Comscore Tracker

7 Cara Memilih Jaket Kulit Berkualitas, Bikin Nyaman dan Elegan

Beli jaket kulit gak boleh asal-asalan, bro!

Kamu penggemar atau kolektor jaket kulit? Demi memenuhi kebutuhanmu dalam berpenampilan agar makin keren, ketika menentukan untuk membelinya kamu pun harus berhati-hati dalam memilih jaket kulit yang berkualitas.

Masih bingung hal-hal apa saja yang harus kamu perhatikan? Nah, berikut ini tujuh cara memilih jaket kulit berkualitas biar kamu dapat pilihan yang terbaik. Yuk, disimak!

1. Pilihlah jaket kulit dengan desain yang simpel dan minimalis

7 Cara Memilih Jaket Kulit Berkualitas, Bikin Nyaman dan EleganIlustrasi pria memakai jaket kulit (pexels.com/cottonbro)

Sebaiknya pilihlah jaket kulit yang memiliki model simpel dan minimalis agar bertahan sepanjang masa. Karena jaket kulit yang memiliki banyak aksen seperti ritsleting, jahitan, dan studded hanya akan cepat rusak dalam waktu yang lama seperti terlepas atau hilang saat digunakan.

Jaket kulit model simpel ini cocok dipilih supaya memudahkan kamu dalam proses memadukan pakaian. Dijamin penampilanmu akan lebih keren maksimal.

2. Pilihlah desain jaket yang pas di tubuh

7 Cara Memilih Jaket Kulit Berkualitas, Bikin Nyaman dan Eleganilustrasi pria memakai jaket kulit (pexels.com/PNW Production)

Jika kamu ingin membelinya, pastikan kamu memilih jaket kulit yang ukurannya pas ditubuh. Hindari memilih jaket kulit yang terlalu besar karena hanya akan membuat tubuh terlihat tenggelam dan kurang proporsional. Sebaliknya, jika jaket kulit kekecilan, ketika dipakai akan terasa sesak dan tidak nyaman.

Jika membeli via online, lebih baik kamu tanyakan detail ukuran yang pas sesuai dengan tubuh kamu dengan mengukurnya menggunakan meteran. Setelah kamu sudah tahu ukuran yang pas, disarankan kamu memilih ukuran yang lebih besar sedikit saja karena lama-lama jaket kulit akan menyusut.

3. Pastikan kamu memilih jaket kulit yang asli

7 Cara Memilih Jaket Kulit Berkualitas, Bikin Nyaman dan Eleganilustrasi pria memakai jaket kulit (pexels.com/Hamid Tajik)

Sebelum membeli jaket kulit, pastikan kamu memilih jaket kulit yang asli. Jaket kulit asli pastinya lebih berkualitas dan bisa dipakai dalam waktu yang sangat lama. Bahan kulit yang biasa digunakan adalah kulit domba, kulit kambing dan kulit sapi.

Biasanya jaket kulit yang berbahan kulit asli memiliki tekstur yang lembut ketika disentuh. Berbeda dengan bahan kulit imitasi yang ketika disentuh terasa kaku dan berat. Selain itu sifat kulit asli tidak mudah ditarik atau mengilap.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Jaket Coach Keren Buatan Lokal, Cuma Rp100 Ribuan

4. Jaket kulit tak mudah terbakar oleh api

7 Cara Memilih Jaket Kulit Berkualitas, Bikin Nyaman dan Eleganilustrasi pria memakai jaket kulit (pexels.com/cottonbro)

Jika masih penasaran dengan kualitas jaket kulit yang kamu miliki, kini kamu bisa mencobanya dengan sedikit membakar jaket kulit. Jika jaketmu asli, pastinya tak mudah terbakar dengan api dan timbul aroma khas yang lebih kuat saat dibakar. 

Jika ingin melakukan cara ini, pastikan kamu melakukannya di luar ruangan dengan sangat hati-hati. Tujuannya agar tak melukai diri sendiri atau terkena barang lain.

5. Perhatikan harga jaket, jangan sampai di bawah rata-rata!

7 Cara Memilih Jaket Kulit Berkualitas, Bikin Nyaman dan Eleganilustrasi pria memakai jaket kulit (pexels.com/Jimmy Jimmy)

Jaket kulit adalah salah satu barang pakaian yang memiliki standar harga cukup mahal. Normalnya jaket kulit dijual dengan harga Rp500 ribuan. Jika kamu mendapatkan jaket kulit dengan harga di bawah Rp500 ribuan, sewajarnya kamu waspada dan lebih teliti mengecek keasliannya.

Lebih baik mengeluarkan bujet yang sedikit lebih besar tapi dengan kualitas asli, daripada kamu membeli jaket kulit dengan harga murah tapi dengan kualitas palsu. Kamu harus perhatikan hal ini, bro!

6. Jika ingin membeli online, perhatikan rating toko atau testimoni pelanggan

7 Cara Memilih Jaket Kulit Berkualitas, Bikin Nyaman dan EleganIlustrasi membeli online (unsplash.com/ CardMapr)

Membeli jaket kulit akan lebih muda dilakukan pada toko offline. Namun, jika ingin membeli via online kamu bisa melihat rating toko dan testimoni dari para pembeli dan bila perlu tanyakan kepada penjual keaslian jaket tersebut.

Jika banyak komen positif, disarankan untuk melanjutkan transaksi. Namun jika banyak komen negatif sebaiknya kamu mencari toko lain. Hal ini untuk menghindari agar kamu tidak tertipu.

7. Perhatikan aroma jaket

7 Cara Memilih Jaket Kulit Berkualitas, Bikin Nyaman dan Eleganilustrasi pria memakai jaket kulit (pexels.com/Olanma Etigwe-uwa)

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan adalah aroma khas yang dimiliki jaket kulit. Pada jaket kulit yang asli kamu bisa mencium aroma khas yang ditimbulkan. Hal ini sangat berbeda dibandingkan dengan jaket kulit imitasi yang beraroma seperti aroma plastik atau bahan.

Sekarang kamu sudah semakin paham, bukan? Jangan sampai salah memilih dan membeli ya, bro. Ribet sedikit gak apa-apa yang penting gak salah atau ketipu. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jaket Denim Lokal Terbaik, Murah dan Keren

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya