Jokowi Bertolak ke Afrika, Indonesia Diundang ke KTT BRICS

Jokowi akan kunjungi empat negara

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bersama delegasi terbatas akan bertolak ke Afrika. Kunjungan ini menjadi yang pertama kalinya selama sembilan tahun menjadi Presiden Republik Indonesia.

Bersejarah pula, karena sudah nyaris empat dekade, Presiden Indonesia belum mengunjungi Benua Hitam. Selama di Afrika, Jokowi akan berkunjung ke empat negara yaitu Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan.

"Ini merupakan kunjungan pertama saya sebagai Presiden ke kawasan Afrika," ujar Jokowi dalam jumpa pers di Bandara International Kualanamu, Minggu (20/8/2023).

1. Indonesia diundang pada KTT BRICS

Jokowi Bertolak ke Afrika, Indonesia Diundang ke KTT BRICSPresiden Jokowi akan bertolak ke Afrika dan akan berkunjung ke empat negara. (Dok. IDN Times/Youtube Setpres)

Jokowi mengakui Indonesia juga diundang untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS (Brazil, Rusia, India, dan South Afrika). Indonesia akan melalukan pertemuan bilateral dengan pimpinan negara BRICS di sela-sela kegiatan KTT.

"Tentunya, di sela-sela KTT BRICS akan dilakukan berbagai pertemuan bilateral dengan Kepala Negara yang lainnya. Insya allah, saya dan rombongan akan tiba kembali di tanah air pada 25 Agustus 2023," ujar dia.

Baca Juga: 3 Agenda Kunjungan Kerja Presiden Jokowi di Medan Hari Ini

2. Afrika dan Indonesia memiliki hubungan historis yang panjang

Jokowi Bertolak ke Afrika, Indonesia Diundang ke KTT BRICSPresiden Jokowi hadiri KTT ke-37 ASEAN pada Kamis (12/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi mengatakan, Indonesia dan Afrika memiliki hubungan historis yang panjang. Indonesia bahkan menjadi penggagas dan tuan rumah Konferensi Asia Afrika di Bandung Tahun 1955 silam.

Selain itu, Indonesia juga berperan penting dalam melahirkan gerakan non-blok. Menurut Jokowi semangat ini akan dibawa dalam kunjungannya ke Afrika.

"Spirit Bandung inilah yang akan saya bawa dalam kunjungan ke Afrika dengan memperkokoh solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara the global south,” tuturnya.

3. Kenya dan Tanzania telah membuka kantor kedutaan besar di Jakarta

Jokowi Bertolak ke Afrika, Indonesia Diundang ke KTT BRICSPresiden Jokowi hadir di KTT ke-37 ASEAN secara virtual, di Istana Kepresidenan Bogor (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Kunjungan Jokowi ke Kenya dan Tanzania, juga mempertegas hubungan bilateral kedua negara. Sebab, pada 2022 lalu, Kenya dan Tanzania baru membuka Kantor Kedutaan Besar di Jakarta.

"Ini merupakan komitmen kedua negara tersebut untuk terus memperkuat kerja sama dengan Indonesia," kata Kepala Negara.

Khusus Mozambik, Indonesia telah menjalin perjanjian internasional Preferential Trade Agreement (PTA). Mozambik bahkan menjadi negara Afrika pertama yang memiliki PTA dengan Indonesia.

Baca Juga: Menerka Tujuan Kunjungan Bersejarah Jokowi ke Afrika

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya