Begini Persiapan KPU Jelang Pengundian Nomor Urut Capres-Cawapres

Tidak ada pengamanan khusus di KPU

Jakarta, IDN Times - Pasangan calon presiden dan wakil presiden hari ini akan menghadiri pengundian nomor urut di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kendati, KPU tidak memberlakukan pengamanan yang khusus.

"Gak, biasa saja. Ini kan momentum biasa saja yang semua orang harus menyambut dengan riang gembira. Jadi pengamanan tentu kalau menimbulkan kemacetan akan diamankan, untuk menghindari terjadi gesekan ya akan dijaga jaraknya," ujar Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (21/9).

Pengundian nomor urut pasangan capres dan cawapres akan digelar di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol Nomor 29, Menteng, Jakarta Pusat, mulai pukul 18.00 WIB.

1. Masing-masing paslon akan memberikan pernyataan

Begini Persiapan KPU Jelang Pengundian Nomor Urut Capres-CawapresIDN Times/Afriani Susanti

Arief mengatakan usai mengambil nomor urut, kedua pasangan calon akan diberikan kesempatan memberikan pernyataan pertamanya sebagai capres dan cawapres.

"Iya bergantian, masa sama-sama. Itu nanti dilakukan setelah selesai pengundian nomor urut. Setelah pengundian nomor urut bergantian, baik nomor urut 1 dan nomor urut 2 kita berikan kesempatan untuk memberikan statment," ujar dia.

Baca Juga: KPU Tetapkan Pasangan Capres dan Caleg

2. Tidak semua orang diperbolehkan masuk ke gedung KPK

Begini Persiapan KPU Jelang Pengundian Nomor Urut Capres-CawapresIDN Times/Afriani Susanti

Arief mengatakan ada batasan bagi pihak-pihak yang akan masuk ke ruang sidang utama, saat pengundian nomor urut. Pihak-pihak yang diperkenankan masuk di antaranya penyelenggara pemilu, dan anggota DPR.

"Tentu penyelenggara pemilu, KPU, Bawaslu, DKPP, Pemerintah, DPR, NGO," tutur dia.

3. Pengamanan sudah diserahkan kepada kepolisian

Begini Persiapan KPU Jelang Pengundian Nomor Urut Capres-CawapresIDN Times/Afriani Susanti

Untuk pengamanan, kata Arief, KPU telah menyerahkan kepada kepolisian hingga ke tahapan Pilpres 2019.

"Sudah, kami sudah serahkan ke Kepolisian. Sebagaimana ketentuan undang-undang, paslon mendapat pengamanan dan pengawalan sampai tahapan Pilpres selesai. Kami sudah serahkan ke Kepolisian, Strateginya gimana, polisi yang lebih tahu. Kan sudah mulai bisa diamankan," ujar dia.

Semoga pengundian nomor urut berjalan lancar dan aman ya guys.

4. Beberapa mobil kepolisian mulai berjaga sejak pagi

Begini Persiapan KPU Jelang Pengundian Nomor Urut Capres-CawapresIDN Times/Afriani Susanti

Sementara itu, dari pantauan IDN Times, beberapa mobil kepolisian hingga mobil barak kuda sudah berjaga di sekitar kawasan Imam Bonjol. Lalu lintas yang biasa berjalan di jalan Imam Bonjol pun masih terpantau lancar dengan pengamanan dari beberapa kepolisian yang telah berjaga diluar. Pengunjung yang ingin masuk ke lingkungan KPU pun mendapat pemeriksaan dari petugas keamanan di pintu luar.
 

Baca Juga: Begini Pengamanan Capres-Cawapres dari Kepolisian

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya