Ngobrol Seru BPDPKS, Kupas Tuntas Mitos dan Fakta Seputar Kelapa Sawit

Sawit berkontribusi dalam perekonomian sejak kemerdekaan

Jakarta, IDN Times -- Kelapa sawit menjadi komoditas yang bernilai tinggi dan berkontribusi besar terhadap penerimaan negara. Tak hanya buahnya, daun dan batang kelapa sawit juga memiliki nilai ekonomi. Sayangnya, di tengah masyarakat, terdapat pandangan miring terhadap kelapa sawit.

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bekerja sama dengan IDN Times menggelar “Ngobrol Seru BPDPKS” pada 17 Agustus 2023 mengupas tuntas mengenai mitos dan fakta seputar kelapa sawit. Bersama Kepala Divisi Perusahaan BPDPKS Achmad Maulizal, Ngobrol Seru membahas mulai dari manfaat kelapa sawit hingga harapan kepada Gen Z terhadap komoditas unggulan ini.

1. Tiga manfaat kelapa sawit

Ngobrol Seru BPDPKS, Kupas Tuntas Mitos dan Fakta Seputar Kelapa SawitBadan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bekerja sama dengan IDN Times menggelar “Ngobrol Seru BPDPKS” pada 17 Agustus 2023. (Dok. Youtube IDN Times)

Maulizal menyebut setidaknya ada tiga manfaat kelapa sawit. Pertama, dari sisi ekonomi, di mana ekspor sawit berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. "Alhamdulillah kelapa sawit selama pandemi menunjukkan ekspor kita mendukung pertumbuhan ekonomi," kata dia.

Kedua, Maulizal melanjutkan, komoditas kelapa sawit membantu perekonomian petani. Dia menjelaskan, lebih dari 45 persen petani kelapa sawit merupakan petani swadaya yang membutuhkan bantuan modal dari pemerintah untuk keberlangsungan perkebunan kelapa sawit. 

Pemerintah memberikan dana Peremajaan Sawit Rakyat untuk membeli bibit dan pupuk yang baik. Selain itu, pemerintah juga menjalankan program bio diesel yang berasal dari surplus kelapa sawit sehingga menjaga harga sawit di tingkat petani.

Ketiga, kelapa sawit membantu menjaga lingkungan. "Kelapa sawit membantu menurunkan efek rumah kaca dari CO2 yang diserap dari tumbuhan kelapa sawit. 

Baca Juga: Dukung Sawit Go International, BPDPKS Gelar Gebyar UKMK Berbasis Sawit

2. Peran signifikan industri sawit terhadap perekonomian Indonesia

Ngobrol Seru BPDPKS, Kupas Tuntas Mitos dan Fakta Seputar Kelapa SawitPeran signifikan sawit pada perekonomian Indonesia. (Dok. BPDPKS)

Sebagai industri padat karya, sektor kelapa sawit memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian dengan meningkatkan ekspor dan neraca perdagangan, mengurangi inflasi, dan mengganti bahan bakar fosil dengan energi terbarukan untuk memperkuat ketahanan energi nasional.

"Nilai ekspor kelapa sawit sudah melebihi ekspor dari migas. Dengan nilai pendapatan economic share lebih dari 3,5 GDP Indonesia. Ini lebih besar kalau dibandingkan ekspor-ekspor produk nabati lainnya," ujar Maulizal.

Maulizal juga menyampaikan, kelapa sawit juga membantu percepatan ekonomi nasional lewat dana bagi hasil. Di mana, dia menjelaskan, dana bagi hasil ini kemudian dikumpulkan dan diberikan kepada daerah yang bukan penghasil sawit untuk membantu pertumbuhan ekonominya.

3. Kelapa sawit anugerah bagi bangsa Indonesia

Ngobrol Seru BPDPKS, Kupas Tuntas Mitos dan Fakta Seputar Kelapa SawitKepala Divisi Perusahaan BPDPKS, Achmad Maulizal, mengupas tuntas komoditas kelapa sawit. (Dok. Youtube IDN Times)

Maulizal mengatakan, kelapa sawit merupakan anugerah bagi bangsa Indonesia. Dia mengandaikan, bagaimana jika kelapa sawit tidak ada di dunia? Produksi kelapa sawit di Indonesia produktif sekali. Bahkan, dia melanjutkan, produktivitas kelapa sawit tidak bisa disaingi oleh minyak nabati lain.

"Dengan adanya kita sebagai pengekspor utama kelapa sawit, ini membantu Indonesia sebagai penyedia pangan dan energi," kata Maulizal.

Salah satu serapan kelapa sawit adalah biodiesel yang dimanfaatkan oleh pemerintah untuk dipergunakan pada kendaraan-kendaraan biodiesel di Indonesia. Pun, dia melanjutkan, pemenuhan kebutuhan minyak goreng masyarakat Indonesia diproduksi oleh petani-petani Indonesia.

"Bayangkan kalau misalnya minyak goreng pun harus impor. Gak kebayang nanti harganya seperti apa. Dan yang pasti devisa akan keluar negeri. Nah, itulah juga bahwa kelapa sawit blessing atau anugerah besar bagi Indonesia yang harusnya kita jaga," ujar Maulizal menegaskan.

4. BPDPKS kempanye 24 jam bersama kelapa sawit

Ngobrol Seru BPDPKS, Kupas Tuntas Mitos dan Fakta Seputar Kelapa SawitKelapa sawit dalam 24 jam keseharian masyarakat Indonesia. (Dok. BPDPKS)

Tanpa disadari banyak orang, kelapa sawit ternyata digunakan selama 24 keseharian masyarakat. Maulizal menjelaskan, bagian dari kelapa sawit terkandung dari produk yang digunakan sejak bangun tidur hingga sebelum tidur lagi.

"Begitu bangun, langsung ke kamar mandi, menggunakan tooth paste, sikat gigi, kemudian sampo, itu ada kandungan zat kelapa sawit berupa gliserin. Setelah mandi, ada roti yang digoreng menggunakan margarin. Kemudian kopi krimer, yang juga turunan dari kelapa sawit. Kemudian, penggunaan skin care yang juga produk turunan dari kelapa sawit,"

Produk kelapa sawit beserta turunannya dapat ditemukan pada produk minyak goreng, pasta gigi, sampo, margarin, kopi krimmer, skin care, hand body, bahan kertas koran, b3a5 biodiesel, detergen, vitamin, hingga coklat bar.

Sebagai kampanye komoditas sawit, BPDPKS menggaungkan jargon sawit BAIK (Bersih, Akuntabel, Independen, Kesempurnaan). Maulizal menjelaskan, Bersih tentang bagaimana BPDPKS bersih menyampaikan pesan-pesan. Kedua, Akuntabel, di mana penyaluran dana dapat dipertanggungjawabkan dan sampai kepada petani yang membutuhkan. Ketiga, Independen, BPDPKS lembaga mandiri yang bisa mengelola dana sendiri. Terakhir, Kesempurnaan, BPDPKS ingin menghilangkan hal yang negatif terkait sawit.

5. Harapan kepada Gen Z terhadap kelapa sawit pada momen Kemerdekaan Indonesia

Ngobrol Seru BPDPKS, Kupas Tuntas Mitos dan Fakta Seputar Kelapa SawitNgobrol Seru BPDPKS yang mendatangkan Kepala Divisi Perusahaan BPDPKS, Achmad Maulizal. (Dok. Youtube IDN Times)

Gen Z dikenal memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan. Pada hari Kemerdekaan Indonesia, Gen Z dan unsur masyarakat lainnya harus tetap menjaga anugerah besar berupa kelapa sawit. Kedua, Gen Z mulai mendalami seperti apa kelapa sawit.

Ketiga, diharapkan dukungan semua sobat milenial dan Gen Z untuk membantu kelapa sawit untuk melaju menjadi penopang ekonomi dunia. (WEB)

Baca Juga: BPDPKS Gelar Lomba Riset Sawit untuk Tingkat Mahasiswa

Topik:

  • Ahmad Faisal
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya