hati jika ingin menggunakan semir sebagai pembersih sepatu putih. Pastikan dulu bahwa bahan sepatu kamu dan semir yang akan digunakan cocok.

Kamu bisa mengetesnya dengan mencoba pada bagian kecil. Jika warnanya sesuai, kamu bisa melanjutkan proses pembersihan.

6. Pemutih pakaian

7 Cara Membersihkan Sepatu Putih biar Tampak Baru KembaliIlustrasi pemutih pakaian (unsplash.com/The Creative Exchange)

Kamu juga bisa manfaatkan pemutih pakaian untuk membersihkan sepatu putih yang kamu miliki. Tapi perlu kamu tahu, untuk membersihkan sepatu putih disarankan untuk tidak terlalu sering memakai pemutih pakaian.

Pasalnya, sifat dari pemutih pakaian itu korosif sehingga lama kelamaan bisa membuat sepatumu rusak. Perlu diingat juga, saat membersihkan sepatu menggunakan pemutih pakaian jangan menggunakan tangan kosong.

Kamu bisa gunakan sarung tangan atau sikat gigi untuk mengoleskan pemutih pada sepatu dan gosok dengan perlahan. Sesudah itu bilas dengan air hingga bersih.

7. Rendam tali sepatu dengan air hangat

7 Cara Membersihkan Sepatu Putih biar Tampak Baru KembaliIlustrasi sepatu putih (unsplash.com/Ashkan Forouzani)

Selain permukaan sepatu yang dibersihkan, tali sepatu juga harus diperhatikan supaya bersih maksimal. Kamu bisa membersihkan tali sepatunya dengan mudah, lho.

Cukup rendam tali sepatu dengan campuran air hangat dan detergen pada wadah. Rendamlah selama 10 sampai 15 menit. Kemudian, gosok tali sepatu dengan sikat halus untuk menghilangkan noda.

Itulah tujuh cara membersihkan sepatu putih seperti baru kembali. Kamu bisa melakukan perawatan sepatumu di rumah dengan mudah. Jika sepatu putihmu bersih maksimal, dijamin penampilan kamu akan lebih keren dan percaya diri. Selamat mencoba, Bro!

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Memilih Sepatu Pernikahan Pria, Tampil Makin Elegan!

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya