5 Situ yang Direvitalisasi Ridwan Kamil, Mampir ke Sana Bikin Happy!

Jadi tempat UMKM dan olahraga

Masyarakat Jawa Barat, terutama orang Sunda, familier menyebut danau dengan situ. Jabar sendiri mempunyai total 197 situ, mulai yang alami sampai buatan seperti waduk. Situ di sana mempunyai ragam fungsi. Selain sebagai sumber air, ia juga digunakan sebagai sumber energi, irigasi, pangan, dan rekreasi.

Sampai saat ini, wisata yang berhubungan dengan air, seperti pantai, air terjun, waterboom, dan situ memang menjadi primadona di kalangan masyarakat. Pemerintah Provinsi Jawa Barat sejak era Gubernur Ridwan Kamil juga telah melakukan revitalisasi situ-situ di daerahnya. Harapannya bisa membuat masyarakat lebih bahagia dan #JabarJuara.

Inilah daftar situ yang direvitalisasi Ridwan Kamil!

1. Situ Rawa Kalong 

5 Situ yang Direvitalisasi Ridwan Kamil, Mampir ke Sana Bikin Happy!Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong Depok. (disparbud.jabarprov.go.id)

Situ buatan yang terletak di Kecamatan Cimanggis, Depok, ini memiliki 8,5 hektare dengan menawarkan pemandangan yang indah. Ridwan Kamil meresmikan situ ini setelah direvitalisasi pada Jumat (5/8/2022). Situ Rawa kalong dahulu hanya situ biasa yang dipakai untuk keperluan irigasi dan tempat memancing.

Usai direvitalisasi, situ ini diharapkan menjadi ruang publik dan tempat wisata alternatif masyarakat Depok. Fasilitas yang ditawarkan, antara lain gedung aula, floating deck, vertical garden, taman lansia, dan pedestrian. Ada juga area UMKM, jembatan penyebrangan, dan lainnya.

2. Situ Ciburuy

5 Situ yang Direvitalisasi Ridwan Kamil, Mampir ke Sana Bikin Happy!pemandangan Situ Ciburuy (citarumharum.jabarprov.go.id)

Situ yang ada di lirik lagu daerah "Bubuy Bulan" ini terletak di Kabupaten Bandung Barat. Ia memiliki luas 41 hektare. Situ ini merupakan salah satu daerah aliran Sungai Citarum. Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelontorkan Rp32 miliar untuk merevitalisasi Situ Ciburuy.

Revitalisasi berlangsung pada 2019 dan diresmikan Ridwan Kamil pada 13 Agustus 2022. Ia berharap, selain sebagai irigasi dan ekosistem alam, Situ Ciburuy bisa digunakan sebagai tempat wisata. Ini dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

Baca Juga: 3 Wujud Kepedulian Pemerintah Jawa Barat di Bidang Olahraga 

3. Situ Gede 

5 Situ yang Direvitalisasi Ridwan Kamil, Mampir ke Sana Bikin Happy!Pemerintah meresmikan Situ Gede Kota Bogor. (disparbud.jabarprov.go.id)

Kota Bogor tak kelewatan. Di sini juga terdapat Situ Gede yang direvitalisasi Pemprov Jabar. Revitalisasi Situ Gede merupakan bagian dari upaya konservasi serta pengendalian banjir. Pengerjaannya telah dilakukan pada 2019 dengan anggaran yang digunakan berjumlah Rp7 miliar.

Ridwan Kamil berharap situ ini menjadi daya tarik wisata baru di Kota Bogor. Kini beragam fasilitas dapat dinikmati, seperti wahana air, jogging track, tempat istirahat, hingga spot untuk pelaku UMKM. Peresmian situ ini berlangsung pada 19 Januari. Ridwan Kamil ditemani Wali Kota Bogor Bima Arya saat itu. Peresmian ini ditandai dengan melakukan pelepasan benih ikan dan bermain kano demi Jabar Juara.

4. Situ Wangi

5 Situ yang Direvitalisasi Ridwan Kamil, Mampir ke Sana Bikin Happy!Ridwan Kamil meresmikan Situ Wangi. (disparbud.jabarprov.go.id)

Situ Wangi terletak di Kabupaten Ciamis. Ridwan Kamil meresmikan situ ini pada 19 Februari 2022 dengan didampingi istrinya, Atalia Praratya. Hadir pula Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar, dan beberapa pejabat lain.

Proyek revitalisasi ini menghabiskan Rp11 miliar. Dananya berasal dari Pemprov Jabar. Ridwan Kamil mengharapkan situ ini lebih optimal dan lebih nyaman sebagai sarana rekreasi di Ciamis.

5. Situ Bagendit

5 Situ yang Direvitalisasi Ridwan Kamil, Mampir ke Sana Bikin Happy!pemandangan Situ Bagendit (jabarprov.go.id)

Situ yang kental dengan cerita rakyat tentang seorang janda kaya kikir. Ia sering diangkat ke layar kaca Indonesia. Situ Bagendit sendiri memilki luas 124 hektare. Ia terletak di Kabupaten Garut.

Tempat ini menawarkan keindahan. Wisatawan biasanya naik rakit, foto-foto, dan makan di tengah situ. Sementara, revitalisasi situ ini melibatkan Kementrian Pekerjaan Umum dan  Perumahan Rakyat, Pemprov Jabar, dan Pemkab Garut. Revitalisasi Situ Bagendit bernilai kurang lebih Rr81,1 miliar. Ia berfokus pada pembangunan pintu masuk, area parkir, area plaza, dermaga wisata, amphitheatre, pujasera, masjid, dan bangunan penunjang lain. 

Itulah beberapa situ yang sudah direvitalisasi Ridwan Kamil. Memang tak semuanya situ ditangani Pemprov. Ada juga bantuan dari pemerintah pusat, kabupaten, bahkan pihak swasta. Harapan dari revitalisasi ini adalah situ bisa berfungsi dengan baik sebagai ekosistem, sumber air, maupun rekreasi.

Baca Juga: 5 Cara Jawa Barat Wujudkan Indonesia Negara Adidaya, Terus Maju!

Dedi Junaedi Photo Writer Dedi Junaedi

Dedi Junaedi merupakan seseorang yang ingin belajar menulis hal yang membuat orang membosankan akan jadi dikemas menarik.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya