Comscore Tracker

5 Tips Merawat Sepatu Kanvas Biar Makin Awet, Perhatikan!

Gak sulit kok merawatnya

Pastinya kamu memiliki setidaknya satu pasang sepatu berbahan kanvas di rak sepatumu. Sepatu berbahan kanvas juga lebih santai sehingga memungkinkan dipakai untuk daily, baik di luar maupun dalam ruangan. Banyak orang beralasan memakai sepatu kanvas karena kenyamanannya.

Supaya sepatu kanvasmu tahan lama, tentunya kamu harus merawatnya dengan baik dan benar. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini lima cara merawat sepatu kanvas dengan mudah supaya tahan lama. Simak artikel ini sampai selesai, Bro!

1. Saat kotor jangan langsung dicuci

5 Tips Merawat Sepatu Kanvas Biar Makin Awet, Perhatikan!Ilustrasi sepatu kanvas (unsplash.com/Patrick Hodskins)

Jika sepatu kanvasmu kotor akibat terkena lumpur, cipratan air hujan, dan noda lainnya, sebaiknya jangan langsung dicuci. Mencuci sepatu saat masih kotor justru memperluas kotoran karena basah.

Kamu bisa menjemurnya terlebih dahulu dengan cara diangin-anginkan hingga kotoran mengering. Kemudian, setelah kerik tepuk-tepuk sepatu sampai kotorannya terlepas dari sepatu kanvasmu. Dengan begitu kamu akan lebih mudah membersihkannya saat mencuci.

2. Cuci dengan detergen atau sabun cuci piring

5 Tips Merawat Sepatu Kanvas Biar Makin Awet, Perhatikan!Ilustrasi sepatu kanvas (pexels.com/sumit tayade)

Untuk membersihkan sepatu kanvasmu yang kotor ada dua pilihan pembersih untuk membersihkan kotoran. Kamu bisa gunakan detergen atau sabun pencuci piring ketika mencucinya.

Jika sepatu gak terlalu kotor, gunakan sabun pencuci piring karena dianggap lebih ringan sehingga gak akan membuat warna sepatu mudar. Sebelum dicuci, sebaiknya lepaskan dulu semua tali dari sepatu dan sikat dahulu menggunakan air biasa.

Sesudah noda menghilang, sikat menggunakan sabun. Pakailah sikat yang berbulu halus agar bahan kanvas tidak rusak. Setelah selesai mencuci bilas dengan air hangat sampai bersih.

3. Bersihkan bagian dalam

5 Tips Merawat Sepatu Kanvas Biar Makin Awet, Perhatikan!Ilustrasi sepatu kanvas (pexels.com/Mike)

Supaya sepatu kanvasmu bersih dengan maksimal, jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam sepatu kanvas. Karena pada bagian dalam sepatu mudah kotor dan rentan bakteri yang menyebabkan bau kaki.

Caranya cukup dengan sikat perlahan pada bagian dalam sepatu menggunakan sikat gigi. Atau juga bisa gunakan kain lap tebal untuk membersihkan bagian dalamnya. Lakukan dengan perlahan agar tidak merubah bentuk sepatu.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Merek Sepatu Kanvas Lokal, Kuat dan Trendi!

4. Jangan jemur di bawah sinar matahari langsung

5 Tips Merawat Sepatu Kanvas Biar Makin Awet, Perhatikan!Ilustrasi sepatu kanvas (unsplash.com/felipepelaquim)

Supaya sepatu kanvas kesayanganmu tetap awet, setelah selesai dicuci jangan kamu jemur di bawah paparan sinar matahari langsung. Sebab, hal ini bisa menyebabkan warna asli sepatu cepat memudar.

Kamu hanya cukup menjemurnya dengan cara diangin-anginkan supaya kulit sepatu kanvasmu tetap awet dan warnanya terawat. Dengan begitu kamu bisa lebih percaya diri ketika memakainya.

5. Beri penyangga di bagian dalam

5 Tips Merawat Sepatu Kanvas Biar Makin Awet, Perhatikan!Ilustrasi sepatu kanvas (unsplash.com/Jeffrey Wegrzyn)

Ketika sepatu kanvas disimpan terlalu lama tanpa menggunakan penyangga, kemungkinan besar bentuk sepatu kanvasmu tidak dalam keadaan baik. Karena kebanyakan sepatu kanvas akan lemas atau bahannya akan kempis jika disimpan dalam waktu yang lama.

Jika kamu tidak punya penyangga sepatu, jangan khawatir. Kamu bisa gunakan koran atau karton untuk penyangga sepatu. Karena elemen yang satu ini sangat penting supaya tetap awet.

Nah, itulah lima cara merawat sepatu kanvas dengan mudah supaya tahan lama. Lakukan kelima hal ini agar sepatu kanvasmu tetap awet. Selamat mencoba!

Baca Juga: 8 Rekomendasi Brand Sepatu Lokal di Urban Sneaker Society 2021

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya