Comscore Tracker

7 Tips Memilih Jas untuk Hari Pernikahan, Jangan Asal-asalan!

Pria yang segera menikah wajib tahu

Dalam melangsungkan pernikahan baik mempelai laki-laki dan perempuan mempersiapkan penampilan adalah hal yang wajib dilakukan. Khusus untuk pria, dalam memilih jas untuk pernikahan harus dipikirkan secara matang.

Sebelum kamu membelinya pastikan dulu kualitas dari jas tersebut agar tahan lama. Bagi kamu yang mau menikah dan lagi bingung memilih jas, berikut ini tujuh tips dalam memilih jas untuk pernikahan. Supaya gak salah, yuk baca sampai habis!

1. Pemilihan bahan yang cocok

7 Tips Memilih Jas untuk Hari Pernikahan, Jangan Asal-asalan!Ilustrasi jas pernikahan pria (unsplash.com/Nimble Made)

Jas memiliki beragam pilihan bahan. Sebelum membelinya pastikan dulu bahan jas yang pilih cocok untuk kenyamanan kamu. Untuk kamu yang ingin kualitas terbaik, disarankan memilih jas yang berbahan wol. Saat ini bahan wol hadir dalam versi baru karena diberi inovasi.

Jadi kamu tidak perlu takut untuk kepanasan. Karena bahan wol kini hadir dengan bahan yang lebih ringan dan tidak panas. Namun, harga jas bahan wol memiliki harga yang tinggi. Jika terhalang bujet, kamu bisa pilih bahan polyester atau semi wol. Keduanya memiliki kualitas yang mirip dengan wol. 

2. Model yang pas

7 Tips Memilih Jas untuk Hari Pernikahan, Jangan Asal-asalan!Ilustrasi jas pernikahan pria (unsplash.com/Jakob Owens)

Memilih model jas yang pas dengan badan akan membuat kamu terlihat gagah dan berwibawa. Pasalnya, bentuk jas harus benar-benar sesuai dengan bentuk tubuhmu tanpa membuat sesak.

Untuk memilih model jas sendiri, tergantung dengan tema pernikahanmu. Model seperti tuxedo atau three piece suites (jas, rompi, kemeja) mungkin ditujukan untuk acara pernikahan yang bergaya glamor dan bertempat di ballroom.

Jika pernikahan kamu dilaksanakan di tempat outdoor, pilihlah model jas yang lebih simpel. Bahkan kamu bisa padukan jas dengan celana pendek juga lho, itupun kalau kamu mau ya.

3. Pemilihan warna

7 Tips Memilih Jas untuk Hari Pernikahan, Jangan Asal-asalan!Ilustrasi jas pernikahan pria (unsplash.com/Yasamine June)

Pemilihan warna adalah hal yang paling krusial karena tidak boleh asal-asalan. Memilih warna jas ada dua cara, pertama kamu bisa sesuaikan dengan gaun pasanganmu agar menghasilkan tampilan yang senada di momen bahagia itu.

Selain itu, kamu bisa sesuaikan dengan tema pernikahan. Warna gelap biasanya ditujukan untuk calon pengantin yang melaksanakan acara pernikahannya di tempat indoor. Sedangkan untuk acara pernikahan di outdoor biasanya memakai jas bertema rustic seperti warna krem, soft pink, hingga putih menyesuaikan dekorasi.

4. Jas bermotif bisa jadi pilihan

7 Tips Memilih Jas untuk Hari Pernikahan, Jangan Asal-asalan!Ilustrasi jas pernikahan pria (unsplash.com/Alvin Mahmudov)

Selain memilih jas berwarna, jas bermotif juga bisa jadi pilihan. Walaupun kebanyakan orang lebih memilih jas bermotif polos seperti jas berwarna hitam.

Kamu bisa mencoba memilih bahan dengan motif garis yang tetap elegan dan dinamis. Jika kamu belum percaya diri, kamu bisa kombinasikan dengan warna gelap.

Baca Juga: 5 Cara Seru Padu Padan Jas Pria untuk Tampilan Kasual, Simpel!

5. Perhatikan kancing

7 Tips Memilih Jas untuk Hari Pernikahan, Jangan Asal-asalan!Ilustrasi jas pernikahan pria (unsplash.com/Samantha Gades)

Mungkin masalah kancing berkesan sepele karena bentuknya yang kecil. Tapi harus kamu tahu kancing pada jas memiliki maknanya tersendiri. Karena model jas sendiri bisa dilihat melalui jumlah kancingnya.

Jas dengan kancing tiga masih banyak digemari untuk acara pernikahan.Tapi ada banyak juga pria yang memilih jas dengan potongan kerah yang rendah, dengan jumlah kancing hanya satu atau dua saja.

Jika kamu mempunyai tubuh yang berisi, jas dengan jumlah kancing satu atau dua akan lebih cocok untukmu. Sedangkan, untuk pria yang mempunyai postur tubuh yang tinggi bisa memakai jas dengan jumlah kancing tiga atau empat.

6. Sesuaikan dengan warna sepatu

7 Tips Memilih Jas untuk Hari Pernikahan, Jangan Asal-asalan!Ilustrasi jas pernikahan pria (unsplash.com/Rosie Sun)

Pemilihan warna sepatu juga penting dalam acara pernikahan. Ada beberapa pria yang sudah bisa menentukan model sepatu, tetapi masih bingung dalam memilih jas. Tapi gak usah takut bro, pemilihan sepatu bisa menjadi panduan untuk memilih jas.

Kamu bisa sesuaikan jas dengan warna sepatu. Jika kamu memakai jas berwarna hitam, sebisa mungkin pilihlah sepatu berwarna hitam juga. Atau kamu bisa memberikan sentuhan warna sepatu pada pemilihan kancing jasmu.

7. Sesuai dengan bujet

7 Tips Memilih Jas untuk Hari Pernikahan, Jangan Asal-asalan!Ilustrasi jas pernikahan pria (unsplash.com/Michael Longmire)

Dalam sebuah pernikahan, keenam tips di atas tidak akan berjalan dengan lancar jika bujetnya belum ditentukan. Khususnya saat memilih jas. Membuat jas mungkin akan mengeluarkan uang yang cukup besar jika dibandingkan membeli jas yang siap pakai.

Tapi kebanyakan pria lebih memilih membuat jas karena saat dipakai akan terasa lebih nyaman dan sempurna. Sebelum kamu ingin membuat jas, sebaiknya kamu melakukan survei ke toko jas yang siap pakai mau itu offline atau online store. Dengan begitu kamu bisa membandingkannya. Kalau bisa membeli jas dengan harga dibawah bujet kenapa nggak?

Itu tadi ketujuh tips dalam memilih jas untuk pernikahan. Buat kamu yang akan segera melakukan pernikahan, sebaiknya kamu cernah dengan baik ketujuh tips ini supaya momen bahagiamu dengan pasangan berjalan dengan baik. Selamat mencoba, bro!

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Memilih Sepatu Pernikahan Pria, Tampil Makin Elegan!

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya