Gaya Kepemimpinan Ridwan Kamil, Komitmen Jabar Juara!

Happy di Jawa Barat! #JabarJuara 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mulai menjabat usai mencalonkan diri dan terpilih menjadi orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat pada periode 2018 hingga 2023. Kang Emil yakni sapaan akrabnya, lahir pada Oktober 1971, dengan nama lengkap Mochamad Ridwan Kamil.

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat yang berkomitmen menjadikan Jabar Juara mulai menarik perhatian sejak menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Selain dengan gaya bicaranya, publik pun terpesona oleh gaya kepemimpinannya. Terbukti, Ridwan Kamil kini memiliki sekitar 20 juta pengikut di akun Instagram pribadi miliknya.  

Sebagai seorang pemimpin, Ridwan Kamil berusaha semaksimal mungkin melaksanakan tanggung jawabnya sebagai Gubernur Jawa Barat. Alhasil, dengan dedikasinya memimpin Jawa Barat serta komitmennya menjadikan #JabarJuara, Ridwan Kamil dianugerahi beberapa penghargaan.

1. Pemimpin yang inovatif

Gaya Kepemimpinan Ridwan Kamil, Komitmen Jabar Juara!Penampakan bagian dalam Masjid Raya Al Jabbar (MRAJ) di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. (jabarprov.go.id)

Berlatar belakang pendidikan arsitektur yang dimilikinya, Ridwan Kamil berinovasi serta mengaplikasikan ilmunya untuk pembangunan di wilayah Jawa Barat. Salah satunya menjadi pendesain Masjid Raya Al Jabbar (MRAJ) yang berlokasi di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung.

Masjid terapung yang telah diresmikan pada Desember 2022, adalah salah satu karya inovasi dari Ridwan Kamil untuk masyarakat Jawa Barat. Khususnya warga Kota Bandung, lebih khusus lagi warga Kawasan Cimincrang, Kecamatan Gedebage.

2. Pemimpin yang humanis

Gaya Kepemimpinan Ridwan Kamil, Komitmen Jabar Juara!Ridwan Kamil memantau kondisi warga Jawa Barat yang terdampak bencana gempa bumi Turki via panggilan video pada Kamis, 9 Februari 2023, di Jakarta. (jabarprov.go.id)

Memiliki sisi humanis sudah sewajarnya dimiliki oleh manusia. Namun, menjadi nilai lebih untuk Ridwan Kamil yang memiliki kadar humanisme yang tinggi. Sebagai pejabat negara yang sudah seharusnya mengabdikan diri untuk masyarakat, Kang Emil menjunjung tinggi dan memperjuangkan hak-hak khususnya masyarakat Jawa Barat.

Terlebih, ketika mendengar warganya terkena dampak gempa yang melanda Turki pada Senin (27/2/2023) waktu setempat. Orang nomor satu Jawa Barat tersebut memantau kondisi warga Jabar via panggilan video pada Kamis (9/2/2023) di Jakarta.

Dilansir Jabarprov, Ridwan Kamil mengirimkan doa dan mengingatkan untuk selalu jaga kesehatan serta akan membantu kebutuhan warganya.

“Kita doakan dari tanah air, minimal kalian yang di situ jaga kesehatan, keselamatan dan ikuti arahan KBRI. Kita juga akan bantu kebutuhan di sana,” ucapnya.

Baca Juga: Utamakan Keterbukaan Informasi, Pemprov Jabar Lakukan 3 Program Ini

3. Pemimpin yang visioner

Gaya Kepemimpinan Ridwan Kamil, Komitmen Jabar Juara!Ridwan Kamil meluncurkan program Sistem Terintegrasi Olah Pengaduan Perundungan (Stopper) di SMA Negeri 2 Kota Banjar, pada Rabu, 22 Februari 2023. (jabarprov.go.id)

Seperti visi Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, “Terwujudnya Jawa Barat Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi”. Bentuk jiwa visioner Ridwan Kamil yakni meluncurkan program Sistem Terintegrasi Olah Pengaduan Perundungan (Stopper) Jabar dalam rangkaian Siaran Keliling (Sarling) di SMA Negeri 2 Kota Banjar, pada Rabu, (22/2/2023).

Dilansir Jabarprov, Ridwan Kamil menuturkan, program tersebut bertujuan meminimalkan aksi perundungan sekaligus memberikan rasa aman kepada peserta didik.

“Hari ini anak-anak sekolah di Jabar akan mendapatkan perlindungan terhadap rasa aman, nyaman bersekolah dengan hadirnya Sistem Terintegrasi Olah Pengaduan Perundungan,” ucap Kang Emil.

Gubernur Jawa Barat tersebut juga menambahkan ada empat komponen sistem, yakni konsultasi, laporan aduan, edukasi, dan pendampingan.

“Kami punya sistem yang bisa melapor via WhatsApp, via QR Code, via website, kepada sebuah sistem yang kami launching hari ini namanya Stopper Jabar,” tutur Kang Emil.

4. Pemimpin yang diplomatis

Gaya Kepemimpinan Ridwan Kamil, Komitmen Jabar Juara!Ridwan Kamil saat rapat bersama calon Duta Besar Indonesia dan Konsul Jenderal di Gedung Sate, Kota Bandung, pada Senin, 15 Mei 2023. (jabarprov.go.id)

Banyak perspektif yang dilihat dari sudut pandang orang nomor satu Jawa Barat saat ini. Melihat potensi yang dimiliki Jawa Barat, Ridwan Kamil berpesan kepada calon Duta Besar Indonesia dan Konsul Jendral.

Dilansir Jabarprov, hal itu dikemukakan saat menerima 13 Calon Duta Besar Luar Biasa dan 7 Calon Konsul Jenderal terkait potensi ekonomi dan perdagangan Provinsi Jawa Barat di Gedung sate, Kota Bandung, pada Senin (15/5/2023).

“Melalui kegiatan ini saya berharap dapat memperkuat jaringan kerja sama antar Pemda Provinsi Jabar dengan calon duta besar dan konsul jenderal yang akan bertugas di luar negeri dengan memperkenalkan lebih jauh tentang kebudayaan, pariwisata, industri, dan potensi-potensi lainnya yang ada di Jawa Barat,” harap Ridwan Kamil.

Alat musik angklung pun ditawarkan oleh Kang Emil sebagai diplomasi budaya untuk memperkenalkan kebudayaan di Jawa Barat yang melimpah.

“Kami menawarkan angklung sebagai alat diplomasi akan dikirim ke kedutaan masing-masing sehingga tak hanya ekonomi, budaya pun dapat,” tutupnya.

5. Pemimpin yang karismatik

Gaya Kepemimpinan Ridwan Kamil, Komitmen Jabar Juara!Ridwan Kamil saat menjadi pembicara dalam The 4th Meeting 2023 United Nations Group of Experts Geographical Name (UNGEGN) di New York, Amerika Serikat, pada 2 Mei 2023, waktu setempat. (jabarprov.go.id)

Menjadi pusat perhatian dalam setiap kegiatan mengisyaratkan Ridwan Kamil adalah sosok yang berkarisma. Jadi idola para remaja, Kang Emil selalu menjadi sorotan lewat penampilannya.

Dengan gaya komunikasi yang membuatnya terlihat berkarisma, Gubernur Jawa Barat yakni Ridwan Kamil menjadi salah satu pembicara dalam The 4th Meeting 2023 United Nations Group of Experts Geographical Name (UNGEGN) di New York, Amerika Serikat, pada Mei 2023 waktu setempat.

Dilansir Jabarprov, Ridwan Kamil berbicara pada sesi tiga dengan tema “Strengthening Relationship, Links and Connections in Geographical Names Standardization and Sustainable Development and Pandemic Recovery".

Ridwan Kamil mewakili Divisi Asia Tenggara berbicara tentang penggunaan toponimi sebagai alat bantu dalam mempercepat penanganan gempa bumi di Kabupaten Cianjur.

Di hadapan forum internasional, Ridwan Kamil mempresentasikan paparan berjudul "Toponym Usage in Response to the Earthquake Disaster in Cianjur Regency". Toponimi sendiri merujuk pada ilmu bahasa yang membahas tentang asal usul penamaan tempat, wilayah, atau bagian lain dari rupa bumi.

Ridwan Kamil mengatakan bahwa pemerintah provinsi berperan penting dalam penamaan rupa bumi menggunakan toponimi.

"Tahun lalu provinsi kami dianugerahi oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai provinsi terprogresif dalam menciptakan big data toponimi dengan pedoman internasional, yang menargetkan 5 juta data digital," ujar Ridwan Kamil.

Proyek toponimi telah membantu Pemda Provinsi Jabar dalam melestarikan banyak tradisi oral dalam mengembalikan kearifan lokal, cerita rakyat, serta sejarah. Paparan Ridwan Kamil mendapat apresiasi dari fasilitator UNGEGN. Menurut UNGEGN, penggunaan toponimi yang terintegrasi dalam aplikasi Sistem Informasi RupaBumi (SINAR) merupakan contoh yang baik dalam penggunaan data RupaBumi.

Apresiasi juga datang dari Ketua forum UNGEN. Menurutnya, penggunaan toponimi merupakan langkah penting di tengah kesulitan para pengambil kebijakan dalam menangani bencana.

Baca Juga: 5 Situ yang Direvitalisasi Ridwan Kamil, Mampir ke Sana Bikin Happy!

Aditiya Nurwahid Photo Writer Aditiya Nurwahid

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya